Resep dan Cara Memasak Ikan Patin Kukus Bumbu Jahe (Steam Patin)

Ikan patin merupakan ikan yang hampir mirip dengan ikan lele, meski berbeda namun ada kesamaan dimana ikan patin dan ikan lele ini tidak memiliki sisik.

Ikan patin merupakan ikan yang hidupnya dia air tawar, ikan patin memiliki daging yang empuk dan bahkan ikan patin ini memiliki kandungan gizi yang baik dibandingkan dengan ikan tawar lainnya. Ikan patin juga salah satu ikan tawar yang dibudidayakan oleh para peternak ikan. Selain dagingnya yang empuk ikan patin ini apabila dimasak akan sangat lezat kala di santap, salahsatunya adalah memasak ikan patin dengan cara dikukus. Bagi anda yang tidak suka dengan makanan seafood laut ikan patin menjadi salah satu pilihan untuk menggantinya. Penasaran bagaimana cara dan mamasak ikan patin kukus bumbu jahe, berikut simak dibawah ini.

ikan patin kukus bumbu jahe

Nama Resep

Resep dan Cara Memasak Ikan Patin Kukus Bumbu Jahe ( Steam Patin )

4.9 99

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk memasak Ikan Patin Kukus Bumbu Jahe (Steam Patin)

Bahan Utama

  • 1 ekor ikan patin
  • 2 sdm Cuka beras
  • 3 sdm Kecap asin
  • Minyak wijen
  • Daun bawang secukupnya
  • Jahe secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya

Cara Membuat Ikan Patin Kukus Bumbu Jahe (Steam Patin)

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah ikan patin dicuci hinggah bersih
  2. Untuk anda yang tidak suka dengan kepala ikan patin ini bisa dipotong kemudian sisihkan/dibuang
  3. Selanjutnya adalah membelah bagian bawah ikan tersebut, kemudian baung tulang ikan patinnya. Sehingga ikan patin menjadi fillet yang tanpa memiliki tulang.
  4. Kemudian siapkan bahan alat pengkukus, kemudian isi air jangan lupa taruh raknya didalam alat pengukus, untuk memudahkan penyimpanan ikan patin yang ditaruh di pirng, lalu setelah siap nyalakan kompor menggunakan api kecil.
  5. Selanjutnya adalah jahe di iris tipis. sisihkan
  6. Kemudian siapkan piring yang ukurannya tentunya bisa masuk kedalam alat pengukus, selanjutnya tuang beras cuka diatas piring, lalu kecap asin, lalu aduk-aduk setelah itu masukan jahe yang sudah diiris kecil-kecil
  7. Sebelum ikan patin di simpan dipiring, ditaburi terlebih dahulu bagian atas dan bawah menggunakan  garam dan juga merica.
  8. Selanjutnya simpan di atas piring yang sebelumnya sudah diberi bahan bumbu dari kecap, setelah itu taruh ikan ke kukusan, tutup alat pengukus dan diamkan sekitar 10 menit
  9. Setelah itu untuk memberikan masakan menjadi lebih harum kita potong-potong daun bawang memanjang, sisihkan.
  10. Setelah dikukus selama 10 menit ikan patin kita cek terlebih dahulu, sudah matang apa belum? Kita coba tusukan ujung pisau pada bagian daging ikan patinnya, apabila terbelah dengan gampang, ikan pating sudah setengah matang tentunya, lalu tambahkan daun bawang lalu kukus kembali sebentar agar matang secara bersamaan ikan patin dan juga daun bawang.
  11. Setelah matang lalu taburi minyak wijen secukupnya pada bagian bahan kecapnya, lalu angkat. Setelah itu aduk-aduk tetesan minyak wijen pada kecap, kemudian siramkan pada ikan patin diatasnya.

Itulah dia Resep dan Cara Memasak Ikan Patin Kukus Bumbu Jahe (Steam Patin) yang bisa anda coba dirumaah. Bahan yang mudah ditemukan dan sangat simple serta memasaknya pun sangat mudah dan praktis. Cukup mudah bukan? Dengan begitu ikan patin kukus bumbu jahe ini tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba.

Berikut adalah video cara memasak ikan patin kukus bumbu jahe (Steam Patin)

Jangan lupa share dan Cara Memasak Ikan Patin Kukus Bumbu Jahe (Steam Patin) pada teman, sahabat, keluarga tercinta anda. Dan jangan lupa beri komentar dibawah ini. Terima Kasih.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons