Resep dan Cara Membuat Bakpao Ubi Ungu Praktis yang Lembut, Enak dan Sedap

Hidangkan nikmat dan sedapnya sajian bakpao ubi ungu yang lezat dirumah anda.

Sajian ini akan tentu mudah untuk anda buat karena resep kali ini mudah didapatkan. Nah, agar anda tak lagi penasaran seperti apa resep membuat bakpao ubi ungu yang enak? Simak resepnya dibawah ini.

bakpao-ubi-ungu.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Bakpao Ubi Ungu Praktis yang Lembut, Enak dan Sedap

4.8 644

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

20 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Bakpao Ubi Ungu Praktis yang Lembut, Enak dan Sedap

Bahan Bakpao:

  • 250 gram terigu
  • 150 gram meises coklat
  • 40 gram gula halus
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 150 gram ubi ungu
  • Air es secukupnya
  • 30 gram mentega
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1 1/2 sdt fermipan
  • 25 gram susu bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/8 sdt pewarna ungu

Cara Bakpao Ubi Ungu Praktis yang Lembut, Enak dan Sedap

Cara Mempersiapkan Ubi:

  1. Untuk yang pertama kita lakukan terlebih dahulu dengan mempersiapkan ubinya. Caranya, silahkan kupas ubi ungu dengan menggunakan alat pengupas secara merata. Pastikan jika anda telah membersihkan semua kotoran yang ada pada ubi secara merata. Masukkan ubi yang telah dikupas kedalam air pada baskom. Lalu ayak secara merata sampai kotoran dibersihkan dan dihilangkan merata.
  2. Selanjutnya adalah dengan memotong ubi dengan ukuran yang anda inginkan. Gunakan pisau untuk memotong bahan ini secara merata. Lalu masukkan kembali dalam wadah dan sisihkan sementara.
  3. Siapkan kukusan dan panaskan diatas api yang sedang. Tunggu sampai panas secara merata dan masukkan ubi kedalam kukusan. Kukus sampai matang hingga empuk selama kurang lebih 20 menit.
  4. Setelah matang, angkat ubi dari kukusan dan sisihkan dalam wadah untuk kemudian haluskan secara merata dengan menggunakan ulekan atau dengan menggunakan mesin blender sampai bahan ini menjadi lebih halus.
  5. Bila sudah halus, masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara untuk kemudian anda akan siap membuat bahan lainnya.

Cara Membuat Bakpao:

  1. Untuk membuat sajian kali ini dapat dilakukan dengan menyiapkan sebuah wadah dekat dengan jangkauan anda. Selanjutnya, silahkan masukkkan ubi ungu bersama dengan vanila bubuk, tepung terigu, gula halus, fermipan, susu bubuk dan juga garam halus. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai tercampur dan teraduk.
  2. Selanjutnya adalah dengan menambahkan sedikt air kedalamnya dengan perlahan sambil diuleni secara merata dengan menggunakan tangan.
  3. Lalu tambahkan dengan menggunakan pewarna ungu dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur dan teraduk secara merata dan warna dari adonan berubah menjadi ungu merata.
  4. Selanjutnya adalah dengan menambahkan mentega dan uleni bahan ini secara merata sampai kalis dan tercampur. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit dengan ditutupi menggunakan kain bersih.
  5. Kempeskan adonan bakpao dan bagi adonan menjadi beberapa bagian. Setelah itu, pipihkan kembali adonan dan bentuk kembali dengan bentuk bulat secara merata. Lalu diamkan kembali selama kurang lebih 30 menit agar mengembang secara merata.
  6. Siapkan kukusan dan kukus bakpao didalamnya sampai matang dan empuk secara merata.

Bila sudah matang, angkat sajian ini dari kukusan dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian anda akan siap menikmati sajian ini.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons