Resep dan Cara Membuat Balado Telur Ala Chef Rudy Choirudin

Resep dan Cara Membuat Balado Telur Ala Chef Rudy Choirudin

Menikmati lezatnya hidangan balado telur yang resepnya dibagikan langsung oleh chef ternama sekelas Rudy Choirudin tentu membuat ibu penasaran ingin mempraktikan resep mudah dan sederhana kali ini. Resep ini dipublikasikan pada tanggal 23 juni 2017 dalam akun Youtube pribadi sang chef. Nah, penasaran seperti apa cara membuat balado telur ala chef Rudy Choirudin? Simak dibawah ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword balado telur, telur bumbu balado, telur rebus balado
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 20 menit
Total Waktu 40 menit
Porsi 5 Orang
Kalori 155.1 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan

  • 6 sdm minyak goreng
  • 10 butir telur rebus
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sachet Desaku bumbu balado
  • 1 gelas air
  • 1/2 sdt garam

Bumbu yang Dihaluskan

  • 8 buah bawang merah
  • 1 buah tomat
  • 4 siung bawang putih

Bahan Pelengkap

  • 1 batang daun bawang potong tipis

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Hidangan

  1. Sebelum kita simak langkah membuat sajian kali ini akan lebih baik bila terlebih dahulu kita simak cara mempersiapkan bahan yang ada pada resep kali ini. Cara ini penting untuk anda lakukan dengan baik sebab ada beberapa bahan pada resep yang perlu kita olah dan persiapkan terlebih dahulu.

  2. Bahan yang dimaksud adalah telurnya. Sebelum dimasak dan dicampurkan dengan racikan bumbu. Telur perlu direbus terlebih dahulu secara merata. Caranya, siapkan sebuah panci dan tuangkan air kedalamnya.

  3. Sebelum air mendidih silahkan masukkan telur dan masak sajian ini sampai matang dan merata. Kira-kira selama 7 sampai dengan 10 menit. Nah, setelah matang maka angkat sajian ini dan masukkan dalam rendaman air dingin.

  4. Tunggu sebentar agar nantinya kulit telur lebih mudah dikupas dan dibersihkan. Baru setelah itu, kupas dengan merata menggunakan tangan dengan perlahan dan hati-hati.

  5. Setelah selesai siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak kedalamnya. Lalu panaskan wajan dengan menggunakan api yang sedang. Kemudian tunggu sampai minyak panas.

  6. Tuangkan rebusan telur kedalamnya dan goreng sajian ini cukup sampai berkulit saja. Angkat dengan menggunakan serokan dan tiriskan sementara minyaknya dengan merata.

  7. Setelah selesai dengan tata cara diatas maka selanjutnya anda akan dapat membuat sajian kali ini. 

Cara Membuat Hidangan:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan memanaskan sedikit minyak. Boleh menggunakan wajan bekas menggoreng telur tadi. Tunggu sampai minyak menjadi lebih panas dengan merata. Kemudian tuangkan bumbu tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk merata sampai harum dan matang.

  2. Setelah selesai kemudian masukkan air dan tambahkan Desaku Bubuk Balado kedalamnya dan aduk-aduk semua sajian ini dengan merata dan sempurna. Aduk hingga bumbu larut dan mengembang. Lalu ratakan dengan mengaduk terus sampai dengan radius tanak dan air menjadi berkurang.

  3. Setelah itu, tuangkan garam bersama dengan gula kedalam bumbu tumisan dan aduk-aduk secara merata. Untuk ukuran jumlah bumbu ini silahkan sesuaikan dengan selera anda.

  4. Baru masukkan telur kedalamnya dan aduk semua bumbu ini secara merata hingga tercampur dan menyatu bersama dengan bumbu yang anda tumis.

  5. Kemudian setelah itu, sajikan telur balado diatas piring dan tata dengan rapi. Kemudian siramkan bumbu sisanya dibagian atas dengan merata.

  6. Taburi bagian atas sajian ini dengan menggunakan daun bawang yang sudah anda siapkan sebelumnya. Taburkan dengan merata dan sempurna.

Video Resep

Catatan Resep

Nah, setelah selesai maka sajian ini akan tentu dapat anda nikmati ketika masih hangat bersama dengan nasi pulen yang enak.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons