Resep dan Cara Membuat Ayam Panggang Bumbu Rujak yang Lezat, Spesial dan Empuk

Hidangan ayam panggang bumbu rujak adalah sajian yang lezat.

Betapa tidak, gurih dan empuknya daging ayam yang berpadu bersama sajian bumbu rujak, membuatnya benar-benar istimewa. Nah, penasaran seperti apa resep membuat ayam panggang bumbu rujak? Yuk, simak resepnya dibawah ini.

ayam bakar bumbu rujak

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ayam Panggang Bumbu Rujak yang Lezat, Spesial dan Empuk

4.8 254

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Potong

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ayam Panggang Bumbu Rujak yang Lezat, Spesial dan Empuk

Bahan Utama Ayam Bakar:

  • 1 ekor ayam
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok teh gula merah
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 2 batang serai, memarkan
  • 4 sendok makan minyak untuk menumis
  • 500 ml santan, dari 1 butir kelapa

Bumbu Ayam yang Dihaluskan:

  • 3 siung bawang putih
  • 6 buah cabai merah keriting
  • 8 butir bawang merah
  • 2 cm kunyit, bakar
  • 3 buah cabai merah besar
  • 1 cm jahe

Cara Membuat Ayam Panggang Bumbu Rujak yang Lezat, Spesial dan Empuk

Cara Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Lakukan hal yang pertama dengan membersihkan ayam. Langkah kali ini menjadi langkah yang penting yang mana tidak sebaiknya untuk dilewati. Sebab ada beberapa bagian pada ayam yang harus dibersihkan sebab bagian tersebut menumpuk banyak kuman dan kotoran yang mana jika terkonsumsi bagian ini akan bahaya untuk kesehatan. Akan tetapi, sebelum itu sebaiknya potong-potong terlebih dahulu ayam dengan banyak potongan sebanyak 4 bagian. Namun jika anda merasa potongan ini terlalu besar atau terlalu kecil, maka silahkan potong ayam dengan ukruan yang anda inginkan.
  2. Selesai dipotong-potong, silahkan masukan ayam kedalam wadah atau baskom untuk kemudian, silahkan bawa ayam ke tempat cucian dan bersihkan secara merata.
  3. Ditempat cucian, bersihkan ayam dengan menggunakan tangan sambil diremas-remas. Jangan lupa jangkau pula kebagian dalam lapisan lemak ayam secara merata. Hal ini tentunya untuk memastikan jika tidak ada kotoran pada ayam yang masih tertinggal.
  4. Nah, setelah ayam bersih, silahkan masukkan kembali ayam ke tempat semula dan tiriskan air cuciannya agar tidak menggenang.
  5. Terakhir, untuk membersihkan bau amis yang masih menempel pada ayam, maka lumuri bagian ayam dengan menggunakan air jeruk ipis, bawang putih dan sedikit taburan garam. Jangan lupa untuk sedikit meremas-remas ayam agar bumbu ini meresap kedalamnya. Setelah itu, sisihkan sementara selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Ayam Panggang Bumbu Rujak:

  1. Tumis bumbu halus dalam wajan yang telah diberikan minyak goreng dan sudah dipanaskan. Tumis bumbu ini tercium bau harum yang lezat. Gunakan api yang sedang agar bumbu yang anda tumis tidak gosong.
  2. Setelah bumbu harum, masukkan daun salam bersama dengan serai dan aduk-aduk secara merata sampai bumbu ini layu dna harum.
  3. Masukkan ayam kedalam tumsian bsumbu dan aduk-aduk ayam sampai warnanya berubah menjadi lebih pucat.
  4. Baru setelah itu, masukkan garam dan juga gula merah, kemudian aduk-aduk secara merata.
  5. Kemudian tuangkan santan secara bertahap kedalam tumisan ayam sambil terus diaduk-aduk agar santan tidak pecah dan didihkan sementara. Masak bumbu ini sampai ayam matang dan bumbu meresap kedalamnya dengan sempurna.
  6. Angkat ayam yang sudah matang, siapkan pembakaran dan panggang ayam diatasnya sambil diolesi dengan bumbu olesan yang tersisa dari rebusan ayam sebelumnya. Jangan lupa bulak-balik ayam sampai matang agar tidak gosong.

Setelah ayam matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian siap disajikan.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons