Resep dan Cara Memasak Tumis Kapri Cumi yang Lezat, Enak dan Sederhana

Sajian tumis kapri cumi adalah sajian yang lezat.

Hidangan ini pun cocok dijadikan menu hidangan utama untuk santap makan anda. Bukan hanya nikmat disantap untuk makan siang, hidangan ini bisa juga dijadikan menu makan malam yang lezat namun mudah untuk dibuat. Yuk, simak seperti apa membuat tumis kapri cumi yang lezat berikut ini.

tumis kapri cumi2

Nama Resep

Resep dan Cara Memasak Tumis Kapri Cumi yang Lezat, Enak dan Sederhana

4.8 354

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Tumis Kapri Cumi yang Lezat, Enak dan Sederhana

Bahan Utama Untuk Tumisan:

  • 100 g kapri manis
  • 300 g cumi-cumi
  • 50 g jagung manis

Bahan dan Bumbu Tumisan:

  • 1 bh jeruk nipis, ambil airnya
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 2 bh cabai hijau besar, iris serong
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 cm jahe, memarkan
  • 2 siung bawang putih,cincang halus
  • 2 bh cabai merah besar, iris serong

Cara Memasak Tumis Kapri Cumi yang Lezat, Enak dan Sederhana

Tips Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Lakukan hal yang pertama dengan mempersiapkan bahan-bahan utama. Hal ini penting sekali, karena selain untuk membersihkan bahan-bahan tersebut, juga hal ini dimaksudkan bahan-bahan diatas perlu dipotong terlebih dahulu sebelum dimasak menjadi hidangan yang lezat. Akan tetapi, sebelum terburu memotong, sebaiknya anda persiapkan terlebih dahulu peralatan untuk memotong bahan-bahan tersebut. Bahan tersebut diantaranya adalah pisau, talenan dan juga beberapa wadah yang mana wadah tersebut akan kita gunakan untuk menampung bahan-bahan yang sudah dipotong.
  2. Untuk bahan pertama yang akan dipotong adalah kapri. Ada beberapa bagian pada kapri yang harus dibuang. Bagian tersebut adalah serat dibagian pinggir kapri dan juga ujung runcing pada kapri. Untuk membersihkan bagian ini, anda bisa melakukannya dengan memotong bagian runcing dengan pisau hingga bagian tersebut hampir putus. Lalu tarik kebagian luar dan bersihkan bersama dengan bagian serat secara merata.
  3. Selesai memotong dan membersihkan serat, masukkan kapri kedalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  4. Untuk jagung manis, silahkan bersikan terlebih dahulu jagung manis dari cangkang, rambut dan juga bonggolnya. Anda bisa menggunakan bantuan pisau jika anda kesulitan melakukan hal yang satu ini.
  5. Setelah jagung bersih, silahkan pipil jagung dengan menggunakan tangan hingga semua bagiannya terpipil merata. Setelah dipipil, masukkan jagung kedalam wadah dan sisihkan sementara.
  6. Sementara untuk cumi-cumi, bersihkan cumi dari kotoran dan kumannya secara merata. Cuci dengan air bersih dan angkat cumi yang sudah dicuci. Kemudian, potong-potong cumi dengan bentuk bulat atau bentuk cincin. Masukkan dalam wadah dan sisihkan.
  7. Terakhir, silahkan bersihkan semua sayuran yang telah dipotong dan cuci dengan menggunakan air bersih secara merata. Jika sudah bersih, angkat sayuran dan tiriskan air cuciannya sementara.

Cara Membuat Tumis Kapri Cumi:

  1. Pertama, lumuri cumi dengan air jeruk nipis, garam dan juga merica bubuk. Aduk-aduk dan remas-remas secara merata dan diamkan sejenak selama kurang lebih 10 menit sampai bumbu yang anda lumurkan meresap kedalam daging cumi secara merata.
  2. Kemudian sambil menunggu, silahkan panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bawang putih bersama dengan beberapa bumbu lain seperi jahe, cabai merah besar dan juga cabai hijau. Aduk-aduk secara merata dan tumis bahan ini hingga harum secara merata.
  3. Masukka kapri manis yang sudah dibersihkan bersama dengan jagung pipil. Aduk-aduk secara merata hingga bahan ini layu.
  4. Tuangkan air kedalamnya dan masak hingga air mendidih secara merata. Masukkan cumi kedalam tumisan bumbu dan masak hingga matang secara merata.

Setelah matang, sajikan hidangan ini untuk keluarga dirumah. Anda pun bisa segera menikmati hidangan ini selagi masih hangat agar rasanya lebih lezat.

Jangan lupa berikan pula komentar anda dibawah ini dan share resep spesial ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons