Resep dan Cara Membuat Asem-Asem Ikan Cucut Asin Spesial

Ikan cucut salah satu ikan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia serta Mancanegara.

Ikan cucut dengan bentuk yang pipih ataupun ramping ini banyak sekali di temukan di perairan Nusantara. Ikan cucut diyakini banyak sekali manfaat yang bisa didapat bahkan semua organ bagian tubuhnya memiliki masing-masing manfaat bagi kesehatan tubuh. Ikan seperti yang kita ketahui banyak sekali kandungan gizi serta nutrisi, kandungan yang banyak pada ikan adalah protein yang tinggi dan juga kandungan omega 3, dan pada ikan cucut juga terdapat kandungan tersebut. kandungan tersebut juga sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak dan juga diyakini mampu mencerdaskan otak sang anak.

Nah, bagi anda yang ingin mencoba masakan ikan cucut asin tentunya tidaklah sulit kami akan memberikan resep serta cara memasaknya. Untuk mendapatkan ikan cucut juga sangatlah mudah karena banyak tersedia di pasar traisional serta di supermarket. Baiklah, penasaran bagaimana Resep dan Cara Membuat Asem-Asem Ikan Cucut Asin Spesial, rasa yang asem dari belimbing wuluh inilah yang menjadikan masakan ikan cucut ini menjadi sangat khas. Berikut resep serta cara memasaknya, yuk kita lihat langkah-langkahnya dibawah ini.

resep asem-asem ikan cucut

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Asem-Asem Ikan Cucut Asin Spesial

4.7 204

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Asem-Asem Ikan Cucut Asin Spesial

Bahan dan Bumbu

  • 250 gram ikan cucut asin
  • 4 buah bawang merah, diiris tipis
  • 3 buah bawang putih, diiris tipis
  • 1 buah cabai merah besar,diiris-iris
  • 1 buah cabai besar hijau, iris-iris
  • 2 cm kunyit, dibakar
  • 1/2 sendok makan kecap manis
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 6 buah belimbing wuluh
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 800 Cc air putih
  • minyak sayur secukupnya

Cara Membuat Asem-Asem Ikan Cucut Asin Spesial

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah siapkan wadah kemudian simpan ikan cucut asin kemudian siram menggunakan air panas, rendam sebentar. Angkat dan tiriskan
  2. Setelah itu panaskan minyak goreng, kemudian tumis bahan bumbu berpa kunyit, cabai merah, cabai hijau, bawang merah dan juga bawang putih hingga harum. Setelah itu masukan air, aduk hingga merata dan diamkan hingga mendidih.
  3. Setelah itu masukan garam, merica bubuk, dan juga kecap asin, aduk hingga merata.
  4. Setelah itu baru masukan belimbing wuluh, lalu disususl dengan ikan cucut asin, lalu tambahkan pula air asam jawa. Aduk-aduk hingga merata dan matang.
  5. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Asem-Asem Ikan Cucut Asin Spesial yang bisa anda coba buat dirumah. Bahan yang mudah ditemukan serta cara memasaknya sangat mudah dan parktis. Kelezatan dari masakan ini adalah rasa asem yang sangat kental ditambah dengan dagingnya ikan cucut yang gurih membuat masakan ini banyak diminati oleh para pecinta kuliner. Sajikan asem-sem ikan cucut asin ini bersama dengan nasi putih serta ditambah dengan makanan lainnya baik berupa goreng tempe serta goreng tahu ditambah dengan kerupuk akan membuat makan anda semakin special. Dengan membuat masakan asem-asem ikan cucut asin ini tentunya akan menambah koleksi dalam menu makan harian anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa untuk membagikan Resep dan Cara Membuat Asem-Asem Ikan Cucut Asin Spesial kepada teman, keluarga sertta kerabat anda dimanapun berada, serta jangan lupa juga untuk memberikan koemtar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons