Resep dan Cara Memasak Ikan Nila Bakar Bumbu Pedas yang Enak Namun Sederhana

Ikan nila bakar bumbu pedas adalah sajian yang nikmat dan enak.

Selain itu, hidangan ini juga cukup mudah dibuat dirumah. Ingin tahu seperti apa cara membuat ikan nila bakar bumbu pedas yang enak namun sederhana? Yuk, kita simak resep berikut ini.

ikan nila bakar pedas

Nama Resep

Resep dan Cara Memasak Ikan Nila Bakar Bumbu Pedas yang Enak Namun Sederhana

4.8 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Nila Bakar Bumbu Pedas yang Enak Namun Sederhana

Bahan Utama Ikan Nila:

  • 1 ekor ikan nila segar
  • 1 sdm air perasan jeruk nipis
  • 1/4 sdt garam

Bahan Olesan Ikan Nila Bakar:

  • 2 sendok makan air jeruk limau
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 2 sedok makan minyak goreng

Bumbu Halus Ikan Nila Bakar (Campur dengan Bahan Olesan):

  • 3 buah Cabai rawit merah
  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung Bawang putih
  • 5 buah Cabai keriting merah
  • Garam secukupnya
  • 1/2 sdt Gula pasir

Cara Memasak Ikan Nila Bakar Bumbu Pedas yang Enak Namun Sederhana

Cara Membersihkan Ikan Nila Sebelum Dimasak:

  1. Pertama, silahkan lakukan dengan terlebih dahulu mencuci bersih semua bahan-bahan termasuk bahan utama yang akan digunakan yakni ikan nila. Untuk membersihkan ikan nila, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk selengkapnya, kita simak dilangkah selanjutnya bagaimana membersihkan ikan nila.
  2. Untuk membersihkan ikan nila, pertama kita lakukan dengan membersihkan sisik pada tubuh ikan nila. Sebab bagian ini adalah bagian dimana banyak kotoran dan kuman yang bersarang pada sisik ikan. Untuk membersihkan sisik ikan, anda bisa melakukannya dengan membersihkan sisik ikan dengan arah yang berlawanan yakni dari bagian ekor kebagian arah kepala.
  3. Selanjutnya, bersihkan pula bagian perut ikan. Caranya, sayat bagian perut ikan hingga terbuka celah untuk memasukan jari kedalamnya. Lalu keluarkan isi perut ikan dengan tangan dan bersihkan pula bagian dalam perut ikan secara merata hingga bisa dipastikan tidak ada kotoran yang bersarang didalamnya.
  4. Selesai membersihkan bagian perut ikan, selanjutnya bersihkan pula insang dikepala ikan dengan cara memutusnya menggunakan tangan dan buang insang yang sudah dilepaskan.
  5. Nah, apabila semua bagian ikan nila sudah dibersihkan, selanjutnya kerat bagain perut ikan dibagian kedua sisi agar bumbu yang diracik pada ikan bisa menyerap kedalam daging ikan secara merata.
  6. Lalu berikan perasan air jeruk dan taburan garam beserta dengan bumbu halus dengan bahan olesan pada ikan. Lalu aduk-aduk secara merata dan diamkan sampai bumbu meresap kedalamnya secara merata.

Cara Membuat Ikan Nila Bakar Pedas:

  1. Pertama, sebelum ikan dibakar, kita berikan bumbu olesan pada ikan secara merata hingga kebagian perut ikan.
  2. Setelah itu, baru anda bisa memanggang ikan diatas bara api. Untuk menghasilkan ikan yang lebih sedap dan nikmat, panggangan ikan yang terbuat dari batok kelapa akan membuat rasa ikan semakin sedap dibandingkan dengan memanggang ikan diatas kompor.
  3. Silahkan panggang ikan hingga matang secara merata dan jangan lupa bulak-balikan ikan agar tidak gosong. Selain itu, sewaktu membakar ikan, anda bisa memberikan bumbu olesan agar ikan semakin berasa dan gurih.

Nah, jika ikan nila sudah matang dan bagian permukaan ikan sudah mulai terlihat kecoklatan dan matang merata. Sekarang angkat ikan dari panggangan dan tata diatas piring saji. Untuk menambah rasa dan kenikmatannya anda bisa menghidangkan sajian ikan nila bakar ini dengan saus kecap yang diberikan potongan bawang merah dan cabai lalu sajikan. Demikian resep dan cara membuat sajian ikan nila bakar yang enak dan sedap.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons