Resep dan Cara Membuat Ayam Goreng Bumbu Kuning yang Renyah, Empuk dan Enak

Sajian ayam goreng bumbu kuning adalah hidangan yang enak.

Hidangan kali ini mungkin sudah sering anda jumpai dan bahkan mungkin anda bersama dengan buah hati adalah salah satu penikmat hidangan satu ini. Nah, agar anda bisa menyajikan hidangan ayam goreng bumbu kuning, maka mari kita simak resepnya dibawah ini.

ayam goreng bumbu kuning

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ayam Goreng Bumbu Kuning yang Renyah, Empuk dan Enak

Review

4.8 review 354

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

10 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ayam Goreng Bumbu Kuning yang Renyah, Empuk dan Enak

Bahan Utama Ayam Goreng:

  • 1 ekor ayam
  • minyak untuk menggoreng
  • 400 ml air
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan

Bumbu Ayam yang Dihaluskan:

  • 6 siung bawang putih
  • 4 cm kunyit, bakar
  • 5 butir kemiri, sangrai
  • 4 butir bawang merah
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 4 cm jahe
  • 4 cm lengkuas
  • 1 sendok makan garam

Cara Membuat Ayam Goreng Bumbu Kuning yang Renyah, Empuk dan Enak

Tips Mempersiapkan Ayam Sebelum Diolah:

  1. Lakukan cara yang pertama dengan membersihkan bahan utama yakni ayamnya. Hal ini penting sekali karena ada beberapa bagian pada ayam yang harus kita buang sebab bagian tersebut tidak dapa dikonsumsi karena mengandung banyak kotoran dan kuman. Nah, untuk bagian pertama pada ayam sebaiknya silahkan potong-potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai dengan ukuran yang anda inginkan.
  2. Setelah ayam dipotong, pisahkan pula bagian kepala dan ceker ayam. Jika anda suka dengan bagian ini anda bisa mengolahnya bersama dengan daging yang lain akan tetapi bersihkan terlebih dahulu bagian paruh dikepala dan kuku di ceker ayam dengan dipotong menggunakan pisau.
  3. Setelah bagian tersebut dipotong dan dibersihkan, lanjutkan dengan memasukkan ayam yang telah dipotong dalam wadah untuk kemudian dicuci hingga bersih dengan air yang mengalir.
  4. Kemudian bersihkan ayam dimuali dari bagian paling luar dan bilas jika terdapat kotoran atau darah yang membeku pada ayam.
  5. Lalu bersihkan pula bagian kotoran yang mungkin terdapat dibagian sela lemak ayam secara merata.
  6. Terakhir, lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan taburan sedikit garam. Aduk-aduk secara merata dan diamkan sampai bumbu ini meresap pada ayam secara merata.

Cara Membuat Ayam Goreng Bumbu Kuning:

  1. Campurkan ayam dengan duan salam, serai dan juga bumbu halus, masukkan dalam wajan dan tuangkan setengah bagian air kedalamnya. Lalu masak dan ungkep selama kurang lebih 10 menit atau sampai kuah ayam menjadi menyusut dan daging ayam menjadi setengah empuk. Masak dengan menggunakan api yang sedang.
  2. Setelah itu, kecilkan api dan tutup. Jika air mulai menyusut, tuangkan sisa air secara bertahap sambil sesekali diaduk dan masak hingga bumbu meresap dan daging empuk secara merata.
  3. Angkat ayam yang telah diungkep dalam wajan. Lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  4. Siapkan wajan diatas kompor dengan api yang sedang dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. Tunggu sampai miyak panas secara merata.
  5. Goreng ayam hingga matang dan berwarna kecoklatan. Setelah matang angkat dan tiriskan terlebih dahulu minyaknya.

Sajikan hidangan ini ketika masih hangat dan santap dengan nasi hangat dan bahan pelengkap lain seperti sambal dan lalapan agar selera makan anda semakin meningkat.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...