Resep dan Cara Memasak Sayur Asam/Asem Kangkung yang Sederhana dan Nikmat

‘Sayur asem’ itulah nama sayur yang memiliki cita rasa nikmat dan menggugah nafsu makan, sayur asem ini adalah sayur khas yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia. Sayur ini memiliki berbagai jenis variasi sesuai dengan bahan serta bumbu yang melengkapinya.

Keitismewaan dan ciri khas sayur yang satu ini terletak dari kuah itu sendiri. Untuk bahan serta bumbu biasanya memiliki persamaan. Namun disamping bahan yang selama ini digunakan untuk membuat hidangan sayur asem, ternyata kita pun bisa menggunakan bahan atau sayuran yang berbeda dari biasanya. Dimana bahan yang dimaksud yaitu kangkung.

Sayur asem kangkung ini memang sedikit asing ketika pertama kali didengar ditelinga, namun siapa sangka sayur asem yang satu ini memiliki penggemar yang tidak kalah banyak dengan hidangan sayur asem yang lainnya. Sayur asem kangkung ini sangat unik sekali, cita rasa kuah yang gurih dan asam yang dikolaborasikan dengan bahan pelengkap kangkung menjadikan sayur asem ini lebih istimewa dan spesial.

Nah bagi anda yang merasa bosan dengan sayur asem yang itu-itu saja, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba memasak sayur asem yang satu ini untuk disajikan di tengah-tengah keluarga tercinta. Cara memasak hidangan sayur asem kangkung ini sangat sederhana dan praktis sekali. Bagi anda yang invin mencoba memasaknya jangan perlu merasa khawatir karena kami di sini akan menyajikan resep komplit dengan cara membuatnya. Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung simak resep dan cara membuat sayur asem kangkung yang sederhana di bawah ini.

Resep sayur asem kangkung

 

Nama Resep

Resep dan Cara Memasak Sayur Asam/Asem Kangkung yang Sederhana dan Nikmat

4.6 133

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan dan Bumbu yang Dibutuhkan Untuk Memasak Sayur Asam/Asem Kangkung Sederhana dan Nikmat

Bahan Utama Sayur Asem Kangkung

  • 2 ikat atau 300 gram kangkung
  • 5 buah belimbing wuluh atau disesuaikan selera
  • 1 buah atau 250 gram jagung manis
  • 1.500 ml air kaldu ayam

Bumbu Sayur Asem Kangkung

  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas memarkan
  • 2 1/2 sendok teh garam atau secukupnya
  • 1/2 sendok makan gula pasir atau secukupnya
  • 1/2 sendok teh terasi bakar

Cara Memasak Sayur Asam/Asem Kangkung Sederhana dan Nikmat

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Sayur Asam/Asem Kangkung

  1. Pertama-tama cuci bersih kangkung, lalu potong sesuai dengan selera masing-masing.
  2. Lalu, potong melingkar jagung manis yang telah disiapkan.
  3. Iris tipis bawang merah dan bawang putih.
  4. Memarkan lengkuas dan haluskan terasi bakar.

Cara Memasak Sayur Asam/Asem Kangkung

  1. Setelah menyiapkan bahan dan bumbu, hal yang harus anda lakukan yaitu didihkan air kaldu ayam yang telah anda siapkan sebelumnya. Lalu masukan bawang merah, bawang putih, daun salam dan lengkuas hingga tercium harum.
  2. Kemudian, masukan jagung manis yang telah dipotong, garam dan gula secukupnya. Aduk sampai merata, lalu masak hingga air kembali mendidih.
  3. Selanjutnya, tambahkan kangkung dan belimbing wuluh. Masak kembali hingga semua bahan benar-benar matang.

Itulah resep dan cara membuat sayur asam/asem kangkung yang sederhana. Sajikan sayur asem ini dalam keadaan hangat. Untuk lebih nikmatnya anda bisa menyantapnya dengan nasi hangat serta lauk pauk pelengkap lainnya. Jika anda suka pedas, maka anda pun bisa menambahkan sambal. Selamat mencoba dan selamat menikmati. Jangan lupa bagikan resep ini kepada teman dan orang-orang disekitar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons