Resep dan Cara Masak Tumis/Cah Brokoli Tofu yang Lezat dan Sedap

Brokli merupakan jenis sayuran hijau yang sudah tidak asing lagi didengar di telinga, karena pada dasarnya sayur yang satu ini selalu dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap dalam membuat sayur atau sup.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan resep brokoli kepada anda semua, dimana resep yang kami maksud yaitu tumis/cah brokoli tofu. Tumis atau cah brokoli tofu ini akan memberikan sensasi yang berbeda ketika disantap karena lezat dan sedapnya hidangan ini sudah tidak bisa diragukan lagi.

Tumis brokoli tofu ini sangat cocok menemani santap siang atau malam anda. Oleh sebab itu anda patut membuatnya di rumah. Di bawah ini kami sajikan resep dan cara membuat tumis/cah brokoli tofu yang lezat dan sedap untuk anda.

Resep tumis brokoli dan tofu

Nama Resep

Resep dan Cara Masak Tumis/Cah Brokoli Tofu yang Lezat dan Sedap

4.8 190

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan dan Bumbu Untuk Masak Tumis/Cah Brokoli Tofu yang Lezat dan Sedap

Bahan Utama Tumis Brokoli Tofu

  • 100 gram brokoli
  • 100 gram tofu
  • 50 gram kacang mete goreng
  • 500 ml air
  • 1 liter minyak goreng untuk menggoreng tofu
  • 5 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu Tumis Brokoli Tofu

  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 sdm tepung maizena

Bahan Hiasan/Pelengkap

1 buah cabai merah

Cara Masak Tumis/Cah Brokoli Tofu yang Lezat dan Sedap

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Tumis Brokoli Tofu

  1. Jika bahan di atas telah anda siapkan, langkah yang harus dilakukan selanjutnya yaitu, buang biji cabai merah, lalu iris. Kemudian rendam di dalam air es selama 2 jam.
  2. Sementara menunggu cabai tersebut, anda bisa melakukan langkah selanjutnya. Dimana anda bisa siangi brokoli yang telah disiapkan. Lalu cuci brokoli sampai bersih dan tiriskan.
  3. Kemudian, potong tofu dengan ukuran kurang lebih 3 cm.
  4. Lalu, larutkan tepung maizena dengan menggunakan 2 sdm air.
  5. Selanjutnya, cincang bawang putih sampai halus.

Cara Menggoreng Tofu

  1. Pertama-tama siapkan wajan di atas kompor. Lalu, masukan minyak goreng yang telah disiapkan. Biarkan minyak goreng tersebut sampai panas.
  2. Setelah panas, goreng tofu yang telah dipotong-potong. Lalu goreng tofu sampai berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  3. Apabila tofu telah berwarna kuning kecoklatan dan matang secara merata anda bisa langsung matikan kompor, lalu angkat dan tiriskan dan sisihkan pada wadah.

Cara Masak/Membuat Tumis Brokoli Tofu

  1. Setelah melakukan langkah di atas, anda bisa langsung panaskan 5 sdm minyak goreng. Setelah panas, masukan bawang putih yang telah dicincang. Tumis bawang putih tersebut sampai mengeluarkan aroma harum.
  2. Setelah bawang putih harum, masukan air sesuai dengan ketentuan. Aduk sebentar sampai merata. Lalu masukan saus tiram, garam, merica bubuk serta gula pasir. Aduk merata sampai bumbu larut dan air mendidih.
  3. Jika air telah mendidih, masukan brokoli ke dalamnnya. Lalu aduk brokoli tersebut sampai setengah layu.
  4. Apabila brokoli sudah menjadi setengah layu, maka anda bisa langsung masukan kacang mete yang sudah digoreng beserta tofu. Aduk sampai merata dan masak kembali beberapa saat hingga bumbu meresap dan semua bahan menjadi benar-benar matang.
  5. Apabila aroma kacang mete telah tercium, masukan larutan maizena. Aduk sampa merata dan masak hingga kuah mendidih dan mengental.
  6. Apabila kuah telah mendidih dan semua bahan matang, tuangkan tumis atau cah brokoli tofu pada mangkuk saji yang telah anda siapkan. Lalu letakan irisan cabai merah yang telah direndam air es.

Tumis atau cah brokoli tofu ini akan lebih baik jika disajikan masih dalam keadaan panas. Anda bisa menyantapnya dengan nasi putih hangat.

Nah, itulah resep dan cara masak tumis atau cah brokoli tofu yang lezat dan sedap. Sangat mudah bukan? Setelah membaca resep ini yuk bagikan kepada orang-orang yang ada di sekeliling anda.

Loading...

One Response

  1. aya 7 Februari 2020

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons