Resep dan Cara Membuat Balado Belut Pedas dan Nikmat Serta Komplit dan Sederhana

Belut salah satu hewan yang tidak memiliki sisik dan bentuknya seperti ular namun termasuk kategori ikan air tawar.

Belut juga hampir sama dengan ikan lainnya yaitu sidat, namun ada yang membedakan beberapa karena hidupnya berbeda, kita tahu bahwa belut ini banyak ditemukan di lumpur. Di wilayah Indonesia ini banyak tersebar belut, baik di sawah ataupun dikolam. Belut juga banyak yang membudidayakannya karena memang memiliki nilai jual yang lumayan serta banyaknya permintaan masyarakat akan belut ini. Namun kebanyakan para ibu yang biasanya memasak selalu merasa jijik karena memang belut ini tampak menyerupai ular bahkan licin pada saat dipegang.

Namun tetap harus diperhatikan dan jangan meremehkan belut dalam hal manfaat yang terkandungannya, karena ada beberapa kandungan yang sangat baik pada belut ini, berupa protein yang tinggi yang mampu sangat baik bagi pertumbuhan serta perkembangan sanga anak. Ada kandungan lainnya juga berupa omega 3, omega 6, kalsium, magnesium, vitamin dan masih banyak lagi.

Berbicara tentang belut ini memang menjadi salah satu masakan favorit karena memiliki citarasa yang lezat serta gurih kala dimasak. Banyak cara aneka varian dari masakan belut ini, biasanya hanya digoreng, di pepes adapula yang dibuat balado. Nah, kali ini kami akan memberikan resep yang special dengan memasak ikan belut balado. berikut Resep dan Cara Membuat Balado Belut Pedas dan Nikmat Serta Komplit dan Sederhana, kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

balado belut pedas

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Balado Belut Pedas dan Nikmat Serta Komplit dan Sederhana

4.8 174

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Balado Belut Pedas dan Nikmat Serta Komplit dan Sederhana

Bahan dan Bumbu

  • 500 gram belut ukuran sedang
  • 1 buah jeruk nipis (ambila airnya)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 50 ml air
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas jari lengkuas

Bahan Bumbu Dihaluskan

  • 20 buah cabai keriting merah
  • 5 buah cabai merah ukuran besar
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh penyedap rasa

Cara Membuat Balado Belut Pedas dan Nikmat Serta Komplit dan Sederhana

Cara Memasak

  1. Belut terlebih dahulu dibersihkan, buang bagian isi perutnya, kemudian potong sesuai selera anda, kemudian lumuri dengan air jeruk nipis dan juga garam, lalu diamkan sekitar 10 menit.
  2. Setelah itu panaskan minyak goreng, kemudian goreng belut hingga setengah matang, angkat dan sisihkan.
  3. Setelah itu panaskan minyak goreng, kemudian tumis bahan bumbu yang dihaluskan, kemudian tambahkan lengkuas, lalu daun salam, masah hingga harum.
  4. Setelah itu masukan belut yang sudah digoreng setengah matang, aduk-aduk hingga merata dan hingga matang.
  5. Angkat, dan balado belut siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Balado Belut Pedas dan Nikmat Serta Komplit dan Sederhana yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan serta cara pengolahan yang sederhana membuat balado belut ini tetap memiliki kelezatan yang tidak tertandingi. HIdangkan balado belut ini bersama dengan nasi putih hangat dengan ditambah beberapa makanan lainnya berupa tempe goreng, tahu goreng, tentunya membuat makan anda akan semakin berselera. Selamat mencoba

Jangan lupa sahre Resep dan Cara Membuat Balado Belut Pedas dan Nikmat Serta Komplit dan Sederhana kepada semua teman serta saudara tercinta anda, dan jangan lupa pula untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons