Resep dan Cara Membuat Bakwan Jagung Ebi yang Kering, Renyah dan Enak

Hidangan bakwan jagung ebi adalah sajian yang enak dan lezat.

Hidangan yang lezat ini tentunya cukup mudah untuk dibuat dirumah sehingga cocok untuk ibu yang pemula dalam hal memasak. Akan tetapi, meskipu cara pembuatannya terbilang cukup sederhana, namun rasa dari hidangan kali ini tak kalah istimewa dengan hidangan yang lainnya. Yuk, simak langsung seperti apa sih cara membuat bakwan jagung ebi kering yang enak? Inilah dia resepnya.

perkedel jagung ebi

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Bakwan Jagung Ebi yang Kering, Renyah dan Enak

4.8 109

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

10 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Bakwan Jagung Ebi yang Kering, Renyah dan Enak

Bahan dan Bumbu Bakwan Jagung:

  • 250 gram jagung manis pipil
  • 1 butir telur
  • 100 gram jagung manis serut
  • 1 sendok makan tepung sagu
  • 75 gram tepung terigu
  • 1 batang daun bawang, diiris halus
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 2 buah cabai rawit hijau iris
  • minyak untuk menggoreng

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 2 sendok teh ebi sangrai

Cara Membuat Bakwan Jagung Ebi yang Kering, Renyah dan Enak

Tips Membersihkan Bahan Utama Sebelum Diolah:

  1. Lakukan cara yang pertama dengan terlebih dahulu membersihkan jagung manis atau bahan utama yang akan kita gunakan dalam resep kali ini. Hal ini tentunya penting sekali, karena ada beberapa bagian pada jagung manis yang tidak akan bisa kita gunakan. Bagian tersebut adalah bagian cangkang jagung, bonggol jagung dan juga rambut jagung. Untuk itulah, bagian ini harus kita buang dan bersihkan.
  2. Nah, untuk membersihkan bagian cangkang jagung bisa dilakukan dengan mengupas cangkangnya kebagian luar secara merata. Tarik dengan perlahan hingga kebagian bonggol dan potong bersama dengan bonggol jagung secara merata. Jika anda merasa kesulitan memotong bagian bonggol silahkan gunakan pisau untuk melakukannya.
  3. Selanjutnya, bagian rambut jagung juga perlu dibersihkan. Untuk membersihkan bagian ini bisa dilakukan dengan menarik rambut jagung dengan perlahan menggunakan tangan dan bersihkan rambut jagung dengan merata.
  4. Untuk jagung yang 100 gram, silahak serut jagung dan masukkan hasil parutannya dalam wadah dan sisihkan.
  5. Sementara untuk jagung dengan ukuran 250 jagung kita akan pipil jagung ini dengan menggunakan tangan secara merata hingga keseluruhan. Masukkan hasil pipilan jagung dalam wadah dan sisihkan kembali.

Cara Membuat Adonan dan Menggoreng Bakwan:

  1. Siapkan wadah seperti baskom dengan ukruan yang cukup lebar agar lebih mudah membuat adonan.
  2. Lalu masukkan kedalamnya, jagung manis pipil bersama dengan jagung manis serut dan juga telur, ebi, tepung tergu, tepung sagu, merica bubuk, cabai rawit hijau, daun bawang, dan bumbu halus juga telur. Aduk-aduk bahan ini secara merata.
  3. Siapkan wajan diatas kompor dan gunakan api yang sedang. Tuangkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu hingga minyak panas.
  4. Setelah panas, ambil satu sendok adonan bakwan jagung dan masukkan dalam minyak goreng yang telah panas secara merata.
  5. Pipihkan adonan dalam wajan dan masak hingga adonan berwarna keemasan juga kering. Setelah itu, balikkan dan angkat jika sudah matang.

Jika bakwan sudah matang, angkat bakwan tiriskan minyaknya terlebih dahulu dan kini sajian bakwan jagung ebi telah siap dinikmati saat masih hangat. Demikian resep dan cara membuat bakwan jagung ebi yang enak dan renyah.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan teman dan sahabat dna berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons