Resep dan Cara Memasak Ikan Sebelah Bumbu Tauco

Pernahkah anda mencoba masakan ikan sebelah bumbu tauco? Cita rasa yang lezat dan enak ini akan memanjakan lidah anda.

Ikan memang memiliki keanekaragaman jenis serta bentuknya, baik ikan air laut ataupun ikan air tawar tetap menampilkan sesuatu yang berbeda, bahkan dengan cara diolah pun ikan selalu menyuguhkan aneka masakan yang khas. Selain rasa yang enak, gurih dan lezat ini ikan memiliki kandungan gizi serta nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Seperti yang kita ketahui, ikan ini memiliki kandungan protein yang tinggi, selain itu ada kandungan omega 3, kandungan vitamin dll. Namun pernahkah anda mencoba membuat masakana ikan laut berupa ikan sebelah? Ikan sebelah salah satu ikan yang memiliki bentuk yang pipih namun memiliki dagingnya yang enak dan gurih kala dimasak.

Nah, bagaimana jikalau ikan sebelah ini dipadukan bersama dengan tauco. Kahs akan rasa serta aroma wangi dari tauco ini tentunya akan membuat anda akan merasa ketagihan. Berikut ini resep dan cara memasak ikan sebelah bumbu tauco yang bisa anda coba aplikasikan sendiri dirumah, yuk kita simak langkah langkahnya diabawah ini.

resep ikan sebelah bumbu tauco

Nama Resep

Resep dan Cara Memasak Ikan Sebelah Bumbu Tauco

4.9 157

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Memasak Ikan Sebelah Bumbu Tauco

Bahan dan Bumbu

  • 1 ekor ikan sebelah segar
  • 1 sendok teh air jerujk nipis
  • 1 sendok teh garam
  • 1 batang daun bawang, diiris memanjang
  • 2 sendok makan tauco
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 300 gram kentang, rebus dan potong dadu
  • 200 ml air putih
  • minyk goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 3 siung bawang putih
  • 4 buah bawang merah
  • 7 buah cabai rawit merah
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat dan Memasak Ikan Sebelah Bumbu Tauco

Cara memasak

  1. Yang pertama adalah membersihkan ikan sebelah, dengan membuang bagian isi perutnya, lalu potong sesuai selera seperti 2-3 potong, cuci hingga bersih.
  2. Kemudian lumuri ikan sebelah tersebut dengan air jeruk nipis dan juga garam, diamkan sekitar 10 menit.
  3. Selanjutnya adalah memanaskan minyak goreng, setelah panas goreng ikan sebelah hingga matang dan kering, angkat dan tiriskan.
  4. Setelah itu siapkan kembali wajan yang sudah diisi minyak goreng sekitar 2 sendok makan, lalu panaskan kemudian tumis bahan bumbu halus hingga matang dan harum.
  5. Kemudian masukan daun bawang, tauco serta kecap manis, aduk merata.
  6. Kemudian tuang air, lalu masak hingga mendidih.
  7. Setelah mendidih masukan ikan selar yang sudah digoreng tadi, kemudian disusul dengan kentang yang sudah di rebus sebelumnya. masak hingga bumbu meresap dan airnya terlihat mengental. Matang
  8. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia resep dan cara memasak ikan sebelah bumbu taucio yang bisa anda coba buat sendiri di rumah. Bahan yang mudah ditemukan membuat anda bisa mengaplikasikannnya di rumah. Ikan sebelah ini banyak tersedia di pasar tradisional dan juga di supermarket. Untuk memasak ikan sebelah tentunya harus memilih ikan yang masih segar agar terjaga kandungan gizi dan juga kandungan nutrisinya. Ikan sebelah bumbu tauco sangat lezat dan cocok dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya resep dan cara memasak ikan sebelah bumbu tauco kepada teman serta keluarga tercinta anda, jangan lupa untuk selalu memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons