Resep dan Cara Membuat Bola Daging Swedia (Swedish Meatball) yang Empuk, Enak dan Sedap

Hidangkan lezatnya menu hidangan istimewa untuk keluarga tercinta.

Sajian bola daging khas Swedia ini adalah menu sajian istimewa yang cukup mudah dibuat dirumah. Sajian ini juga tidak memerlukan bumbu yang terlalu banyak dan teralu beragam, sehingga ketika ibu membuatnya dirumah, ibu akan dengan mudah mendapatkan bumbu dan bahan yang diperlukan. Yuk, simak resep membuat sajian bola daging khas Swedia berikut ini.

resep bola daging swedia

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Bola Daging Swedia (Swedish Meatball) yang Empuk, Enak dan Sedap

4.8 182

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Bola Daging Swedia (Swedish Meatball) yang Empuk, Enak dan Sedap

Bahan Utama Membuat Bola Daging:

  • 500 gr daging sapi Australia, cincang
  • 50 gr roti tawar, rendam susu cair
  • 3 gr mixed herbs
  • 2 gr pala bubuk
  • 4 gr merica bubuk
  • 75 gr bawang bombay, cincang, tumis
  • 30 gr susu cair
  • sedikit lada hitam bubuk

Bahan Saus Bola Daging:

  • 20 gr tepung terigu
  • 20 gr mentega tawar
  • garam secukupnya
  • merica bubuk
  • 350 gr demiglace
  • 100 gr fresh cream

Cara Membuat Bola Daging Swedia (Swedish Meatball) yang Empuk, Enak dan Sedap

Cara Membuat Bola Daging:

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuat adonan bola dagingnya terlebih dahulu sebelum kita campur dengan saus krim yang lezat dan menjadi hidangan yang istimewa.
  2. Untuk membuat adonan bola daging, cara pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan mempersiapkan mangkuk kaca atau wadah dengan ukuran sedang dan masukkan kedalamnya daging cincang bersama dengan mixed herbs, merica bubuk, lada hitam bubuk dan pala bubuk. Lalu dengan menggunakan sendok atau sendok kayu silahkan aduk-aduk merata hingga semua bahan tercampur merata.
  3. Lalu tuangkan kedalamnya, roti tawar yang sudah direndam susu dan susu cair. Aduk-aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata.
  4. Sekarang, uleni bahan adonan dengan menggunakan tangan sampai adonan menjadi kalis dan bisa dibentuk.
  5. Lalu ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi bulat-bulat seperti bakso. Hanya saja, pastikan jika tangan anda telah terlebih dahulu dilapisi dengan menggunakan sarung tangan untuk menjaga agar adonan tetap higienis.
  6. Setelah semua adonan dibentuk bulat-bulat kesemuanya, sekarang siapakan wajan dan panaskan mentega kedalamnya. Lalu tumis adonan bola daging yang sudah anda buat tadi hingga matang dan warnanya menjadi kecoklatan secara merata. Hanya saja, jangan terlalu sering mengaduk atau membulak-balikan tumisan bola daging sewaktu anda memasaknya agar tidak mudah hancur.
  7. Setelah matang, angkat dan tiriskan miyaknya terlebih dahulu, sementara menunggu hingga minyak pada bola daging meniris, kita akan buat sausnya.

Cara Membuat Saus Krim Bola Daging:

  1. Hal pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan melelehkan mentega pada wajan anti lengket, lalu berikan taburan tepung datasnya dan aduk-aduk hingga berwarna kecoklatan.
  2. Masukkan demiglace, garam dan merica bubuk, lalu didihkan secara merata sampai benar-benar mendididh.
  3. Masukkan krim kedalam tumisan, dan kembali aduk-aduk merata sampai semua bahan tercampur merata secara keseluruhan.
  4. Tambahkan bola-bola daging kedalamnya dan masak hingga saus krim menjadi mengental dan bumbu saus ini sedikit meresap pada bola daging yang kita tumis.

Setelah saus mengental, sekarang silahkan angkat dari tumisan dan sajikan bola daging kedalam piring saji serta hidangkan sajian ini selagi masih hangat. Santapan ini akan terasa lebih lezat bila dihidangkan dan disantap beramai-ramai bersama dengan keluarga.

Demikian resep membuat sajia bola daging Swedia atau Swedish Meatball yang enak dan lezat, semoga resep ini bisa ibu buat dirumah untuk keluarga.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan teman dan sabahat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons