Resep dan Cara Memasak Sajian Sedap Sayur Asem Khas Jawa Tengah yang Sederhana, Enak dan Praktis

Sayur asem merupakan hidangan sayur yang memiliki cita rasa gurih dengan kuah yang sedikit asem.

Sayur ini adalah sayur legendaris masyarakat Indonesia. Sampai saat ini sayur asem masih diminati banyak orang karena rasanya yang khas serta mampu menggugah selera. Sayur asem bukan hanya sekedar sayur asem saja. Sayur yang selama ini kita santap ini ternyata memiliki berbagai macam jenis atau variasi. Dimana jenis sayur yang satu ini disesuaikan dengan bahan-bahan yang digunakan serta daerah sayur ini berasal. Nah, dari banyaknya jenis atau variasi ada salah satu sayur asem yang tidak kalah nikmat dengan sayur asem yang lainnya yaitu sayur asem khas Jawa Tengah

Sajian yang sederhana namun spesial ini diminati bukan hanya masyarakat Jawa Tengah saja, justru daerah lain pun menyukainya. Kuah yang sedikit asem yang berasal dari bahan alami tidak hanya akan menggugah nasfus makan kita saja, melainkan juga akan menyegarka terlebih lagi jika kita menyantapnya di siang hari.

Sayur asam Jawa Tengah ini sangat nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat dengan dilengkapi nasi hangat serta lauk pauk sederhana seperti tempe, ikan asin, sambel dan kerupuk. Dengan adanya lauk pelengkap tersebut maka acara makan anda pun akan menajdi lebih istimewa dan spesial.

Jika anda bertanya, apakah cara membuat sayur yang satu ini susah? Tidak, semua orang pastinya tahu bahwa proses membuat sayur yang satu ini sangat sederhana dan praktis. Meskipun anda belum pernah mencoba membuatnya sama sekali tetapi di jamin anda tidak akan merasa kesulitan. Nah, jika anda ingin mencoba membuatnya di bawah ini kami sajikan resep dan cara memasak sajian sedap sayur asem khas Jawa Tengah sebagai panduan untuk anda.

Baca Juga  Resep Acar Kuning Enak

resep sayur asem jawa tengah

resep sayur asem jawa tengah
5 from 1 vote
Print

Resep Sayur Asem Nikmat dan Praktis

Membuat sayur yang satu ini sangat sederhana dan praktis. Meskipun anda belum pernah mencoba membuatnya sama sekali tetapi di jamin anda tidak akan merasa kesulitan. Nah, jika anda ingin mencoba membuatnya di bawah ini kami sajikan resep dan cara memasak sajian sedap sayur asem khas Jawa Tengah sebagai panduan untuk anda.

Sajian Main Course
Masakan Indonesian
Keyword cara membuat sayur asem, resep sayur asem, sayur asem
Waktu Persiapan 20 minutes
Waktu Memasak 25 minutes
Total Waktu 45 minutes
Porsi 6 Orang
Kalori 80 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama Resep Sayur Asem

  • 1 ikat Kacang panjang
  • 1 buah labu siam
  • 250 gram kacang panjang
  • 50 gram Melinjo
  • 3 buah Jagung manis
  • 1,5 liter air
  • 1 sdm air asam jawa

Bumbu Resep Sayur Asem

  • 4 siung Bawang putih
  • 8 butir Bawang merah
  • 3 cm lengkuas
  • 3 buah cabai merah
  • 2 sdt gula pasir Disesuaikan selera
  • 1/4 sdt Garam Disesuaikan selera

Langkah-langkah

Cara Menyiapkan Bahan Sayur Asem

  1. Pertama-tama yang harus anda lakukan yaitu memotong kacang panjang. Potong kacang panjang yang telah anda siapkan dengan ukuran 3-4 cm atau sesuai selera.

  2. Potong labu siam berbentuk dadu dan potong jagung manis dengan bentuk melingkar serta ukuran disesuaikan dengan selera.

  3. Haluskan bumbu yang telah disiapkan hingga benar-benar halus.

CARA MEMASAK SAJIAN SEDAP SAYUR ASEM

  1. Setelah menyiapkan bahan dan membuat bumbu, kemudian rebus air hingga mendidih. Setelah mendidih, masukan semua bumbu yang telah disiapkan.

  2. Kemudian masukan kacang tanah, melinjo dan jagung. Masak semua bahan hingga setengah matang.

  3. Selanjutnya, masukan labu siam dan kacang panjang. Tambahkan garam dan gula pasir secukupnya, aduk sampai merata.

  4. Masak semua bahan hingga matang dan bumbu meresap.

Catatan Resep

Tips Agar Sayur Asem Semakin Enak

Cara membuat sayur asem cukup mudah. Namun, meskipun begitu beberapa orang merasa tidak bisa membuat sayur asem yang nikmat. Oleh karena itu, agar sajian sayur asem yang anda buat lebih enak, mari simak tips di bawah ini.

  • Kuah sayur asem memiliki rasa yang enak dan segar. Kuah yang enak itu sendiri asalnya dari bumbu, serta kaldu sayuran. Nah, agar lebih enak, anda bisa menambahkan daging maupun ikan asin. Rasanya akan semakin gurih dan enak.
  • Bumbu sayur asem bisa menggunakan bumbu iris ataupun bumbu yang sudah dihaluskan. Nah, agar menambah aroma dari sajian sayur asem, anda bisa menambahkan daun salam dan lengkuas. Agar rasanya semakin enak, pastikan anda menggunakan bumbu yang cukup banyak. Karena sayur asem biasanya memakai kuah yang banyak.
  • Meskipun sudah menambahkan asam, namun anda juga bisa menambahkan tomat supaya rasanya semakin segar. Atau asam bisa diganti dengan belimbing wuluh.
  • Jika ingin sajian sayur asem yang lebih pedas dan segar, anda bisa menambahkan cabai merah lagi sesuai selera.
  • Agar sayur asem matang sempurna dan semua sayuran matang dengan merata, maka anda harus memasukan sayuran yang paling keras terlebih dahulu. Sayuran yang paling keras memerlukan waktu yang lebih lama untuk dimasak seperti melinjo, nangka dan jagung.
  • Ketika merebus bahan-bahan tersebut bumbu serta asam sudah terlebih dahulu dimasukan supaya rasanya dapat meresap dengan sempurna pada sayuran. Selanjutnya anda bisa memasukan bahan-bahan lainnya.

Nah, itulah resep dan cara membuat sayur asem yang enak. Anda juga dapat mengikuti beberapa tips di atas agar rasa dari sayur asem semakin sedap. Selamat mencoba di rumah.

 

 

Berikut video yang bisa jadikan referensi anda dalam membuat sayur asem.

Itulah resep dan cara memasak sajian sedap sayur asem khas Jawa Tengah yang sederhana, enak dan praktis. Semoga dengan adanya resep ini pengetahuan akan resep masakan anda semakin bertambah. Selamat mencoba dan selamat menikmati. Jangan lupa bagikan resep sayur asem ini kepada teman dan orang-orang terdekat anda.

2 pemikiran pada “Resep dan Cara Memasak Sajian Sedap Sayur Asem Khas Jawa Tengah yang Sederhana, Enak dan Praktis”

Tinggalkan komentar

Rating Resep