Resep dan Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang yang Empuk, Enak dan Spesial

Sajian ayam bakar taliwang mungkin sudah tak lagi asing ditelinga anda.

Nah, kali ini selain anda akan dapat menjumpai hidangan ini di restoran, kali ini pun anda akan dapat membuat sajian ini dirumah dengan mudah dan sederhana. Inilah dia resep membuat sajian ayam bakar taliwang yang empuk, enak dan special.

ayam bakar taliwang

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang yang Empuk, Enak dan Spesial

4.7 254

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Potong

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ayam Bakar Taliwang yang Empuk, Enak dan Spesial

Bahan Utama Ayam:

  • Ayam kampung 1 ekor
  • Air perasan jeruk limau 2 sendok makan
  • Minyak goreng 1 sendok makan
  • Air 200 mili liter
  • Garam 1/2 sendok teh

Bumbu Ayam yang Dihaluskan:

  • Tomat 1 buah
  • Bawang putih 4 siung
  • Bawang merah 7 butir
  • Kencur 1 ruas jari
  • Cabai merah 4 buah
  • Gula merah 1 sendok teh
  • Terasi goreng 1 sendok teh
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang yang Empuk, Enak dan Spesial

Tips Mempersiapkan Bahan Utama Sebelum Dimasak:

  1. Lakukan hal yang pertama dengan membersihkan ayam kampung yang sudah anda beli dari pasar. Membersihkan ayam kampung menjadi hal yang penting, karena kotoran dan kuman serta bulu-bulu halus yang mungkin masih menempel pada ayam harus dibersihkan secara merata sebelum ayam diolah menjadi hidangan yang enak dan sedap. Akan tetapi, sebelum itu potong-potong ayam dengan ukuran dan bentuk yang anda inginkan. Untuk potongan dengan ukuran besar, anda bisa memotongnya dengan banyak potongan yakni 4 bagian atau jika anda ingin potongan ayam menjadi lebih kecil atau ukuran sedang, maka potong ayam dengan ukuran 6-8 potong.
  2. Nah, setelah ayam dipotong secara merata, sekarang bersihkan ayam ke tampat cucian. Akan tetapi, sebelumnya masukkan ayam kedalam wadah dan bersihkan.
  3. Ditempat cucian, tempatkan ayam dibawah air yang mengalir dan bersihkan ayam kampung yang telah dipotong dengan sedikit diremas-remas sedikit bagian agar kuman dan kotor bisa dibersihkan.
  4. Bila ayam sudah bersih, angkat ayam dan masukkan kembali ayam kedalam wadah sebelumnya. Untuk kemudian silahkan tiriskan terlebih dahulu air cuciannya agar air tidak menggenang dalam wadah dan sisihkan sementara.
  5. Untuk menghilangkan atau mengurangi bau amis yang tercium pada ayam, maka silahkan lumuri ayam dengan menggunakan air perasan jeruk nipis dan berikan taburan garam sedikit saja untuk menambah rasanya agar lebih nikmat dan lezat. Setelah itu, diamkan sementara selama kurang lebih 15 menit.

Cara Membuat Ayam Bumbu Taliwang:

  1. Tumis terlebih dahulu bubu halus dalam wajan yang telah diberikan minyak dan sudah dipanaskan. Tumis bumbu ini hingga tercium bau harum yang enak dan bumbu menjadi lebih matang secara merata.
  2. Setelah itu, masukkan ayam kedalamnya dan aduk-aduk secara merata sampai ayam berubah warnanya menjadi lebih pucat.
  3. Tuangkan air kedalam tumsian bumbu dan ayam, dan masak dengan menggunakan api yang sedang sampai bumbu meresap kedalamnya dan ayam menjadi lebih empuk dan matang.
  4. Setelah ayam matang dna air menjadi surut, matikkan kompor dan angkat ayam dengan menggunakan capitan, lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  5. Siapkan pembakaran dan gunakan arang dengan api yang stabil. Letakkan potongan ayam dibagian atas bara api panggangan dan bakar ayam sampai matang dan berwarna kecoklatan. Jangan lupa dibulak-balik dan berikan bumbu untuk dioleskan pada ayam agar ayam bakar taliwang semakin lezat.

Nah, setelah ayam matang maka silahkan sajikan ayam ini dalam wadah atau piring saji untuk kemudian ayam akan siap dinikmati dan disantap saat masih hangat.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan teman dan sahabat anda dan jangan lupa berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons