Resep dan Cara Membuat Dendeng Daging Sapi Manis Enak

Dendeng sapi merupakan salah satu sajian olahan makanan dari daging yang memiliki cita rasa yang lezat dan begitu nikmat.

Hidangan ini cocok sekali disajikan sebagai hidangan uatama dimeja makan dan disantap beramai-ramai dengan keluarga tercinta. Sebab selain lezat, hidangan dendeng juga menjadi salah satu hidangan makanan yang bisa disimpan dan diawetkan dalam lemari es dan dimasak sewaktu-waktu anda akan menghidangkannya.

Rasanya yang dominan dengan rasa manis dengan paduan bumbu dan rempah yang begitu kaya, membuat sajian ini lezat dihidangkan dan disantap bersama dengan si kecil. Apalagi jika bertemankan dengan sepiring nasi hangat putih yang pulen, sudah pasti selera makan menjadi semakin berselera dan semakin tergugah.

Nah, bagi anda yang penasaran ingin mencoba menghidangkan sendiri sajian ini dirumah dengan mudah dan praktis. Berikut ini kami bagikan resep membuat dendeng daging sapi manis.

resep dendeng sapi manis

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Dendeng Daging Sapi Manis Enak

4.9 123

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Dendeng Daging Sapi Manis Enak

Bahan Utama Membuat Dendeng Daging Sapi Manis:

  • 500 gram daging sengkel
  • 600 ml santan dari 1 butir kelapa parut
  • 2 bungkus bumbu opor instan

Bahan dan Bumbu Membuat Dendeng Daging Sapi Manis:

  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 batang serai, dimemarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya
  • 1 sendok makan air asam
  • 5 sendok teh gula merah
  • minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Dendeng Daging Sapi Manis Enak

Cara Mengolah Daging Sapi Sebelum Dimasak dan Dibumbui:

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu adalah dengan memotong-motong daging sapi dengan ukuran tipis. Sebaiknya potong daging melawan serat daging untuk membuat daging tidak mudah hancur namun lebih empuk saat diolah dan dimasak menjadi hidangan makanan.
  2. Setelah selesai dipotong-potong, sekarang ambil pemukul daging dan pukul-pukul daging hingga memar dan berbentuk menjadi pipih.
  3. Masukkan daging kedalam wadah atau baskom dan sisihkan sementara sebelum kita membuat bumbu dendengnya.

Cara Membuat Bumbu Dendeng Daging Sapi Manis:

  1. Siapkan wajan diatas kompor yang menyala dengan api yang sedang, kemudian masukkan daging, bumbu opor instant, daun salam, serai, daun jeruk dan lengkuas diatas wajan dan aduk-aduk hingga merata secara keseluruhan.
  2. Setelah itu, tuangkan santan berserta dengan bumbu seperti air asam, gula merah dan garam, kemudian masak hingga matang dan kuah dari santan menjadi surut dan mengering.
  3. Setelah daging dendeng mengering, silahkan angkat dari rebusan kompor dan sisihkan sementara.
  4. Sekarang siapkan wajan lain, masukkan minyak goreng secukupnya, dan masukkan daging dendeng yang sudah dimasak untuk digoreng.
  5. Silahkan goreng daging dendeng hingga menjadi kering dan matang dengan menggunakan api sedang.

Apabila daging sudah matang, silahkan matikan kompor dan angkat goreng daging dendengn kemudian tiriskan terlebih dahulu minyaknya hingga menetes dan tidak ada minyak yang terjebak dan menggenang pada daging. Apabila sudah ditiriskan, sajikan dendeng daging diatas piring saji dan sajikan untuk keluarga tercinta. Hidangan ini cocok disajikan sebagai hidangan utama yang disantap dengan nasi hangat dan bertaburkan dengan bawang goreng akan terasa lebih lezat. Selain itu, hidangan ini juga akan cocok disajikan untuk si kecil.

Demikian resep membuat sajian dendengan daging sapi manis yang lezat dan nikmat. Semoga resep kali ini bisa bermanfaat untuk anda semua dan bisa dipraktikan dirumah dengan cukup mudah.

Jangan lupa share resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

One thought on “Resep dan Cara Membuat Dendeng Daging Sapi Manis Enak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons