Resep dan Cara Membuat Cupcake Vanilla Enak yang Lembut dan Praktis Enak

Lezatnya cupcakes vanilla memang menggoda.

Anda mungkin sudah sering mencicipi kelezatan hidangan ini di café atau restoran. Akan tetapi, mengapa tidak bila mulai saat ini anda mulai membuatnya sendiri dirumah. Inilah resep membuat cupcake vanilla yang enak dan lembut.

cupcakes-vanilla.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Cupcake Vanilla Enak yang Lembut dan Praktis Enak

4.8 398

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

10 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Cupcake Vanilla Enak yang Lembut dan Praktis Enak

Bahan-Bahan Kue:

  • 100 gram tepung terigu
  • 5 butir telur ayam
  • 100 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 100 gram margarin
  • 20 gram susu bubuk
  • 1 sendok teh emulsifier
  • 1/4 sendok teh esens vanila

Topping Kue:

  • 1 sendok teh pewarna kuning
  • 300 gram butter cream
  • 50 gram cokelat keping kecil

Cara Membuat Cupcake Vanilla Enak yang Lembut dan Praktis Enak

Cara Mempersiapkan Bahan Pada Resep:

  1. Tidak ada salahnya sebelum mempersiapkan bahan-bahan pada resep, terlebih dahulu kita tata dan persiapkan peralatan apa saja yang akan anda butuhkan untuk membuat sajian kue kali ini. Dengan mempersiapkan peralatan ini maka akan lebih mudah untuk anda bisa membuat adonan cupcake kali ini. Adapun beberapa perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan kali ini diantaranya adalah sebuah oven, loyang muffin, beberapa paper cup, sebuah wadah dan sebuah sendok. Dengan mempersiapkan peralatan ini maka akan lebih mudah untuk anda bisa membuat hidangan kali ini. Untuk itu, mengingat cukup pentingnya langkah ini maka tidak sebaiknya anda melewatkan langkah kali ini.
  2. Setelah selesai dengan peralatan baru kita akan persiapkan semua bahan yang ada pada resep. Pastikan bila anda sudah menyiapkan masing-masing bahan dengan takaran yang disarankan pada resep.
  3. Hanya saja ada beberapa bahan pada resep yang harus dilelehkan terlebih dahulu seperti margarin. Bahan yang satu ini perlu dicairkan terlebih dahulu sebelum dimasak dan dicampur dengan bahan lainnya.
  4. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk melelehkan margarin yakni lakukan dengan memasukkan margarin kedalam wajan dan gunakan api yang sedap pada kompor. Tunggu dan diamkan agar bahan yang satu ini menjadi lebih mendidih secara merata.
  5. Setelah selesai angkat dan sisihkan sementara sampai margarin yang telah dilelehkan menjadi lebih hangat.
  6. Selanjutnya adalah dengan mengayak bahan-bahan kering yang ada pada resep seperti tepung terigu, susu bubuk, dan juga garam. Gunakan sarangan untuk mengayak bahan ini secara merata. Lalu masukkan dalam wadah yang sama dan aduk-aduk secara merata sampai tercampur.

Cara Membuat Cupcakes Vanilla:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini lakukan dengan mengocok telur bersama dengan gula pasir, emulsifier dalam wadah. Aduk-aduk bahan ini sampai mengembang secara merata.
  2. Lalu ikuti dengan memasukkan bahan-bahan yang telah diayak dan lakukan dengan perlahan sambil mengecilkan volume kecepatan pada mixer agar tidak berhamburan keluar.
  3. Setelah itu, masukkan essens vanila kedalamnya bersama dengan margarin yang telah dilelehkan. Aduk-aduk bahan ini dengan perlahan.
  4. Bila sudah tercampur merata silahkan tuangkan adonan kedalam cetakan muffin yang sudah dilapisi dengan menggunakan paper cup secara merata, masukkan sampai 3/4 penuh.
  5. Siapkan oven dan panaskan api dengan suhu 190 derajat celcius. Panggang adonan didalamnya selama kurang lebih 15 menit secara merata sampai matang. Angkat hidangan ini dan dinginkan sementara.
  6. Untuk membuat toppingnya lakukan dengan mengaduk sebanyak 200 gram butter cream dan tambahkan dengan pewarna kuning, aduk merata.  Masukkan dalam piping bag dan hias cupcake dengan cream tersebut.
  7. Masukkan sisa buttercream dalam piping bag dan semprotkan dibagian atas menumpuk dengan krim tadi. Semprot dengan arah melingkar dan mengerucut.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons