Resep dan Cara Membuat Bakpao Daging Sapi yang Empuk, Enak dan Dikukus

Sajian bakpao daging sapi yang empuk adalah hidangan yang enak.

Hidangan ini tentu akan bisa ibu buat dirumah dengan mudah dan sederhana. Ingin tahu seperti apa resep membuat bakpao daging sapi yang empuk dan enak? Simak resep mudahnya dibawah ini.

bakpao-daging-sapi.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Bakpao Daging Sapi yang Empuk, Enak dan Dikukus
4.8 765

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

20 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Bakpao Daging Sapi yang Empuk, Enak dan Dikukus

Bahan-Bahan Kulit Bakpao:

  • 500 gram tepung terigu
  • 250 cc air hangat
  • 3 sdm gula putih
  • 1 sdm gist

Bahan Isian Bakpao:

  • 250 gram daging cincang
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 2 sdm minyak wijen
  • 1 sdm tepung kanji
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • Garam secukupnya
  • 100 cc air bersih
  • Bumbu penyedap secukupnya

Cara Membuat Bakpao Daging Sapi yang Empuk, Enak dan Dikukus

Cara Membuat Bahan Isian:

  1. Hal pertama sebelum membuat adonan isian, sebaiknya terlebih dahulu kita akan awali langkah kali ini dengan mempersiapkan peralatan atau perlengkapan yang akan anda butuhkan. Adapun daftarnya adalah sebuah wajan, sebuah spatula dan sebuah mangkuk. Nah, dengan mempersiapkan peralatan ini maka anda akan dengan mudah dapat membuat sajian kue kali ini dengan lebih sederhana.
  2. Setelah selesai dengan peralatan, silahkan lanjutkan dengan mempersiapkan sebuah wajan diatas kompor dan nyalakan api yang sedang. Lalu tuangkan kedalamnya minyak wijen. Tunggu sementara sampai bahan ini menjadi lebih panas secara merata.
  3. Kemudian masukkan bawang putih bersama dengan merica, garam dan juga penyedap. Aduk-aduk bahan ini sampai harum dan tercampur secara merata.
  4. Masukkan daging sapi cincang kedalamnya. Oseng-oseng sebentar dan diamkan sampai warna daging berubah menjadi lebih pucat.
  5. Baru tambahkan dengan menggunakan air dan aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai tercampur dan teraduk merata.
  6. Yang terakhir, silahkan kentalkan kuah yang ada pada tumisan dengan menggunakan tepung kanji. Masukkan tepung kanji kedalamnya dengan perlahan. Lalu aduk-aduk dengan pelan sampai semua bahan ini matang dan kering. Angkat setelah matang dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Adonan Bakpao:

  1. Untuk membuat bahan yang satu ini dapat dilakukan dengan menyiapkan sebuah wadah dan masukkan kedalamnya gist bersama dengan air hangat. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata hingga tercampur.
  2. Lalu masukkan 1 sendok makan gula pasir dan juga 3 sendok makan tepung terigu. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata hingga tercampur. Lalu diamkan selama kurang lebih 10-15 menit atau sampai bahan ini berbuih dan mengembang.
  3. Setelah itu, masukkan sisa tepung ebrsama dengan gula pasir kedalamnya sebuah wadah dan aduk-aduk secara perlahan. Lalu tambahkan dengan sedikit air. Aduk-aduk bahan ini dan uleni sampai licin dan tidak lengket kebagian tangan anda.
  4. Tutup adonan dengan menggunakan lap basah dan diamkan selama kurang lebih 2 jam agar bahan ini mengembang secara merata.
  5. Ambil adonan dan timbang masing-masing adonan sebanyak 30 gram. Untuk kemudian kempiskan adonan dan bentuk dengan bulat.
  6. Pipihkan kembali adonan dan masukkan bahan isian dibagian dalamnya. Lakukan hal ini pada adonan yang masih tersisa. Setelah itu, letakkan diatas kertas roti dan diamkan bahan ini sampai mengembang secara merata selama kurang lebih 15 menit.
  7. Kukus adonan dalam kukusan selama kurang lebih 10 menit hingga mengembang dan matang secara merata.

Bila sudah matang, silahkan keluarkan bahan ini dan sajikan dalam piring saji untuk kemudian anda akan dapat menikmati hidangan ini bersama dengan keluarga. Baca juga: resep daging sapi lainnya

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons