Resep dan Cara Memasak Sambal Goreng Kerang Tempe Sajian Seafood yang Enak, Mantap dan Lezat

menu kerang memang selalu menggugah selera makan dan mengundang orang untuk mencicipinya.

Kenikmatan rasa yang dimiliki kerang serta kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh menjadi hal-hal yang bisa anda dapatkan ketika menkonsumsi menu sajian yang satu ini. meskipun dmeikian perlu diperhatikan kebersihan dari kerang serta teknik pengolahannya yang tepat, sebab kerang merupakan jenis binatang yang tidak memiliki hati unutk memfilter kandungan-kandungan berbahaya yang mungkin saja bisa terserap ke dalam dagingnya.

Oleh karena itu, bagi anda yang menyukai hidangan kerang namun khawatir dengan pengolahannya yang kurang baik, anda bisa mencoba mengolahnya sendiri di rumah sehingga kebersihan dan teknik pengolahannya bisa anda tentukan sendiri. Berikut resep dari bahn kerang, yakni sambal goreng kerang tempe. Menu ini memadukan antara tempe dan nikmatnya kerang. Berikut resep yang bisa anda ikuti.

22

Nama Resep

Resep dan Cara Memasak Sambal Goreng Kerang Tempe Sajian Seafood yang Enak, Mantap dan Lezat
4.8 111

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Orang

Bahan serta Bumbu Sajian Sambal Goreng Kerang Tempe

Bahan Utama serta Bumbu Masak

  • ½ kg kerang, sisihkan cangkangnya, kemudian bersihkan
  • 1 papan tempe, potong bentuk dadu, kemudian goreng setengah matang
  • 4 siung bawang putih, potong tipis
  • 6 butir bawang merah, iris halus
  • 3 buah cabai merah besar, iris halus
  • 3 buah cabe hijau besar, iris halus
  • 5 buah cabe rawit, iris halus
  • ½ ruas lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok makan larutan air asam jawa
  • 3 sendok makan kecap manis
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula

Cara Pembuatan Olahan sambal Goreng Kerang Tempe

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Siapkan terlebih dahulu wajan dan minyak panas kemudian anda tumis beberapa bahan setelah minyak panas. Adapun bahan-bahan yang ditumis anatara lain adalah, bawang putih dan merah, cabai hijau dan rawit. Tumis semuanya sampai harum.
  2. Selang beberapa saat masukan juga bahan lain, yakni daun salam dan lengkuas. Masak sampai layu dan matang.
  3. Setelah semua bahan tersebut terlihat matang dan harum anda bisa mulai memasukan kerang dan juga tempe sebagai bahan utama dari olahan yang anda buat, dan jangan lupa untuk kemudian meambahkan sedikit air dalam wajan masakan anda.
  4. Setelah beberapa saat mengaduk, kemudian masukan bahan-bahan perasa makanan, antara lain garam, gula, air asam jawa serta kecap manis ke dalam masakan anda . aduk sampai merata dengan bahan-bahan lainnya dan air menyusut.
  5. Jangan lupa untuk mencicipi rasa dari masakan anda. masak sampai bumbu tersebut meresap ke dalam masakan anda dan air kuahnya terlhat menyusut.
  6. Setelah dirasa cukup matang dan kuah menyusut, anda bisa mengangkat sajian tersebut dan meletakannya di dalam piring saji.
  7. Berikan hiasan dan tata secara cantik, kemudian sajikan selagi masih hangat.

beritulah resep sajian spesial hidangan seafood berbahan dasar kerang. Dengan memadukan kerang dengan tempe dibalut bumbu masak yang nikmat sajian ini sangat pas untuk anda simpan dan jaduikan sebagai salahsatu resep andalan untuk memberikan sajian-sajian mantap bagi orang-orang terdekat anda.

Bagikam resep sajian ini melalui media sosial yang anda miliki dengan cara menekan tombol share yang berada di bagian bawah artikel. Anda juga bisa berbagi komentar seputar mneu sajian kerang ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons