Resep dan Bumbu Serta Cara Membuat Sayur Asem Jawa Timur Sederhana dan Enak

Gurih dan enak, itulah hal pertama kali yang akan dirasakan ketika menyantap sayur asem dan sudah tidak bisa dipungkiri lagi sayur yang satu ini merupakan sayur yang memiliki banyak sekali penggemar.

Meskipun sayur ini termasuk ke dalam golongan sayur legendaris, tetapi saat ini peminatnya pun masih tetap sama dan tidak berkurang sama sekali. Nah, jika sebelumnya kami telah memberikan resep sayur asem Jawa dan Betawi, maka untuk sekarang ini kami akan memberikan resep sayur asem yang berbeda. Ya resep sayur asem tersebut yaitu sayur asem Jawa Timur.

Sayur asem Jawa Timur ini sebenarnya sama dengan sayur asem pada umumnya. Namun yang membedakannya yaitu bahan pelengkap serta komposisi bumbu. Tapi berbicara tentang rasa tentunya sudah menjadi rahasia umum. Sama dengan sayur asem lainnya, sayur asem khas Jawa Timur ini pun memiliki cita rasa yang begitu enak dan pastinya akan menggugah selera.

Kuah yang dicampur dengan rempah dan komposisi bumbu yang khas membuat hidangan sayur yang satu ini menjadi lebih istimewa. Sensasi asam dari kuahnya pun akan menyegarkan kita. Untuk itulah tidak heran jika kita memakan sayur yang satu ini nafsu makan kita akan menjadi bertambah dan terus menerus ingin mencicipinya.

Cara membuat sayur asem Jawa Timur ini tidak jauh bereda dengan sayur asem lainnya. Bahannya yang sederhana serta proses membuatnya yang sangat praktis akan memudahkan anda ketika berada di dapur. Mengingat rasanya yang enak dan cara membuatnya yang praktis maka sudah sepatutnya jika anda mencoba membuat sayur yang satu ini di rumah. Di bawah ini akan kami sajikan resep dan bumbu serta cara membuat sayur asem khas Jawa Timur khusus untuk anda.

Resep sayur asem jawa timur

Nama Resep

Resep dan Bumbu serta Cara Membuat Sayur Asem Jawa Timur Sederhana dan Enak

4.9 140

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan dan Bumbu yang Dibutuhkan Untuk Membuat Sayur Asem Jawa Timur Sederhana dan Enak

Bahan Utama Sayur Asem Jawa Timur

  • 50 gram kecambah kedelai atau tauge besar
  • 2 buah labu siam
  • 15 lonjor kacang panjang
  • 1 ikat kangkung
  • 1 liter air

Bumbu Sayur Asem Jawa Timur

  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm lengkuas
  • 3 buah belimbing wuluh
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Cara Membuat Sayur Asem Jawa Timur Sederhana dan Enak

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Sayur Asem Jawa Timur

  1. Pertama, cuci bersih tauge yang telah anda siapkan.
  2. Potong kacang panjang dengan ukuran sekitar 4-5 cm.
  3. Potong labu siam berbentuk dadu, sedangkan untuk ukuran disesuakan dengan selera masing-masing.
  4. Potong juga kangkung sesuai dengan selera.
  5. Iris tipis bawang merah dan haluskan bawang putih. Lalu, geprek lengkuas.

Cara Membuat Sayur Asam Jawa Timur

  1. Setelah menyiapkan bahan dan bumbu, sekarang anda melangkah pada proses memasak. Dimana langkah pertama yaitu, rebus terlebih dahulu air yang telah disiapkan sampai mendidih.
  2. Setelah itu, masukan bawang merah yang telah diiris dan bawang putih yang telah dihaluskan, aduk sampai merata. Dan setelah itu masukan juga lengkuas serta belimbing wuluh. Masak sampai air mendidih kembali.
  3. Selanjutnya, masukan kacang panjang yang telah dipotong, kecambah serta labu siam. Masak bahan-bahan tersebut sampai setengah matang.
  4. Langkah yang terakhir yaitu, masukan kangkung, gula dan garam secukupnya. Aduk merata dan masak kembali beberapa saat sampai kangkung sedikit layu dan bumbu meresap. Jika sudah angkat dan sajikan.

Itulah resep dan bumbu serta cara membuat sayur asem Jawa Timur. Hidangkan sayur yang satu ini dalam keadaan hangat dan nasi hangat pula. Untuk lebih nikmat lagi anda bisa menambahkan lauk pelengkap lainnya. Selamat mencoba dan jangan lupa bagikan resep ini kepada orang-orang terdekat anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons