Resep dan Cara Membuat Awug Tepung Beras Ketan yang Empuk, Legit dan Enak

 

Kue awug merupakan jajanan pasar yang sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Kue awug itu sendiri merupakan salah satu kue tradisional Indonesia.

Kue awug terbuat dari bahan dasar tepung ketan dan tepung beras, dengan cita rasa begitu manis dan enak serta tekstur kenyal dan lembut.  Karena begitu populernya kue ini, untuk itu keberadaannya bisa dengan mudah kita temukan. Bahkan kita bisa membelinya dengan harga yang cukup terjangkau. Kue ini sangat pas jika disajikan di tengah keluarga atau dijadikan kudapan untuk menjamu tamu.

Kue awug ini sebenarnya bisa anda buat dengan mudah di rumah. Oleh karena itu, untuk mendapatkannya anda tidak harus membelinya. Anda juga bisa membuat kue awug dengan kreasi sendiri. Anda bisa menambahkan bahan pelengkap atau membuat tampilannya menjadi lebih menarik. Jika pada umumnya kue awug hanya berwarna polos atau satu warna saja, maka ketika membuatnya sendiri  anda bisa memadukan dua warna sesuai dengan yang diinginkan. Seperti halnya resep kue awug yang kami sajikan di bawah ini. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue awug kali ini sederhana dan praktis. Cara membuatnya juga mudah. Di bawah ini resep dan cara membuat awug tepung beras yang empuk, legit dan enak.

RESEP AWUG TEPUNG BERAS KETAN

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Awug Tepung Ketan yang Empuk, Legit dan Enak

4.9 309

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

12 Bungkus

Bahan Bahan Awug Tepung Ketan yang Empuk, Legit dan Enak

  • 125 gram tepung ketan
  • 125 gram tepung beras
  • 150 gram gula pasir
  • 250 gram kelapa parut kasar
  • 1/2 sendok teh garam
  • 6 sendok makan air
  • Pewarna merah makanan secukupnya ( Anda bisa gunakan pewarna makanan dengan warna sesuai selera)

Cara Membuat Awug Tepung Beras Ketan yang Empuk, Legit dan Enak

  1. Pertama-tama langkah yang harus anda lakukan yaitu, siapkan wadah. Lalu masukan tepung ketan, tepung beras, garam, gula dan kelapa ke dalam wadah tersebut. Tambahkan air. Setelah itu, aduk-aduk semua bahan yang sudah dimasukan tersebut sampai tercampur merata atau hingga tepung berbutir-butir.
  2. Setelah itu, adonan yang sudah anda buat tadi bagi menjadi dua bagian.
  3. Untuk satu bagian adonan ditambahkan pewarna merah makanan. Lalu aduk-aduk sampai merata.
  4. Untuk bagian lainnya dibiarkan berwarna putih.
  5. Ambil loyang atau cetakan berbentuk persegi dengan ukuran kurang lebih 15 x 15 cm. Kemudian, olesi loyang dengan menggunakan minyak. Ambil adonan putih, lalu tuangkan adonan putih ke dalam loyang atau cetakan tersebut.
  6. Jika sudah, anda bisa langsung meratakan permukaannya.
  7. Selanjutnya, tambahkan adonan yang sudah diberi adonan berwarna merah. Ratakan kembali.
  8. Siapkan alat untuk mengukus. Lalu kukus awug sampai matang.
  9. Jika awug sudah matang anda bisa langsung mengangkatnya. Tunggu sampai sedikit dingin. Baru setelah itu potong-potong dengan ukuran sesuai selera. Siapkan piring atau tempat saji. Lalu simpan awug di atas piring saji, dan sajikan  selagi hangat agar lebih enak.

Kue tradisional yang satu ini akan lebih nikmat apabila disantap dengan ditemani secangkir teh atau kopi hangat.

Itulah resep dan cara membuat awug tepung ketan. Selamat mencoba.

Bagikan resep ini kepada saudara dan teman anda. Jangan lupa untuk menyertakan komentar atau pendapat pada kolom di bawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons