Resep dan Cara Membuat Bakpao Kukus Lembut Putih yang Sederhana dan Enak

Sajian bakpao kukus lembut putih adalah hidangan lezat yang bisa anda buat dirumah dengan mudah.

Penasaran seperti apa membuat hidangan bakpao kukus lembut putih yang sederhana? Simak resep mudahnya dibawah ini.

bakpao-sederhana.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Bakpao Kukus Lembut Putih yang Sederhana dan Enak

4.8 765

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

20 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Bakpao Kukus Lembut Putih yang Sederhana dan Enak

Bahan I:

  • 300 gram tepung terigu
  • 270 ml air
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 1 1/2 sendok teh ragi instan

Bahan II:

  • 50 gram susu bubuk
  • 250 gram gula pasir
  • 4 sendok teh baking powder

Bahan III:

  • 60 gram mentega putih
  • 800 gram tepung terigu protein tinggi
  • 330 ml air

Bahan Isian:

  • 4 sendok teh wijen, disangrai
  • 100 gram gula pasir
  • 250 gram kacang tanah, dikupas, disangrai, dicincang halus

Cara Membuat Bakpao Kukus Lembut Putih yang Sederhana dan Enak

Cara Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

  1. Untuk yang pertama dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan anda butuhkan untuk membuat sajian kali ini. Adapun beberapa peralatan yang akan anda butuhkan diantaraya adalah sebuah kukusan, beberapa buah baskom, kocokan dan sebuah tatakan untuk menguleni adonan. Cara kali ini penting dilakukan, untuk itu, tidak sebaiknya anda melewatkan langkah kali ini. Jadi demikian, pastikan bila anda sudah mempersiapkan semuanya dengan seksama.
  2. Selanjutnya bila semua peralatan sudah disiapkan, silahkan lanjutkan cara kali ini dengan terlebih dahulu menyiapkan kukusan diatas api yang sedang dan pastikan kukusan dipanaskan secara merata.
  3. Masukkan air kedalam kukusan sedikit saja dan nyalakan api yang sedang. Untuk kemudian sisihkan sementara agar pada saat anda akan menggunakan kukusan alat ini sudah siap dan sudah dipanaskan secara merata.

Cara Membuat Bakpao:

  1. Untuk pertama kita akan buat bahan isiannya terlebih dahulu. Caranya, siapkan wadah dan masukkan kacang yang telah dihaluskan bersama dengan gula pasir dan juga wijen yang telah disangarai.
  2. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata dengan menggunakan sendok sampai tercampur dan merata. Setelah itu, pastikan bila gula dan bahan-bahan lainnya larut bersamaan. Setelah selesai silahkan sisihkan sementara dan kita akan siap membuat bahan-bahan lainnya.
  3. Silahkan siapkan wadah dan masukkan bahan yang pertama kedalamnya. Aduk-aduk dengan menggunakan tangan secara merata dan uleni bahan ini sampai kalis secara merata dan tekstuenya menjadi lebih lembut.
  4. Selanjutnya, silahkan tambahkan bahan kedua kedalam bahan yang tengah anda uleni. Aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur dan teraduk secara merata hingga tercampur.
  5. Tambahkan bahan yang ketiga dan aduk-aduk kembali hingga semua bahan ini menyatu dan kalis dengan menggunakan tangan anda secara perlahan.
  6. Setelah itu, sisihkan sementara selama kurang lebih 30 menit dalam lemari es. Untuk menjaga kelembutan tektur dari adonan bakpao kali ini. Untuk itu, silahkan sisihkan sementara.
  7. Kempisan adonan yang sudah anda buat dan timbang masing-masing adonan sebanyak 20 gram. Setelah itu, diamkan kembali selama kurang lebih 10 menit agar adonan menjadi lebih mengembang secara merata.
  8. Pipihkan adonan dengan menggunakan tangan, lalu sendokkan adonan kedalamnya dan bulatkan kembali untuk menutupi bagian isi didalamnya. Lalu letakkan diatas kertas roti dan rapihkan.
  9. Kukus dalam kukusan selama kurang lebih 5 menit dengan menggunakan api yang sedang hingga matang secara merata.

Kini hidangan bakpao anda sudah matang dan akan siap untuk dinikmati selagi masih hangat.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat. 

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons