Resep dan Cara Membuat Awug Singkong yang Sederhana, Enak dan Legit

Kepopuleran awug sebagai salah satu hidangan tradisional tidak pernah pudar.

Mengapa tidak, cita rasanya sudah dikenal sejak zaman dahulu bahkan sampai saat ini. Para pecintanya pun tidak hanya orang tua saja, pasalnya kalangan anak-anak pun menyukainya.

Awug merupakan salah satu dari banyaknya hidangan khas yang berasal dari daerah Sunda atau Jawa Barat. Awug diolah dengan menggunakan tepung beras, kelapa parut, gula merah serta dimasak dengan cara yang unik.

Namun, selain tepung beras sebagai bahan utamanya, awug juga bisa dibuat dengan bahan utama singkong. Sehingga disebut dengan awug singkong.

Sama dengan awug pada umumnya, awug singkong juga dilengkapi dengan gula merah. Namun, yang membedakannya yaitu bagaimana cara menyajikan atau menghidangkannya. Yang mana awug singkong ini biasanya dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Rasa awug singkong ini tidak kalah enak dengan awug biasanya. Legitnya awug ini akan membuat anda ketagihan.

Keberadaan awug singkong itu sendiri bisa kita jumpai dengan mudah. Namun, bagi anda yang tinggal di luar daerah Sunda jangan merasa khawatir, karena untuk mencoba kenikmatannya anda tidak harus jauh-jauh membelinya, karena anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat awug singkong sederhana dan praktis.

Seperti apa cara membuatnya? Nah, bagi anda yang merasa penasaran simak saja langsung resep dan cara membuat awug singkong yang sederhana, legit dan enak di bawah ini.

RESEP AWUG SINGKONG

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Awug Singkong yang Sederhana, Enak dan Legit

4.7 135

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

14 Bungkus

Cara Membuat Awug Singkong yang Sederhana, Enak dan Legit

Bahan Bahan Untuk Awug Singkong yang Sederhana, Enak dan Legit

  • 200 gram singkong
  • 75 gram gula merah
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 gram tepung beras
  • 25 gram gula pasir
  • 100 gram kelapa parut kasar

Bahan Tambahan

Daun pisang

Cara Membuat Awug Singkong yang Sederhana, Enak dan Legit

Cara Menyiapkan Bahan Awug Singkong

  1. Pertama kali langkah yang harus dilakukan yaitu mengupas singkong yang sudah disiapkan. Jika singkong sudah dikupas, anda bisa langsung mencucinya sampai bersih.
  2. Setelah itu, parut kasar singkong tersebut.
  3. Cincang atau sisir kasar gula merah.
  4. Bersihkan daun pisang.

Cara Membuat Awug Singkong

  1. Siapkan wadah, lalu masukan semua bahan-bahan yan sudah anda siapkan seperti tepung beras singkong yang sudah diparut, kelapa parut, gula merah, gula pasir dan garam. Aduk-aduk semua bahan tersebut sampai tercampur rata.
  2. Ambil daun pisang yang sudah dibersihkan tadi. Lalu ambil adonan secukupnya saja dan simpan di atas daun pisang. Lalu bungkus adonan awug. Agar tidak terlepas alangkah lebih baiknya rekatkan dengan menggunakan lidi pada ujungnya. Lakukan langkah yang sama sampai semua adonan habis.
  3. Setelah itu, siapkan alat untuk mengukus. Kukus semua adonan yang sudah dibungkus tersebut sampai matang atau selama kurang lebih 25 menit dengan menggunakan api sedang.
  4. Apabila sudah matang, matikan kompor dan angkat awug.
  5. Diamkan sampai awug tidak terlalu panas. Baru setelah itu anda bisa langsung menyajikannya.
  6. Awug singkong sudah siap untuk dinikmati. Santap bersama dengan teh hangat agar lebih lengkap.

Itulah resep dan cara membuat awug singkong. Selamat mencoba.

Share resep ini kepada teman-teman anda. Jangan lupa untuk menyertakan komentar pada kolom komentar di bawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons