Resep dan Cara Membuat Ayam Goreng Kunyit yang Garing, Renyah dan Spesial

Sajian ayam goreng kunyit mungkin sudah lagi tak asing ditelinga anda.

Sajian ayam yang khas dengan warna kuning dan garing ini, memang memiliki citarasa yang enak dan begitu menggoda. Belum lagi, sensasi wangi harum dari bumbu kunyit yang semakin terasa saat digoreng membuatnya benar-benar menggoda hasrat lapar.

Nah, untuk anda yang penasaran ingin tahu seperti apa resep membuat ayam goreng kunyit yang garing dan renyah, maka mari simak langsung resep mudahnya dibawah ini.

ayam goreng lengkuas serundeng

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ayam Goreng Kunyit yang Garing, Renyah dan Spesial
4.8 321

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

8-10 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ayam Goreng Kunyit yang Garing, Renyah dan Spesial

Bahan Utama Ayam:

  • 1 ekor ayam
  • minyak untuk menggoreng
  • 2 lembar daun salam
  • 600 ml air
  • 3 cm jahe, digeprek
  • 5 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya, disobek-sobek

Bumbu Ayam yang Dihaluskan:

  • 2 sendok teh ketumbar
  • 12 butir bawang merah
  • 6 cm kunyit bakar
  • 1 sendok makan garam
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sendok teh gula pasir

Cara Membuat Ayam Goreng Kunyit yang Garing, Renyah dan Spesial

Tips Membersihkan Ayam Sebelum Diolah:

  1. Untuk cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan ayamnya yang terlebih dahulu. Sebelum ayam ini dicuci dan dibuang kotorannya, sebaiknya silahkan potong-potong terlebih dahulu ayam yang sudah anda siapkan dengan ukuran yang anda inginkan. Disini saya memotongnya menjadi 12 bagian. Akan tetapi, jika anda merasa potongan ini terlalu kecil, maka anda bisa memotongnya dengan ukuran yang lebih besar dna porsi yang lebih sedikit.
  2. Jika ayam sudah dipotong, silahkan masukkan ayam dalam wadah untuk kemudian bawa ayam ke tempat cucian dan dibersihkan secara merata.
  3. Nyalakan air keran dan tempatkan ayam tepat dibawah aliran air yang mengalir dari keran. Lalu bersihkan bagian paling luar yakni dimulai dari kulit ayam. Jika anda mendapati ada banyak kotoran pada bagian kulit ayam, maka silahkan bersihkan bagian ini secara merata.
  4. Selain itu, jika anda melihat masih ada bulu-bulu halus pada kulit ayam, maka silahkan bersihkan bulu tersebut secara merata dengan menggunakan tangan.
  5. Setelah ayam dibersihkan secara merata, angkat ayam dari cucian dan masukkan kedalam wadah atau baskom dan tiriskan air cuciannya.
  6. Terakhir, silahkan lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam sedikit bagian saja. Aduk-aduk secara merata agar bau amis yang menempel pada ayam bisa dibersihkan secara merata.

Cara Membuat Ayam Goreng Kunyit:

  1. Setelah ayam dibersihkan dengan air dan dipotong-potong. Sekarang, kita siapkan panci dna tempatkan diatas kompor. Gunakan api yang sedang dan tunggu sampai panci agak panas.
  2. Setelah itu, tuangkan air kedalamnya bersama dengan bumbu halus, daun salam, daun jeruk, jahe dan masukkan ayam kedalamnya.
  3. Aduk-aduk sebentar sampai anda bisa memastikan jika bumbu ini bercampur bersama dengan ayam dan melumuri semua bagian ayam secara merata.
  4. Kemudian masak ayam hingga berubah warna dan daging menjadi lebih empuk secara merata serta air dari kuah ayam menjadi surut.
  5. Setelah surut dan daging sudah berubah menjadi lebih empuk, silahkan angkat sajian ini dan dinginkan sementara sebelum kita goreng.
  6. Untuk menggorengnya, panaskan wajan diatas kompor dan masukkan minyak goreng kedalamnya. Tunggu sementara minyak panas secara merata.
  7. Setelah itu, goreng ayam kedalamnya hingga daging terendami dengan minyak. Goreng sampai ayam menjadi berwarna kecoklatan dan matang secara merata.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk dinikmati.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons