Resep dan Cara Memasak Tumis Jagung Pipil Cumi Asin yang Enak, Sedap dan Istimewa

Hidangan tumis jagung pipil yang dipadu bersama dengan cumi asin adalah sajian yang enak.

Kombinasi sari manis dari jagung dan rasa asin dari daging cumi akan membawa selera yang nikmat dilidah anda. Untuk itu, yuk simak langsung seperti apa sih resep membuat tumis jagung pipil cumi asin berikut ini.

tumis jagung pipil cumi asin

Nama Resep

Resep dan Cara Memasak Tumis Jagung Pipil Cumi Asin yang Enak, Sedap dan Istimewa

4.8 315

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Tumis Jagung Pipil Cumi Asin yang Enak, Sedap dan Istimewa

Bahan Utama Tumisan:

  • 3 buah jagung muda
  • 250 gr cumi asin
  • 100 gr buncis

Bumbu Untuk Tumisan:

  • 4 siung bawang putih, iris
  • sedikit merica bubuk
  • 6 siung bawang merah, iris
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa ayam secukupnya
  • 20 buah cabai hijau besar, iris serong
  • minyak untuk menumis

Bahan Pelengkap Tumisan:

  • Bawang goreng
  • Nasi hangat
  • Cabai kering bubuk (jika suka)

Cara Memasak Tumis Jagung Pipil Cumi Asin yang Enak, Sedap dan Istimewa

Tips Mempersiapkan Bahan Utama Sebelum Memasak:

  1. Yang pertama kali bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan bahan utama. Hal ini tentunya penting sekali, karena sebelum dimasak bahan-bahan ini harus dibersihkan dan dipotong terlebih dahulu sehingga ketika dimasak akan menghasilkan cita rasa yang enak dan lezat.
  2. Kita awali dengan membersihkan cumi asin terlebih dahlu. Untuk membersihkan cumi asin mungkin akan memakan waktu yang lebih lama karena cumi harus direndam terlebih dahulu untuk menghilangkan kelebihan garamnya. Untuk itu, silahkan siapkan air dalam mangkuk dan masukkan cumi asin kedalamnya. Rendam dan sisihkan selama kurang lebih 20 menit.
  3. Selagi menunggu cumi direndam, silahkan lanjutkan dengan membersihkan sayuran lainnya seperti jagung manis. Caranya, bersihkan terlebih dahulu jagung manis dari kulit, bonggol dan juga rambut jagungnya secara merata hingga bersih.
  4. Setelah itu, baru silahkan pipil jagung dengan menggunakan tangan hingga jagung terpipil secara keseluruhan. Lalu masukkan jagung kedalam wadah dan sisihkan sementara.
  5. Selanjutnya, bersihkan pula buncis dari seratnya. Lalu potong-potong buncis dengan menggunakan pisau dengan panjang kurang lebih 1 cm. Kemudian, masukkan buncis dalam wadah yang sama seperti anda memasukan jagung. Lalu sisihkan kembali.
  6. Kemudian, bersihkan sayuran yang telah dipotong-potong dengan menggunakan air bersih secara merata. Pastikan jika anda membersihkan kotoran pada sayuran dengan baik.
  7. Lalu, potong-potong cumi menjadi dua bagian dan lakukan hal yang sama pada bagian cumi yang masih tersisa. Masukkan kembali dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum kita masak bumbunya.

Cara Membuat Tumis Jagung Pipil Cumi Asin:

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih dalam wajan yang telah diberikan miyak dan sudah dipanaskan secara merata. Silahkan tumis bahan-bahan diatas hingga tercium bau harum yang sedap dan lezat.
  2. Kemudian, masukan cabai hijau bersama dengan jagung muda yang sudah dipipil. Lagi, aduk-aduk secara merata hingga bahan tercampur menjadi lebih layu.
  3. Masukkan potongan cumi asi kedalamnya bersama dengan bahan-bahan lainnya. Cicipi rasanya hingga pas dan jika belum, silahkan sesuaikan dengan selera anda.
  4. Masak hingga bumbu meresap dan tuangkan sedikit air kedalamnya. Tunggu hingga mendidih sampai bumbu meresap kedalam bahan-bahan secara merata.

Setelah tumisa matang, silahkan angkat sajian ini dan hidangkan untuk keluarga anda dirumah.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons