Resep dan Cara Memasak Kebab Ikan Dori yang Bercitarasa Enak dan Lezat Spesial Favorit Keluarga

Kebab merupakan sebuah jenis olahan makanan yang berasal dari Timur Tengah dan merujuk pada proses pembuatannya.

Kebab merujuk pada proses pembuatannya yang identik dengan cara dipanggang atau dibakar. Beberapa jenis kebab disajikan dengan cara dipanggang dan ditusuk dengan tusukan bambu, kayu ataupun besi. Meskipun demikian pada perjalanannya ada juga yang disajikan dengan dimasukan dalam kulit pembungkus roti ataupun tortilla dicampur dengan berbagai macam isian lainnya yang menambah kelezatan citarasanya.

Pada umunya bahan utama pembuatan kebab sendiri merupakan daging. Penggunaan daging dari mulai sapi, kambing hingga ikan bisa digunakan. Anda bisa memilih bahan utama sesuai dengan selera anda masing-msaing. Kali ini kita akan mencoba bahan ikan sebagai bahan baku utama kebab. Ikan yang digunakan berjenis ikan dori. Berikut kami sajikan resep dan cara pembuatannya yang bisa anda coba aplikasikan di rumah masing-masing.

04 kebab ikan dori

Nama Resep

Resep dan Cara Memasak Kebab Ikan Dori yang Bercitarasa Enak dan Lezat Spesial Favorit Keluarga
4.6 100

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

12 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kebab Ikan Dori yang Bercitarasa Enak dan Lezat Spesial Favorit Keluarga

Bahan Kebab Ikan Dori

  • 300 gram daging ikan dori fillet, kemudian potong kotak-kotak, usahakan jangan terlalu tipis
  • 1 buah paprika, potong kotak sedang
  • 1 buah bawang bombay, potong kotak sedang
  • 200 gram nanas, potong dengan bentuk kipas
  • 1 ½ sendok makan kecap jepang
  • ½ sendok teh gula pasir
  • ¼ sendok teh merica bubuk
  • 12 bilah tusukan sate (kayu, bambu ataupun besi)

Cara dan Langkah Untuk Membuat Kebab Ikan Dori yang Bercitarasa Enak dan Lezat Spesial Favorit Keluarga

Cara Pembuatan Kebab Ikan Dori

  1. Siapkan sebuah wadah, kemudian anda tempatkan ikan dori yang sudah dipotong kotak ke dalamnya.
  2. Setelah itu anda anda masukan beberapa bahan bumbu ke dalamnya dan bumbui (marinade) ikan tersebut dengan kecap jepang, merica bubuk, dan gula pasir.
  3. Pastikan semua bumbu tercampur dengan daging secara merata. Setelah dirasa cukup merata kemudian anda diamkan kurang lebih selama 30 menit di dalam lemari es.
  4. Setelah 30 menit berlalu ambil kembali ikan dori yang sudah dibumbui, lalu anda tusuk daging ikan dori tersebut menggunakan tusuk sate yang telah anda persiapkan.
  5. Pastikan anda menusuk daging ikan tersebut bergantian bersama dengan bahan lainnya. Tusuk bergantian dengan urutan bawang bombay, ikan dori, nanas, ikan dori, dan paprika. Anda bsa menyesuaikan tusukan sesuai dengan selera anda.
  6. Setelah semua bahan habis dan bahan kebab siap, kemudian anda panggang bahan tersebut sampai matang merata.
  7. Jangan lupa untuk mengalasi panggangan yang anda gunakan dengan aluminium foil yang dioles tipis dengan minyak goreng. Hal tersebut dilakukan agar ikan yang anda panggang tidak lengket dengan panggangan dan mudah untuk dibalik.

Demikian cara mudah untuk membuat kebab ikan dori yang bisa anda lakukan di rumah masing-masing. Bagikan artikel mengenai resep dan cara membuat kebab ikan dori ini kepada teman dan sahabat anda dengan menekan tombol share di bagian bawah artikel ini. Jangan lupa juga untuk turut menambahkan komentar di kolom yang sudah disediakan.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons