Resep dan Cara Memasak Sajian Ikan Nila Kukus yang Enak, Sederhana dan Mudah

Anda tentu sudah tidak asing dengan sajian ikan nila kukus yang sedap?

Hidangan ikan nila dengan bumbu yang sedap dan nikmat ini membuat selera makan seringkali tergugah saat baru saja mendengar namanya. Nah, untuk bisa menghidangkan sajian ini, maka kita simak yuk resepnya berikut ini.

 resep ikan nila kukus

Nama Resep

Resep dan Cara Memasak Sajian Ikan Nila Kukus yang Enak, Sederhana dan Mudah

4.6 87

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sajian Ikan Nila Kukus yang Enak, Sederhana dan Mudah

Bahan Utama Ikan Nila Kukus:

  • 2 buah ikan nila merah
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok teh air jeruk nipis

Bumbu-Bumbu Ikan Nila Kukus:

  • 3 cm jahe, diiris korek api
  • 2 sendok teh kecap ikan
  • 1 sendok teh kecap manis
  • 3 siung bawang putih, memarkan, iris halus
  • 1 1/2 sendok makan taoco
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 3 tangkai kucai, dipotong panjang

Cara Memasak Sajian Ikan Nila Kukus yang Enak, Sederhana dan Mudah

Cara Mengolah Ikan Nila Sebelum Dimasak:

  1. 1. Hal pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu untuk memulai langkah kali ini adalah dengan membersihkan ikan nila yang sudah dipersiapkan. Namun tentunya selain membersihkan bahan utama, penting juga untuk anda membersihkan bahan-bahan lain yang anda gunakan. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah pencemaran bakteri pada hidangan yang kita buat.
  2. 2. Sementara itu, untuk membersihkan ikan nila bisa diawali dengan membersihkan insang pada kepala ikan secara merata. Mengeluarkan insang ikan bisa juga dilakukan dengan cara mengeluarkannya menggunakan tangan dan buang insang yang sudah anda keluarkan.
  3. 3. Jika sudah selesai membersihkan insang pada ikan, selanjutnya lakukan dengan menyisik sisik ikan hingga bersih. Untuk menyisik sisik ikan anda bisa melakukannya dengan cara menyisik ikan menggunakan alat bantu seperti pisau atau sendok dan sisik ikan dengan arah berlawanan dari arah sisik ikan.
  4. 4. Selanjutnya, bersihkan pula isi perut ikan dengan cara membelah perut ikan dan mengeluarkan isinya dengan menggunakan tangan dan bersihkan bagian dalam perut ikan hingga tidak ada kotoran yang tersisa.
  5. 5. Selesai membersihkan ikan nila, kita akan berikan lumuran jeruk nipis dan taburan garam pada ikan untuk menghilangkan bau yang menempel pada ikan. Lalu sisihkan selama kurang lebih 15 menit setelah diberikan bumbu pelumur.

Cara Membuat Ikan Nila Kukus:

  1. Pertama, jika ikan telah didiamkan selama kurang lebih 15 menit. Sekarang kita akan masukkan ikan kedalam pinggan tahan panas.
  2. Lalu tambahkan semua bahan bumbu seperti kucai, bawang putih, jahe yang telah dipotong, gula, garam, kecap manis, kecap ikan dan taoco.
  3. Tutup pinggan dengan menggunakan almunium foil atau penutup yang tahan panas.
  4. Siapkan kukusan, tunggu hingga kukusan panas dan masukkan ikan yang sudah diberikan bumbu kedalamnya. Lalu kukus selama kurang lebih 30 menit atau hingga ikan matang secara merata.

Setelah ikan matang anda akan siap mengangkatnya dari kukusan dan menyajikannya pada wadah yang telah disiapkan. Hidangkan kelezatan sajian ikan nila kukus yang istimewa dan lezat. Sajian ini akan terasa lebih nikmat dan lebih lezat jika disantap dan dinikmati selagi masih hangat. Demikian resep dan cara membuat sajian ikan nila kukus.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons