Resep dan Cara Membuat Coconut Pancake yang Enak, Gurih dan Lezat

Hidangan coconut pancake adalah sajian yang enak.

Taburan kelapa parut yang bersatu dengan adonan pancake membuat sajian kali ini bertekstur lebih empuk dan bercita rasa lebih gurih. Nah agar anda tak penasaran dengan resep membuat sajian coconut pancake yang enak dan gurih. Tak perlu khawatir kali ini kami akan bagikan resepnya untuk anda dibawah ini.

pancake coconut

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Coconut Pancake yang Enak, Gurih dan Lezat

4.7 453

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Coconut Pancake yang Enak, Gurih dan Lezat

Bahan-Bahan Pancake:

  • 150 gram tepung terigu
  • 50 gram havermut
  • 1 sendok makan mentega tawar
  • 1 sendok makan gula halus
  • 1/2 sendok garam
  • 2 sendok teh baking powder
  • 1 butir telur
  • 250 ml susu cair
  • 100 gram kelapa

Bahan Saus Pancake:

  • 100 gram gula merah
  • 1/8 sendok teh garam
  • 1 sendok teh maizena
  • 1 lembar daun pandan
  • 150 ml air

Cara Membuat Coconut Pancake yang Enak, Gurih dan Lezat

Cara Membuat Adonan Pancake:

  1. Lakukan cara pertama dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk membuat adonan pancake. Hal ini penting sekali karena peralatan ini adalah beberapa hal yang akan menunjang anda untuk dapat membuat adonan pancake dengan lebih mudah. Adapun beberapa peralatan yang dimaksud diantaranya adalah baskom, wajan anti lengket, sebuah piring saji, panci dan sebuah kocokan.
  2. Setelah selesai dengan mempersiapkan peralatan lanjutkan dengan menghaluskan havermut dengan menggunakan blender secara merata. Caranya masukkan havermut kedalam blender dan haluskan dengan menggunakan kecepatan tinggi, diamkan selama kurang lebih 3 menit agar havermut menjadi lebih halus secara merata. Setelah halus angkat sajian ini dan masukkan dalam wadah.
  3. Selanjutnya kocok telur samapi lepas. Caranya pecahkan terlebih dahulu telur dengan menggunakan pisau tampung dalam wadah dan kocok dengan menggunakan garpu secara merata. Lalu sisihkan sementara.
  4. Untuk mentega, silahkan lelehkan atau cairkan bahan ini diatas wajan yang panas. Caranya panaskan wajan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Setelah itu tunggu sebentar sampai margarin menjadi leleh secara merata. Angkat dari wajan dan sisihkan sementara.
  5. Parut kasar kelapa denga menggunakan parutan. Caranya, belah kelapa menjadi beberapa bagian dan haluskan secara merata. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  6. Ayak tepung tergu bersama dengan havermut, baking powder dan juga garam. Aduk-aduk bahan ini secara merata dan ayak dengan menggunakan saringan, sisihkan dalam wadah dan anda akan siap membuat adonan pancake.
  7. Campurkan susu bersama dngan telur dan mentega cair yang sudah dilelehkan. Aduk-aduk bahan ini secara merata sampai tercampur.
  8. Tambahkan dengan parutan kelapa yang sudah anda persiapkan. Aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur secara merata.
  9. Siapkan wajan diatas kompor jangan dioles dengan margarin. Tuangkan adonan dan masak sampai matang dan berkulit. Jangan lupa dibalikan secara merata.

Cara Membuat Saus:

  1. Untuk membuat saus lakukan dengan mencampurkan air bersama dengan gula merah, daun pandan dan juga garam. Aduk-aduk bahan ini secara merata sampai tercampur.
  2. Masak sampai gula merah larut bersama dengan bahan lainnya. Masukkan larutan tepung mazeina untuk mengentalkan. Aduk-aduk kembali dan masak sampai meletup-letup. Setelah itu angkat dan sisihkan.

Setelah pancake matang angkat dan sajikan bersama dengan saus gula merah yang baru saja anda buat. Santap selagi masih hangat agar rasanya lebih lezat.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons