Resep dan Cara Membuat Cah Kapri Jamur Jahe yang Enak, Sedap dan Spesial

Sajian cah kapri jamur jahe adalah sajian yang enak dan bergizi.

Kandungan serat dan vitamin dari kapri dan jamur akan cocok menjadi santapan sehati dirumah. Apalagi aroma hangat dari jahe akan membuat anda semakin tergoda dengan hidangan ini. Yuk, simak resep membuat sajian cah kapri jamur jahe berikut ini.

tumis kapri jamur jahe

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Cah Kapri Jamur Jahe yang Enak, Sedap dan Spesial

4.7 254

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Cah Kapri Jamur Jahe yang Enak, Sedap dan Spesial

Bahan Utama Untuk Cah:

  • 200 gram kapri
  • 8 buah jamur hioko
  • 2 buah wortel

Bahan dan Bumbu Untuk Cah:

  • 1 batang daun bawang, iris serong
  • 5 cm jahe, iris korek api
  • 1/2 sendok teh penyedap rasa
  • 50 cc air mendidih
  • 1 sendok makan kecap ikan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 siung bawang putih, memarkan
  • 2 sendok makan minyak wijen

Bahan Pelengkap Cah:

  • Bawang goreng untuk taburan
  • Sambal kering untuk taburan

Cara Membuat Cah Kapri Jamur Jahe yang Enak, Sedap dan Spesial

Tips Mempersiapkan Bahan Utama Sebelum Diolah:

  1. Untuk yang pertama bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan bahan utama. Hal ini dikarenakan bahan utama perlu kita potong dan olah terlebih dahulu sebelum dimasak dan dibumbui menjadi hidangan yang lezat. Akan tetapi, sebaiknya pastikan terlebih dahulu jika anda memprsiapkan beberapa peralatan yang mungkin akan anda butuhkan. Peralatan tersebut diantaranya adalah pisau, talenan dan juga beberapa wadah untuk menampung bahan-bahan yang telah diolah.
  2. Untuk bahan pertama yang aka diolah atau dipotong adalah kaprinya. Tahukah anda, pada kapri ada beberapa bagian yang harus dibuang sebelum bahan ini dimasak. Bagian tersebut diantaranya adalah bagian ujung runcing dan serat pada kapri. Untuk menghilangkan bagian ini, anda bisa melakukannya dengan terlebih dahulu memotong bagian ujung runcing hingga hampir putus dan tarik kebagian luar untuk kemudian bersihkan seratnya dengan merata.
  3. Selesai membersihkan kapri, silahkan masukkan kapri kedalam wadah dan sisihkan sementara.
  4. Selanjutnya, untuk wortel bersihkan terlebih dahulu kulit bagian luar pada wortel dengan menggunakan pisau secara merata. Lalu potong-potong dengan bentuk menyerong dna masukkan hasil potongannya dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  5. Untuk jamur hioko, silahkan rendam jamur dalam wadah dan tunggu sementara sampai air meresap dalam jamur. Setelah itu, potong-potong jamur dengan menggunakan pisau dengan ukuran yang anda inginkan. Sama halnya seperti beberapa sayuran diatas, silahkan masukkan jamur yang telah dipotong dalam wadah dan sisihkan sementara.
  6. Terakhir, bersihkan semua bahan dengan menggunakan air bersih dan cuci untuk menghilangkan kotorannya. Angkat dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Cah Kapri Jamur Jahe:

  1. Setelah sayuran dipotong dan dibersihkan, silahakn panaskan minyak wijen dalam wajan yang telah dipersiapkan. Tujnggu hingga minyak dalam wajan benar-benar panas secara merata.
  2. Setelah itu, tumis bawang putih bersama dengan jahe yang telah dipotong-potong. Tumis bahan ini hingga matang dan mengeluarkan aroma harum yang enak.
  3. Masukkan jamur hioko bersama dengan wortel dan juga kapri kedalam tumisan. Aduk-aduk secara merata hingga bahan ini menjadi lebih layu secara merata.
  4. Masukkan garam kedalamnya bersama dengan kecap ikan, garam, penyedap rasa dan juga air. Aduk-aduk secara merata hingga kuah mendidih dan matang secara merata.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan untuk keluarga anda dirumah. Sajian ini akan lebih mantap dan lebih lezat apabila dinikmati selagi masih hangat. Jangan lupa sajikan dengan bahan pelengkapnya juga.

Klik tombol share berikut agar anda bisa berbagi resep spesial ini dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons