Resep dan Cara Membuat Donat Keju Kreasi Ubi yang Enak, Empuk dan Lezat

 

Jika biasanya sajian ubi seringkali dipandang sebelah mata karena citra makanan ini yang kuno dan lain sebagainya.

Maka kali ini ada begitu banyak inovasi dari sajian ini yang bisa anda buat dirumah. Salah satunya adalah dengan menjadikan ubi sebagai bahan utama untuk membuat donat yang enak. Ingin tahu seperti apa resep membuat donat keju kreasi ubi yang enak? Simak resepnya dibawah ini.

donat ubi keju

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Donat Keju Kreasi Ubi yang Enak, Empuk dan Lezat

4.8 987

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

35 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Donat Keju Kreasi Ubi yang Enak, Empuk dan Lezat

Bahan-Bahan Donat:

  • 250 gram tepung terigu
  • 25 gram margarin
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 1 kuning telur
  • 20 gram susu bubuk
  • 25 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 125 gram ubi kuning
  • minyak untuk menggoreng
  • 115 ml air es
  • 1 sendok teh garam
  • 50 ml susu kental manis
  • 150 gram keju cheddar parut

Cara Membuat Donat Keju Kreasi Ubi yang Enak, Empuk dan Lezat

Cara Mempersiapkan Adonan:

  1. Hal pertama seperti biasa silahkan persiapkan terlebih dahulu peralatan yang akan anda butuhkan untuk membuat adonan donat. Beberapa peralatan yang akan penting anda persiapkan diantaranya adalah baskom, loyang, beberapa wadah, wajan dan sebuah piring saji. Dengan mempersiapkan peralatan ini maka anda akan dapat membuat adonan donat dengan lebih mudah dan lebih sederhana.
  2. Bila sudah mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan silahkan lanjutkan dengan membersihkan ubi dan mengupas kulitnya secara merata. Setelah itu potong-potong ubi dengan ukuran yang anda inginkan.
  3. Masukkan dalam wadah dan bawa ke tempat cucian untuk dibersihkan kotoran dan kumannya secara merata hingga bersih.
  4. Setelah itu, siapkan kukusan dan masukkan ubi yang telah dibersihkan kedalamnya. Kukus sampai matang dan empuk secara merata.
  5. Bila sudah matang, angkat dari kukusan dan masukkan dalam wadah. Dengan menggunakan garpu atau ulekan silahkan haluskan bahan ini secara merata sampai teksturnya menjadi lebih halus seperti mashed potato. Setelah itu, sisihkan sementara.

Cara Membuat Adonan Donat:

  1. Untuk membuat adonan bisa dilakukan dengan mencampurkan tepung terigu bersama dengan beberapa bahan lainnya yakni gula pasir, susu bubuk, baking powder, ragi instan dan aduk-aduk bahan ini sampai merata dengan menggunakan kocokan.
  2. Setelah itu, silahkan tambahkan dengan ubi yang telah dihaluskan dan uleni semua bahan ini secara merata sampai tercampur merata.
  3. Bila sudah selesai, silahkan tambahkan dengan telur dan air es kedalam adonan sedikit demi sedikit dengan perlahan. Lalu uleni bahan ini sampai kalis hingga semuanya tercampur.
  4. Masukkan pula margarin kedalamnya bersama dengan garam dan uleni kembali sampai semua bahan berubah teksturnya menajdi lebih elastis secara merata. Lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  5. Timbang adonan masing-masing sebanyak 25 gram. Lalu bulatkan dengan menggunakan tangan. Setelah itu, diamkan sementara selama kurang lebih 15 menit.
  6. Pipihkan adonan dan lubangi bagian tengahnya dengan menggunakan sumpit atau menggunakan tutup botol. Letakan pada loyang yang telah ditaburi dengan menggunakan tepung terigu secara merata. Bila sudah selesai silahkan diamkan selama kurang lebih 45 menit hingga mengembang secara merata.
  7. Siapkan wajan dan masukkkan minyak kedalamnya, tunggu sampai minyak panas dan masukkan adonan kedalamnya. Masak sampai kecoklatan dan matang. Angkat dan tiriskan.

Olesi donat dengan susu kental manis dan taburi keju dibagian atasnya secara merata, lalu sajikan.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons