Resep dan Cara Memasak Oseng-Oseng Ikan Asin Jambal Roti yang Pedas, Enak dan Mudah

Hidangan oseng-oseng ikan asin jambal roti adalah hidangan yang enak dan lezat.

Kombinasi bumbu dan rempah yang begitu lezat membuatnya menjadi sebuah hidangan yang enak dan sedap. Nah, agar ada juga bisa menghidangkan sajian ini dirumah, maka mari kita simak langsung resep berikut ini.

ikan jambal roti oseng oseng

Nama Resep

Resep dan Cara Memasak Oseng-Oseng Ikan Asin Jambal Roti yang Pedas, Enak dan Mudah

4.6 109

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Oseng-Oseng Ikan Asin Jambal Roti yang Pedas, Enak dan Mudah

  • 200 gram ikan asin jambal roti
  • 5 siung bawang putih, diiris
  • 2 buah tomat merah, dipotong – potong
  • 4 buah cabai merah, diiris serong
  • 100 ml air
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, geprek
  • 4 buah cabai hijau, diiris serong
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih

Cara Memasak Oseng-Oseng Ikan Asin Jambal Roti yang Pedas, Enak dan Mudah

Tips Untuk Mempersiapkan Ikan Jambal Roti Sebelum Dimasak:

  1. Untuk yang pertama bisa dilakukan adalah dengan membersihkan terlebih dahulu ikan asin jambal roti yang sudah dibeli. Namun sebelum itu, adapun tips penting yang perlu anda ketahui ketika memilih ikan asin jambal roti adalah dengan memilih ikan berkualitas tinggi. Caranya, pilih ikan asin dengan daging tebal dan bagian daging yang masih terlihat segar. Ikan asin yang berkualitas tinggi umumnya bisa dicirikan dengan permukaan daging yang segar, tidak pucat atau berwarna kehijauan.
  2. Nah, untuk membersihkan ikan asin jambal roti yang pertama, bisa dilakukan dengan membersihkan bagian permukaan ikan secara merata. Selain itu, jika anda ingin menghilangkan bagian tulang pada ikan, maka silahkan buang bagian tulang dan gunakan bagian dagingnya saja.
  3. Kemudian, setelah itu, potong-potong daging ikan asin jambal roti dengan bentuk sesuai dengan selera serta ukuran yang anda inginkan.
  4. Selesai memotong-motong ikan, kita siapkan panci diatas kompor dan tuangkan air kedalamnya. Gunakan api yang sedang dan didihkan air hingga panas secara merata.
  5. Masukkan ikan jambal roti yang telah dipotong-potong kedalam mangkuk atau wadah dan tuangkan air panas kedalamnya. Untuk kemudian, ikan direndam dengan air panas secara merata. Setelah itu, sisihkan sementara.

Cara Membuat Oseng-Oseng Ikan Asin Jambal Roti:

  1. Sementara menunggu ikan asin direndam untuk menghilangkan kelebihan garam pada ikan. Sekarang, siapkan wajan, letakan diatas kompor dan gunakan api yang sedang.
  2. Tuangkan minyak kedalam wajan dan tungu hingga minyak panas secara merata. Setelah itu, baru goreng ikan asin hingga matang dan berwarna keemasan. Angkat ikan dan sisihkan semetara.
  3. Panaskan kembali minyak dalam wajan, hanya saja kali ini minyak yang digunakan tidak terlalu banyak karena kita akan menumis bumbu.
  4. Setelah minyak panas, tumis bawang putih bersama dengan bawang merah hingga harum dan tercium sedap.
  5. Setelah itu, masukkan cabai kedalamnya dan aduk-aduk hingga bahan ini menjadi layu.
  6. Setelah itu, baru masukkan potongan tomat bersama dengan ikan asin jambal roti yang sudah digoreng. Aduk-aduk merata dan tuangkan air kedalamnya. Masukkan pula gula, garam dan penyedap dan aduk-aduk merata hingga komposisi bumbu dirasa sudah pas. Setelah itu, masak hingga bumbu meresap kedalam daging ikan.

Setelah matang, angkat ikan dan sajikan untuk keluarga tercinta. Semoga resep ini bermanfaat dan bisa dipraktikan dirumah dengan mudah.

Jangan lupa share resep spesial ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Bella

Bella

Author at Selerasa
Istri yang hobi makan dan anak dari ibu yang jago masak sampe punya usaha katering kecil-kecilan dengan segala keterbatasannya akhirnya mulai bisa masak dan seneng eksperimen di dapur. Currently penulis, yang pada akhirnya jadi penulis resep adalah profesi yang dianggap paling tepat.
Bella

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *