Resep dan Cara Membuat Cah Jagung Pipil Udang Windu Pedas yang Gurih, Enak dan Spesial

Sajikan hidangan yang enak dari olahan jagung manis yang sedap.

Hidangan ini akan dapat anda buat dirumah dengan mudah dan sederhana, karena bahan-bahan dan metode yang digunakan tidak terlalu sulit. Pengolahan jagung manis pun dibuat dengan dipipil dan dipadukan bersama dengan bahan-bahan lainnya. Yuk, simak resep membuat cah jagung pipil udang windu pedas berikut ini.

tumis jagung pipil udang windu

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Cah Jagung Pipil Udang Windu Pedas yang Gurih, Enak dan Spesial

4.9 209

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Cah Jagung Pipil Udang Windu Pedas yang Gurih, Enak dan Spesial

Bahan Sayuran Untuk Tumisan:

  • 1 buah jagung manis
  • 200 gram udang windu
  • 100 gram wortel

Bumbu-Bumbu Untuk Tumisan:

  • 1 sendok makan saus tomat
  • 1 1/2 sendok makan saus tiram
  • 200 ml kaldu ayam
  • 1 sendok teh tepung sagu dan 1 sendok teh air
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 sendok makan minyak, untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawan merah
  • 5 butir cabai rawit
  • 2 buah cabai merah

Cara Membuat Cah Jagung Pipil Udang Windu Pedas yang Gurih, Enak dan Spesial

Tips Mempersiapkan Sayuran Sebelum Ditumis:

  1. Untuk yang pertama, kita akan olah terlebih dahulu sayurannya. Hal ini penting sekali karena sayuran harus dipotong terlebih dahulu dan dibersihkan secara merata. Untuk itulah, sebaiknya anda persiapkan terlebih dahulu pisau, tatakan dan juga wadah agar nantinya ketika anda hendak memotong sayuran anda tidak akan kesulitan untuk menjangkau bahan dan peralatan ini.
  2. Nah, sayuran pertama yang akan dibersihkan adalah jagung manis. Untuk mempersiapkan sayuran ini, silahkan pipil jagung dan masukkan hasil pipilannya dalam wadah.
  3. Lanjutkan dengan memotong wortel dengan bentuk memanjang sekitar 4 cm atau anda bisa memotongnya sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Setelah selesai, masukkan sayuran ini kedalam wadah tempat anda menempatkan potongan jagung.
  4. Sementara untuk udang, silahkan bersihkan dengan menghilangka kepala udang dan kupas kulitnya secara merata. Namun, sisakan bagian ekor biarkan bagian ini tetap bersama dengan daging udang.
  5. Lalu cuci bersih semua bahan sayuran dan udang dengan menggunakan air yang mengalir. Saat mencuci sayuran, anda bisa meremas-remasnya dengan perlahan untuk menghilangkan kotoran pada sayuran. Begitupun dengan udang yang akan anda bersihkan. Setelah semua bahan dibersihkan, sisihkan sementara.

Cara Membuat Tumis Jagung Pipil Udang Windu:

  1. Panaskan wajan diatas kompor, gunakan api sedang dan tuangkan minyak goreng sedikit saja kedalam wajan. Tunggu hingga wajan benar-benar panas secara merata.
  2. Lalu tumis bawang bombay hingga harum secara merata sambil diaduk-aduk secara merata.
  3. Setelah itu, masukkan cabai merah dan cabai hijau kedalamnya. Aduk kembali hingga tumis bawang dan cabai menjadi lebih layu secara merata.
  4. Tambahkan udang windu yang sudah dibersihkan, aduk-aduk sampai berubah warna. Lalu masukkan wortel yang telah dipotong-potong bersama dengan jagung pipil dan audk-aduk secara merata.
  5. Masukkan saus tiram kedalamnya bersama dengan saus tomat, garam dan merica bubuk. Aduk-aduk merata sampai semua bahan tercampur.
  6. Terakhir, silahkan tuangkan kaldu kedalamnya dan masak hingga mendidih. Kentalkan kuah tumisan ini dengan larutan tepung sagu untuk kemudian aduk-aduk sampai mengental.

Hidangkan sajian ini untuk keluarga dirumah dan nikmati bersama selagi masih hangat.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons