Resep dan Cara Membuat Ayam Fillet Kecap Lada Hitam yang Enak, Lezat dan Spesial

Sajian ayam fillet kecap lada hitam adalah sajian yang lezat dan enak.

Nah, agar anda bisa menyajikan hidangan ini dirumah, maka mari kita simak resep mudahnya dibawah ini. Inilah dia resep membuat sajian enak khas nusantara dengan citarasa internasional, ayam fillet kecap lada hitam.

ayam tumis fillet kecap

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ayam Fillet Kecap Lada Hitam yang Enak, Lezat dan Spesial

Review

4.8 review 342

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

8 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ayam Fillet Kecap Lada Hitam yang Enak, Lezat dan Spesial

Bahan Utama Ayam:

  • 500 gram dada ayam
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • Secukupnya garam

Bahan dan Bumbu Ayam:

  • 1 buah jagung manis dipipil
  • 1/2 buah bawang bombay diiris
  • 3 sdm kecap manis
  • 200 ml air
  • 4 butir bawang merah diiris tipis
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 siung bawang putih diiris tipis
  • garam secukupnya
  • 1 sdm lada hitam ditumbuk kasar
  • 1/2 sdt penyedap
  • 2 sdm mentega atau margarin
  • 1 sdm tepung maizena dilarutkan sedikit air

Cara Membuat Ayam Fillet Kecap Lada Hitam yang Enak, Lezat dan Spesial

Tips Mempersiapkan Ayam Sebelum Diolah:

  1. Lakukan cara yang pertama dengan terlebih dahulu membersihkan ayam yang sudah anda beli dari pasar. Hal ini penting sekali karena ayam harus dicuci terlebih dahulu sebelum dimasak menjadi hidangan yang enak dan spesial. Nah, ada pula cara yang penting yang juga tak bisa dilewatkan disini sebelum anda membersihkan ayam yakni dengan memotong-motong ayam fillet dengan bentuk dan ukuran yang anda inginkan. Disini saya memotongnya dengan ukuran yang sedang dan bentuk yang kotak. Akan tetapi, potongan ini bisa anda sesuaikan dengan selera anda sendiri.
  2. Bila ayam sudah dibersihkan secara merata, silahkan lanjutkan dengan memasukkan ayam dalam wadah untuk kemudian bawa ayam ini ke tempat cucian.
  3. Nah, di tempat cucian kini anda akan siap untuk membersihkan ayam secara merata. Bersihkan ayam dari kotoran yang masih terlihat pada ayam. Sebaiknya ayam ditempatkan tepat dibawah kucuran air yang mengalir agar anda menjadi lebih mudah untuk membersihkannya secara merata.
  4. Angkat yang sudah bersih dan masukkan kembali dalam wadah sebelumnya. Namun pastikan jika wadah yang anda gunakan untuk menampung ayam yang telah dicuci, bersih dan kering.
  5. Selanjutnya, kita akan redam atau hilangkan bau amis yang menempel pada ayam dengan menggunakan air jeruk nipi, bawang putih yang telah dihaluskan dan juga merica bubuk serta berikan sedikit garam. Aduk-aduk secara merata dan diamkan sementara.

Cara Membuat Tumis Ayam Fillet Kecap Lada Hitam:

  1. Tumis bawang bombay dalam wajan yang sudah diberikan mentega dan telah dipanaskan. Tumis bawang ini hingga tercium bau harum yang enak dan lezat. Jangan lupa sambil diaduk-aduk agar tumisan tidak gosong atau overcooked.
  2. Setelah bawang, masukan daging ayam yang telah dilumuri dengan kecap dan saus tiram. Aduk-aduk dalam wajan sampai semua bahan tercampur merata.
  3. Tuangkan air kedalamnya dan masukan jagung manis lalu masak bumbu ini sampai mendidih dan masukkan lada hitam bersama dengan garam dan juga penyedap. Adu-aduk semua bahan ini hingga setengah matang dan tekstur daging menjadi lebih matang secara merata.
  4. Masak ayam sampai kuahnya menyusut dan tekstur daging menjadi matang. Nah, baru setelah itu, masukkan larutan tepung mazeina dan aduk-aduk sampai kuah tumisan mengental. Gunakan api yang sedang untuk memasak sajian ini agar daging matang secara merata.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian anda akan siap menyantap dan mengangkatnya.

Jangan lupa bagiakn resep ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...