Resep dan Cara Memasak Jangjorim yang Sedap dan Lezat

Makanan pokok masyarakat Korea yaitu nasi, dimana sama halnya dengan kita mereka juga biasanya makan sebanyak 3 kali dalam satu hari dengan berbagai teman nasi atau lauk.

Salah satu lauk dasar Korea yang memang banyak disukai semua orang dari berbagai macam kalangan dan usia yaitu Jangjorim. Masakan yang stau ini terbuat dari bahan dasar daging sapi yang mana cara mengolahnya yaitu diasinkan. Selain daging sapi, makanan yang satu ini juga biasanya menambahkan bahan lainnya seperti telur ayam, cabai, bawang putih dan lain sebagainya. Anda dapat membayangkan sendiri jangjorim khas Korea ini hampir sama dengan rendang di Indonesia.

Meskipun hidangan ini dibuat sebagai menu atau lauk dasar, tapi hidangan ini juga dianggap sebagai lauk mewah atau mahal karena terbuat dari daging sapi. Pada zaman dahulu daging sapi merupakan salah satu bahan masakan yang terbilang cukup mewah dan khusus yang mana hanya bisa dicicipi ketika hari istimewa saja. Selain bisa disantap sebagai teman nasi, biasanya hidangan ini juga disantap dengan mie.

Nah, anda bisa membuat hidangan khas Korea ini di rumah sebagai menu makan, cita rasanya begitu enak dan sedap. Cara membuatnya sederhana, bahan-bahan yang dibutuhkannya juga sangat umum. Jika anda ingin membuat hidangan ini di rumah, anda bisa simak langsung resep dan cara membuat atau memasak jangjorim di bawah ini.

Jangjorim

Nama Resep

Resep dan Cara Memasak Jangjorim yang Sedap dan Lezat

4.9/ 239

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Orang

Bahan dan Bumbu Untuk Memasak Jangjorim yang Sedap dan Lezat

Bahan Utama Jangjorim

  • 600 gram daging sapi bagian paha depan
  • 8 siung bawang putih
  • 20 gram jahe
  • 1 batang daun bawang
  • 2 liter air
  • 3 butir telur ayam
  • 20 gram merica
  • 2 lembar jamur shitake kering
  • 30 gram cabai kecil

Bumbu Jangjorim

  • 8 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan pati sirup
  • 1 buah cabai rawit
  • 2 sendok makan gula pasir

Cara Memasak Jangjorim yang Sedap dan Lezat

  1. Pertama-tama, rendam daging yang sudah anda siapkan selama kurang lebih 1 jam agar darah hilang.
  2. Kemudian, rebus daging dengan menggunakan 2 liter air. Tambahkan daun bawang, masak selama kurang lebih 50 menit. Kemudian, simpan 6 gelas kuah rebusan daging tersebut.
  3. Siapkan panci dengan diisi air secukupnya. Rebus air sampai mendidih. Lalu masukan telur yang sudah anda siapkan. Rebus telur sampai matang. Jika sudah, kupas kulitnya.
  4. Olah cabai kecil, buang batangnya.
  5. Masukan daging sapi dengan 6 gelas kuah ke dalam panci. Setelah itu, masukan jamur shitake kering, telur yang sudah direbus, gula pasir, pati sirup, irisan jahe, kecap asin, bawang putih, dan cabai rawit. Masak dengan menggunakan api sedang selama kurang lebih 30 menit.
  6. Jika kuah sudah mulai menyerap pada bahan-bahan, anda bisa langsung memasukan cabai kecil. Lalu matikan api.
  7. Sajikan Jangjorim ini pada piring saji, hiasi dengan telur dan cabai. Sebelum disajikan, dagingnya disuwir-suwir.

Hidangan khas Korea yang sedap ini sudah siap anda nikmati. Jika ingin lebih nikmat, anda bisa menyantapnya ketika masih panas. Selamat mencoba.

Bagikan resep ini kepada teman anda, tambahkan juga komentar pada kolom di bawah.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons