Resep Croissant yang Renyah dan Lembut Ala Rumahan

Resep Croissant yang Renyah dan Lembut Ala Rumahan – Croissant merupakan kue yang masuk ke dalam kategori pastry. Bentuknya sangat khas dengan lipatan-lipatan sehingga tampilannya terlihat menarik. Teksturnya yang renyah dan lembut, serta rasanya yang gurih akan membuat ketagihan. Croissant bisa anda nikmati begitu saja ataupun ditambahkan dengan aneka isian agar lebih lezat.

Baca juga : Resep Cireng Isi

Nah, untuk anda yang penasaran dan ingin mencoba membuatnya di rumah, berikut ini kami hadirkan aneka resep croissant untuk anda.

Resep Croissant
5 from 1 vote
Print

Resep dan Cara Membuat Croissant

Sajian Snack
Masakan Austria
Keyword aneka resep roti, Pastry, resep kue
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 1 jam 30 menit
Porsi 5 porsi
Kalori 406.1 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 300 gram tepung terigu protein tinggi
  • ½ sendok teh garam
  • 1 butir kuning telur
  • 1 sendok makan susu cair tawar
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 100 gram mentega
  • 150 gram air dingin
  • 50 gram gula pasir
  • 50 gram mentega

Bahan Untuk Pelapis

  • 100 gram mentega

Bahan Untuk Olesan

  • 1 sendok makan susu cair tawar
  • 1 butir kuning telur

Langkah-langkah

Cara Membuat Croissant

  1. Jika bahan dan bumbu semuanya sudah  siap, langkah pertama kali yang dapat anda lakukan yaitu mengolah mentega. Silakan ambil mengeta yang sudah anda sediakan sebagai bahan pelapis. Lalu pipihkan atau gilas hingga ketebalannya menjadi 1 cm berbentuk kotak. Kemudian silakan mentega bungkus dengan menggunakan plastik. Masukan ke dalam kulkas sampai memadat. Jika sudah seperti itu, sisihkan terlebih dahulu.

  2. Silakan ambil wadah, lalu masukan ke dalamnya semua bahan-bahan kering yang sudah anda sediakan seperti ragi, tepung, gula dan garam. Aduk-aduk hingga tercampur dengan merata.

  3. Setelah itu, silakan sedikit demi sedikit tuangkan air dingin sambil adonan diuleni dengan menggunakan tangan.

  4. Selanjutnya, masukan mentega. Uleni di atas meja selama kurang lebih 5 menit sampai adonan menjadi kalis.

  5. Kemudian adonan dimasukan ke dalam wadah dan tutup dengan menggunakan plastik wrap. Lalu diamkan sampai adonan mengembang 2 kali lipat.

  6. Apabila sudah seperti itu, silakan adonan dikeluarkan dan pipihkan dengan menggunakan alat penggilas menjadi berbentuk persegi panjang.

  7. Letakan mentega yang sudah disimpan dalam kulkas di atas adonan. Lalu lipat membentuk amplop.

  8. Langkah berikutnya silakan adonan digiling memanjang dan lipat lagi menjadi 3 bagian.

  9. Lakukan langkah di atas sebanyak 3 kali supaya adonan terlihat berlapis.

  10. Adonan tersebut silakan dibungkus dalam plastik. Simpan dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit.

  11. Jika sudah 30 menit, silakan adonan dikeluarkan dari dalam kulkas dan bagi adonan menjadi 2 bagian. Lalu pipihkan atau gilas menjadi tipis-tipis. Cetak dan potong-potong membentuk segitiga.

  12. Adonan yang sudah dibentuk segitiga silakan diambil. Bagian dasar segitiga digulung menuju ke atas. Lakukan langkah yang sama hingga semua adonan habis.

  13. Ambil loyang dan alasi dengan menggunakan kertas roti. Lalu susun adonan pada loyang dengan diberikan jarak antara satu adonan dengan adonan lainnya. Diamkan selama kurang lebih 30 menit pada suhu ruang sampai ukurannya menjadi 2 kali lipat. Untuk permukaannya silakan diolesi dengan menggunakan bahan olesan yang telah anda sediakan.

  14. Langkah berikutnya silakan panggang selama kurang lebih 20 menit menggunakan suhu 200 derajat Celcius hingga benar-benar matang.

  15. Selanjutnya setelah matang, silakan keluarkan dari oven.

  16. Terakhir anda bisa menyajikannya.

Croissant sudah selesai dibuat. Rasanya yang lezat dengan tekstur renyah dan lembut akan memanjakan lidah. Anda bisa membuatnya di rumah dengan langkah-langkah di atas.

Resep dan Cara Membuat Croissant Mini Almond yang Lezat

Resep Croissant

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 600 gram tepung terigu protein tinggi
  • 300 gram korsvet
  • 2 sdt garam
  • 30 gram susu bubuk
  • 30 gram gula pasir
  • 300 ml air dingin
  • 1 bungkus ragi instan

Bahan Untuk Isian

  • 125 gram gula tepung
  • 125 gram mentega tawar dingin
  • 125 gram almond bubuk
  • 30 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 butir telur

Bahan Untuk Taburan

  • 2 sendok makan gula tepung
  • 50 gram almon slice

Bahan Untuk Olesan

40 gram kuning telur

Cara Membuat Croissant Mini Almond Lezat

  1. Pertama-tama silakan siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan. Lalu masukan bahan-bahan ke dalamnya seperti tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, garam dan ragi instan. Aduk semua bahan-bahan tersebut hingga tercampur dengan merata.
  2. Kemudian tuangkan air es. Uleni adonan sampai ¾ kalis. Lalu simpan adonan dalam kulkas selama kurang lebih 60 menit.
  3. Jika sudah, silakan adonan digiling panjang. Di bagian tengah-tengahnya letakan korsvet. Sisi adonan dilipat hingga menutupi korsvet.
  4. Setelah itu, adonan digiling lagi dengan ketebalan 1 cm. Untuk sisi atasnya silakan di lipat ke tengah, lalu sisi bawahnya silakan dilipat ke tengah menutupi lipatan sisi atas. Simpan selama kurang lebih 10 menit dalam kulkas.
  5. Adonan silakan digiling lagi, posisi lipatan berada di bawah. Anda bisa melipat lagi adonan dengan lipatan yang sama seperti di atas 2 kali. Setiap sudah dilipat, silakan simpan selama sekitar 10 menit dalam kulkas. Sedangkan untuk yang terakhir anda bisa menyimpannya selama 30 menit.
  6. Adonan digiling dengan ketebalan 1 cm. Lalu silakan dipotong-potong menjadi 4 persegi panjang dengan ukuran sekitar 60×20 cm. Lalu potong lagi membentuk segitiga sama kaki.
  7. Sepotong adonan silakan diambil. Sisi atas segitiga silakan dilipat ke dalam hingga bagian ujung. Lalu kedua sisinya lagi tekuk ke bagian dalam. Lakukan langkah yang sama seperti ini hingga semua adonan habis.
  8. Sediakan loyang. Lalu olesi tipis-tipis dengan menggunakan margarin. Simpan adonan pada loyang tersebut dengan memberikan jarak antara adonan yang satu dengan adonan yang lainnya. Diamkan selama kurang lebih 30 menit hingga mengembang.
  9. Untuk bagian permukaan croissant silakan diolesi dengan memakai kuning telur.
  10. Lalu panggang dengan menggunakan oven api bawah suhu 200 derajat Celcius selama kurang lebih 10 menit hingga ¾ matang.
  11. Setelah seperti itu, silakan diangkat. Lalu dinginkan terlebih dahulu.

Cara Membuat Isian

  1. Silakan mentega tawar dikocok dengan gula tepung sampai lembut. Lalu satu persatu masukan telur sambil dikocok hingga merata.
  2. Tambahkan campuran tepung terigu dan almond bubuk. Aduk-aduk hingga merata.
  3. Adonan silakan disisihkan sebanyak ¼ adonan untuk toping.
  4. Croissant silakan dibelah tak putus. Lalu semprotkan isi. Bagian atasnya silakan olesi dengan menggunakan adonan isi. Taburkan almond slice.
  5. Oven kembali adonan dengan menggunakan api bawah suhu 160 derajat Celcius selama kurang lebih 20 menit hingga benar-benar matang.
  6. Setelah matang, silakan angkat.
  7. Kemudian setelah dingin anda bisa menaburinya dengan gula tepung tipis-tipis saja.
  8. Terakhir anda bisa menyajikannya untuk keluarga di rumah.

Walaupun ukurannya mini, namun soal kelezatannya jangan diragukan lagi. Anda bisa menyajikan kue ini ketika kumpul keluarga sambil ditemani dengan secangkir teh manis hangat.

Itulah aneka resep croissant yang renyah dan lembut ala rumahan yang bisa anda buat dengan mudah. Selamat mencoba.

One Response

  1. Zidah 17 Juni 2021

Leave a Reply

Rating Resep




 

Show Buttons
Hide Buttons