Resep dan Cara Masak Tumis Kangkung Telur Asin yang Sedap, Nikmat dan Sederhana

Tumis kangkung yang dilengkapi dengan telur asin ini tentunya akan menggugah nafsu makan setiap orang.

Karena perpaduan antara kangkung dan kuning telur asin akan menghasilkan hidangan kangkung yang begitu spesial serta bercita rasa sedap dan nikmat. Oleh sebab itulah anda harus mencoba membuat tumisan ini di rumah.

Proses membuat tumis kangkung telur asin tidak jauh berbeda dengan tumis kangkung lainnya. Porsesnya yang sederhana tidak akan membuat anda kebingungan ketika di dapur. Nah, bagi anda yang ingin memasaknya di bawah ini kami sajikan resep dan cara membuat tumis kangkung telur asin yang sedap, nikmat dan sederhana khusus untuk anda.

Tumis kangkung telur asin

Nama Resep

Resep dan Cara Masak Tumis Kangkung Telur Asin yang Sedap, Nikmat dan Sederhana

4.7 189

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan dan Bumbu Untuk Masak Tumis Kangkung Telur Asin yang Sedap, Nikmat dan Sederhana

Bahan Utama Tumis Kangkung Telur Asin

  • 200 gram kangkung
  • 5 buah kuning telur asin
  • 5 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu Tumis Kangkung Telur asin kangkung

  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 lembar batang jeruk
  • 2 batang sereh
  • 1 ruas lengkuas
  • 3 buah cabai hijau besar iris serong
  • 3 buah cabai merah besar
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 1/2 sendok teh garam atau sesuai selera
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh gula pasir atau sesuai selera

Bahan Pelengkap

  • 2 irisan jeruk nipis
  • 5 irisan tomat

Cara Masak Tumis Kangkung Telur Asin yang Sedap, Nikmat dan Sederhana

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Tumis Kangkung Telur Asin

  1. Langkah pertama yaitu, siangi kangkung yang telah anda siapkan. Lalu cuci kangkung tersebut sampai bersih. Jika sudah, anda bisa langsung meniriskannya.
  2. Memarkan lengkuas dan sereh yang telah disiapkan.
  3. Lalu iris serong cabai merah besar, cabai hijau besar dan cabai rawit merah.

Cara Masak/Membuat Tumis Kangkung Telur Asin

  1. Jika telah menyiapkan langkah di atas, anda bisa melanjutkan pada langkah berikutnya. Dimana langkah yang harus dilakukan yaitu siapkan wajan di atas kompor. Lalu masukan minyak goreng dengan takaran yang telah ditentukan pada wajan tersebut. Tunggu hingga minyak goreng panas, apabila telah panas anda bisa langsung memasukan bawang merah dan bawang putih. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai hijau, cabai merah, daun jeruk, lengkuas dan sereh yang telah dimemarkan dengan api sedang. Tumis bumbu tersebut kurang lebih selama dua menit, sampai bumbu matang merata dan mengeluarkan aroma harum.
  2. Jika telah tercium harum, kecilkan api. Lalu masukan kuning telur asin ke dalam tumisan bumbu. Haluksan kuning telur asin dalam wajan dengan menggunakan spatula. Dimana caranya anda tinggal menekan-nekan kuning telur tersebut. Lalu aduk kuning telur sampai merata.
  3. Setelah itu, tambahkan kangkung yang telah disiangi dan dicuci. Besarkan kembali api kompor. Aduk kangkung sampai menyatu dengan bumbu dan layu. Lalu bubuhi dengan bumbu seperti garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk kembali sampai bumbu larut.
  4. Tunggu beberapa saat hingga kangkung matang dan bumbu meresap. Jika telah seperti itu matikan kompor dan sajikan pada piring saji yang telah disiapkan.
  5. Selanjutnya, hias piring saji tersebut dengan menggunakan irisan tomat dan jeruk nipis.

Tumis kangkung telur asin telah siap untuk dinikmati. Anda bisa meyantap tumis kangkung yang satu ini dengan sepering nasi putih hangat.

Itulah resep dan cara membuat tumis kangkung telur asin. Sangat menggiurkan dan menggugah selera bukan? Sebagai gambaran, di bawah ini kami sajikan video tutorial tumis kangkung telur asin. selamat mencoba.

Jangan lupa untuk membagikan resep ini kepada saudara, sahabat dan orang-orang yang ada di sekeliling anda dengan klik tombol share.

Loading...

Santi Handayani

Santi Handayani

Author at Selerasa
Berawal dari kebiasaan hobi kegiatan memasak, penulis mencoba untuk membagikan berbagai resep masakan di media sosial. Hingga kini, penulis aktif membagikan berbagai resep masakan, cemilan disertai cooking tutorial yang telah dimuat di beberapa website.
Santi Handayani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *