Resep dan Cara Membuat Ayam Kremes Bumbu Kalasan yang Enak, Renyah dan Empuk

Sajian ayam kremes bumbu kalasan adalah hidangan utama yang istimewa.

Betapa tidak, sajian olahan ayam ini memiliki citarasa lezat yang begitu istimewa. Apalagi taburan kremesan yang disajikan bersama dengan ayam ini akan membuat citarasa makan anda semakin berselera. Nah, simak langsung saja resep membuat ayam kremes bumbu kalasan berikut ini agar anda bisa menyajikan hidangan ini dirumah.

ayam goreng kremes kalasan

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ayam Kremes Bumbu Kalasan yang Enak, Renyah dan Empuk

4.7 321

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

8 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ayam Kremes Bumbu Kalasan yang Enak, Renyah dan Empuk

Bahan Utama Ayam:

  • 1 ekor ayam
  • Gula jawa, iris-iris
  • 1 ruas jari lengkuas, keprek
  • 8 siung bawang putih, haluskan
  • 2 lembar daun salam
  • 5 gelas air kelapa dari kelapa yang tua
  • Garam
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Kremesan Ayam:

  • 1/2 gelas sisa bumbu ayam ungkep
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok makan tepung sagu
  • 5 sendok makan tepung beras
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Ayam Kremes Bumbu Kalasan yang Enak, Renyah dan Empuk

Tips Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Lakukan hal yang pertama dengan terlebih dahulu membersihkan bahan utama atau ayamnya. Hal ini penting sekali karena ayam harus dibersihkan dari kotoran dan beberapa bagian pada ayam ada yang harus kita buang terlebih dahulu sebelum dimasak menjadi hidangan yang enak dan lezat. Akan tetapi, sebelum terburu membersihkan kotoran pada ayam, silahkan potong-potong ayam menjadi 6 bagian dan masukkan potongannya dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara sebelum kita siapkan bumbu lainnya.
  2. Setelah ayam dipotong dan dimasukkan dalam wadah, silahkan bersihkan ayam dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran pada ayam secara merata.
  3. Selain itu, jika pada ayam masih terdapat bulu-bulu yang tersisa, maka bersihkan ayam secara merata dari bulu-bulu tersebut.
  4. Selesai dibersihkan, angkat ayam dari cucian dan masukkan kembali dalam wadah sebelumnya untuk kemudian lanjutkan dengan meniriskan air cuciannya agar tidak menggenang dalam baskom.
  5. Terakhir, setelah ayam dicuci, lumuri ayam dengan menggunakan air jeruk nipis dan juga taburan garam secara merata. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada daging secara merata dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Ayam Goreng Kremes Bumbu Kalasan:

  1. Untuk dapat menghasilkan ayam yang empuk dnegan bumbu yang lezat yang dapat meresap hingga kebagian terdalam. Hal yang paling penting anda lakukan adalah anda harus mengungkep terlebih dahulu ayam dalam wajan.
  2. Caranya, masukkan bumbu yang telah dihaluskan kedalam wajan, lalu masukkan air kelapa kedalamnya dan bumbui dnegan gula dan garam serta masukkan pula bawang putih yang telah dihaluksan bersama dengan lengkuas dan irisan gula jawa. Aduk-aduk dan ungkep hingga ayam empuk dna bumbu meresap kedalamnya dengan merata.
  3. Setelah selesai, ambil sebagia bumbu ungkep dan masukkan tepung beras bersama dengan tepung sagu, bubuhi dengan garam dan masukkan sedikit air. Aduk-aduk bahan ini dan sisihkan sementara.
  4. Siapkan wajan diatas kompor dan gunakan api yang sedang. Lalu goreng ayam kedalam minyak hingga ayam berwarna kekuningan dan matang secara merata.
  5. Setelah ayam matang, angkat ayam dengan serokan dan sisihkan dalam wadah sambil meniriskan minyaknya.
  6. Sementara untuk membuat kremesannya, silahkan goreng campuran bahan tadi dalam minyak panas hingga kecoklatan. Angkat dan tisriskan.

Lalu sajikan kremesan ini dibagian atas ayam yang sudah matang untuk kemudian dihidangkan selagi masih hangat.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons