Resep dan Cara Membuat Bakpao Isi Kacang Merah yang Lezat, Lembut dan Empuk

Sajikan lezatnya hidangan bakpao isi kacang merah yang enak dirumah anda.

Dengan resep kali ini anda akan dipandu bagaimana menciptakan kreasi bakpao hasil sendiri. Soal rasa? Jangan ditanya, sajian kali ini benar-benar lezat dengan komposisi bahan yang pas membuatnya sebagai sajian yang direkomendasikan dibuat dirumah.

bakpao-kacang-merah.png

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Bakpao Isi Kacang Merah yang Lezat, Lembut dan Empuk

4.7 387

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

20 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Bakpao Isi Kacang Merah yang Lezat, Lembut dan Empuk

Bahan Kulit Bakpao:

  • 225 gram tepung terigu
  • 6 gram ragi instan
  • 20 gram susu bubuk
  • 50 gram tepung tangmien
  • 35 gram gula pasir halus
  • 150 ml air es
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • 25 gram mentega putih

Bahan Isian:

  • 100 gram kacang merah kering
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sendok makan cokelat bubuk
  • 1/4 sendok teh garam
  • 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Cara Membuat Bakpao Isi Kacang Merah yang Lezat, Lembut dan Empuk

Cara Membuat Isian:

  1. Seperti biasa kita akan awali langkah kali ini dengan mempersiapkan peralatan. Beberapa peralatan adalah hal penting yang harus anda pastikan tersedia, karena dengan begini maka anda akan dapat membuat adonan isian dengan lebih mudah tanpa harus bingung sewaktu membuat adonan karena peralatan belum disiapkan. Untuk itu, maka pastikan bila beberapa daftar peralatan kali ini disiapkan dengan merata. Adapun peralatan tersebut diantaranya adalah mesin blender sebuah panci bertekanan atau presto, sebuah wadah dan kocokan. Dengan mempersiapkan peralatan ini maka anda akan siap melanjutkan ke langkah berikutnya.
  2. Selanjutnya silahkan siapkan panci presto dan panaskan secara merata. Lalu masukkan kacang merah kering kedalamnya, tunggu dan masak selama kurang lebih 10 menit sampai halus merata.
  3. Angkat dari presto dan haluskan dengan menggunakan mesin blender secara merata sampai bahan ini menjadi halus. Masukkan pula santan kedalamnya untuk mempermudah anda menghaluskan bahan ini.
  4. Bila sudah selesai, lanjutkan cara kali ini denga menuangkan cokelat bubuk kedalamnya bersama dengan gula pasir. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata.
  5. Masak sampai kalis dan lembut hingga semua bahan ini tercampur. Lalu tambahkan sedikit garam untuk menambah selera. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata.
  6. Bila sudah selesai dan matang, silahkan angkat dari wajan dan sisihkan dalam wadah.

Cara Membuat Kulit Bakpao:

  1. Untuk membuat sajian kali ini dapat dilakukan dengan menyiapkan sebuah wadah dan masukkan kedalamnya tepung terigu bersama dengan tepung tangimen, susu bubuk, ragi instan, baking powder. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata.
  2. Aduk-aduk bahan diatas sampai tercampur. Lalu tuangkan air es kedalamnya sedikit demi sedikit secara merata hingga tercampur.
  3. Kemudian uleni bahan tersebut sampai kalis dan tercampur secara merata atau tidak lengket pada bagian tangan.
  4. Masukkan mentega putih kedalamnya bersama dengan garam. Aduk-aduk secara merata dan uleni bahan ini sampai elastis. Lalu tuangkan air es kedalamnya sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga kalis. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  5. Setelah itu, kempiskan adonan dan timbang masing-masing adonan sebanyak 30 gram dengan menggunakan mesin timbangan. Bulatkan adonan dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  6. Giling tipis adonan dengan tangan atau botol kaca. Bentuk kembali engan bulat dan letakkan diatas kertas roti. Untuk kemudian diamkan selama kruang lebih 45 menit sampai mengembang lebih besar.
  7. kukus sajian ini dalam kukusan selama kurang lebih 10 menit dengan menggunakan api yang sedang sampai matang dan mengembang.

Setelah matang, angkat dan saat masih panas silahkan lepaskan kertas roti bagian bawahnya. Kini anda siap menyantap hidangan ini.

Jangan lupa share dan berikan komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons