Resep dan Cara Membuat Cah Jagung Putren Cumi Segar yang Gurih, Sedap dan Juga Lezat

Hidangan cah jagung putren cumi segar adalah hidangan yang enak.

Selain bisa dinikmati dirumah, hidangan ini pun tentunya akan cocok dijadikan sebagai bekal untuk si kecil ke sekolah atau suami anda yang akan pergi ke kantor. Yuk, simak resep membuat cah jagung putren cumi segar berikut ini.

tumis jagung putren cumi

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Cah Jagung Putren Cumi Segar yang Gurih, Sedap dan Juga Lezat

4.9 207

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Cah Jagung Putren Cumi Segar yang Gurih, Sedap dan Juga Lezat

Bahan Utama Untuk Tumisan:

  • 200 gr jagung putren
  • 400 gr cumi segar
  • 100 gr wortel

Bumbu Untuk Tumisan:

  • 1 buah bawang bombay, iris
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 2 cm jahe, iris tipis
  • 1 sdm kecap asin
  • 1/2 sdm saus tiram
  • 2 siung bawang putih, iris
  • 50 ml air kaldu
  • 2 buah cabai merah, buang biji, iris
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Cah Jagung Putren Cumi Segar yang Gurih, Sedap dan Juga Lezat

Tips Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Penting sekali untuk mempersiapkan bahan utama sebagai langkah yang pertama. Sebab bahan-bahan tersebut harus kita bersihkan dan potong-potong terlebih dahulu sehingga ketika ditumis akan membuat anda lebih mudah menyajikannya. Sementara untuk bahan-bahan bumbu tumisan, diatas sudah cukup dijelaskan bagaimana mengolah bumbu. Namun sebelum itu, ada baiknya jika anda terlebih dahulu mempersiapkan peralatan untuk memotong sayur, seperti diantarnya pisau, tatakan dan juga wadah. Agar ketika anda memotong sayuran, maka peralatan ini bisa lebih mudah anda jangkau.
  2. Nah, untuk sayuran yang akan kita dahulukan untuk dipotong adalah jagung muda atau jagung putren. Caranya, potong serong jagung putren dengan menggunakan pisau dnegan bentuk yang cukup tipis. Setelah itu, masukkan jagung kedalam wadah dan sisihkan sementara.
  3. Selanjutnya untuk cumi, silahkan bersihkan cumi segar dengan membuang bagian tinta cumi dan menghilangkan kotoran yang terdapat dibagian tubuh cumi secara merata. Selain itu, buang pula bagian tentakel cumi sebab bagian ini tidak akan kita konsumsi.
  4. Setelah itu, silahkan potong-potng cumi dengan bentuk dan ukuran yang anda inginkan dengan menggunakan pisau secara merata. Masukkan kembali cumi kedalam wadah dan bersihkan dengan air bersih secara merata.
  5. Sementara untuk wortel, silahkan kupas kulit wortel dan iris juga wortel dengan bentuk serong secara merata. Masukkan hasil potongan wortel kedalam wadah dan sisihkan sementara.
  6. Sama dengan cumi, bersihkan pula wortel dan jagung dengan menggunakan air bersih secara merata agar kotoran bisa dihilangkan dan dibersihkan. Saat membersihkan sayuran, ada baiknya anda meremas-remas dengan perlahan agar kotoran bisa dihilangkan. Lalu sisihkan dan tiriskan airnya.

Cara Membuat Cah Jagung Putren Cumi:

  1. Untuk yang pertama bisa dilakukan dengan terlebih dahulu, silahkan rebus cumi hingga matang dan lebih mekar dalam panci yang diberikan air mendidih. Angkat cumi yang sudah matang dan sisihkan semnetara.
  2. Panaskan minyak dalam wajan dan tumis bawang bombay bersama dengan bawang putih dan juga jahe hingga tercium bau harum yang enak dan lezat.
  3. Masukkan cumi yang sudah direbus bersama dengan wortel dan jagung muda. Aduk-aduk secara merata dan masukkan kecap asin bersama dengan lada bubuk, cabai merah, saus tiram dan juga air kaldu. Aduk-aduk secara merata dan masak hingga matang.

Setelah matang, silahkan angkat sajian ini dan hidangkan dalam wadah untuk kemudian akan siap dinikmati.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons