Resep dan Cara Membuat Dendeng Daging Sapi Balado Renyah yang Gurih dan Kering

Sajian dendeng sapi balado umumnya menjadi salah satu hidangan favorit keluarga karena rasanya yang sedap dan nikmat.

Agar hidangan ini bisa ibu buat sendiri dirumah untuk keluarga tercinta. Yuk, kita simak resep membuat sajian dendeng daging sapi balado yang renyah dan gurih kering.

resep dendeng balado kering

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Dendeng Daging Sapi Balado Renyah yang Gurih dan Kering

4.7 113

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

12 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Dendeng Daging Sapi Balado Renyah yang Gurih dan Kering

Bahan Utama Membuat Dendeng Balado Kering:

  • 1 kg daging sapi tanpa lemak
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu Balado Untuk Dendeng Daging Sapi:

  • 2 buah cabai merah besar, potong-potong
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 8 buah bawang merah, iris halus
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Dendeng Daging Sapi Balado Renyah yang Gurih dan Kering

Cara Memasak Dendeng Daging Sapi:

  1. Langkah pertama, silahkan lakukan dengan cara membersihkan daging yang sudah dipersiapkan dengan mencucinya menggunakan air bersih yang mengalir. Saat mencuci daging, pastikan jika tidak ada kotoran yang masih menempel pada daging. Untuk itu, bersihkan daging dengan benar akan membantu menghilangkan kotoran yang menempel.
  2. Selesai dibersihkan dengan air, sekarang masukkan atau tempatkan daging kedalam wadah atau baskom.
  3. Sekarang lumuri daging dengan menggunakan air jeruk nipis dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Memberikan air perasan jeruk pada daging dimaksudkan untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada daging, karena mencuci saja tidak cukup menghilangkan aroma bau yang ada pada daging.
  4. Selagi menunggu daging didiamkan, sekarang siapkan air pada panci dan tunggu hingga air menjadi mendidih. Setelah itu, baru masukkan daging yang sudah dilumuri dengan perasan jeruk dan rebus hingga daging matang secara merata.
  5. Setelah direbus, angkat daging dan tiriskan air rebusannya. Angkat daging dan tempatkan pada wadah, lalu masukkan daging kedalam freezer selama kurang lebih 30 menit.
  6. Selanjutnya, ambil daging dari freezer dan iris tipis melebar dengan potongan melawan serat daging agar daging yang dimasak tidak hancur.
  7. Siapkan wajan diatas kompor dan dan masukkan minyak goreng kedalamnya, tunggu hingga minyak panas dan baru masukkan daging yang telah dipotong tipis-tipis kedalamnya.
  8. Goreng daging hingga kering dan renyah. Jangan membulak-balik daging terlalu sering agar daging tak hancur. Goreng daging hingga dibagian satu sisinya matang, baru setelah itu balikkan dan goreng dibagian sisi lainnya hingga kering dan renyah.
  9. Angkat daging yang sudah matang dan tiriskan terlebih dahulu minyaknya hingga menetes. Masukkan dalam piring dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Sambal Balado:

  1. Hal pertama untuk membuat sambal balado bisa dilakukan dengan memanaskan minyak dalam wajan sedikit saja dan tunggu hingga minyak menjadi lebih panas.
  2. Tumis bawang merah hingga matang dan masukkan cabai yang telah ditumbuk kasar bersama dengan daun jeruk, air jeruk dan garam.
  3. Setelah itu masukkan daging kedalamnya dan masak hingga matang secara merata.

Apabila tumisan sudah tercium bau harum yang sedap, silahkan angkat tumisan bumbu dan hidangkan bumbu balado dengan campuran dendeng ini pada piring saji. Hidangan ini akan terasa lebih nikmat dan lebih sedap apabila dinikmati selagi masih hangat dan bertemankan dengan nasi putih yang pulen.

Demikian resep dan cara membuat sajian dendeng balado kering yang renyah, semoga resep ini bisa bermanfaat dan bisa dipraktikan dirumah dengan mudah dan praktis.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan teman dan sahabat dengan mengklik tombol share berikut ini dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons