Resep Crepes Sederhana

Resep Crepes Sederhana – Siapa yang tidak mengenal crepes? Ya, sajian dengan cita rasa manis dan tekstur renyah ini sudah sangat populer di Indonesia karena sekarang dengan mudah ditemukan dimana saja mulai dari toko kue hingga pedagang keliling.

Kata crepes sendiri memiliki arti garing yang diambil dari kata latin Crispus. Seperti yang anda ketahui, crepes memiliki bentuk seperi pancake dengan ketebalan yang sangat tipis sehingga memiliki tekstur yang renyah.

Di negara asalnya yaitu Prancis, crepes sudah menjadi hidangan nasional yang sering dikonsumsi sehari-hari. Pada umumnya, crepes seringkali dilengkapi dengan berbagai topping seperti buah-buahan segar, sirup, serta krim berbagai rasa.

Kali ini, kita akan membuat crepes sederhana yang dapat dengan mudah anda buat di rumah. Anda hanya cukup menggunakan tepung beras, tepung terigu, dan maizena sebagai bahan utama untuk membuat crepes yang renyah. Jadi, jika anda memiliki stok tepung-tepungan di rumah, anda dapat memanfaatkannya untuk membuat crepes.

Untuk toppingnya, anda dapat menggunakan bahan pelengkap apapun sesuai selera. Jika anda ingin menggunakan topping yang sederhana, anda cukup menambahkan keju, kental manis, dan sprinkle cokelat.

Yuk kita simak resep pancake sederhana di bawah ini!

Resep Crepes Sederhana

Rasa renyah dari crepes tentunya sudah tidak asing lagi karena kue yang satu ini ini sangat populer di Indonesia. Meskipun tampak sederhana, namun crepes memiliki cita rasa manis yang sangat lezat. Selain itu, anda juga dapat menggunakan bahan pelengkap lain sebagai isian crepes sehingga dapat disesuaikan dengan selera anda.

Sajian Dessert, Snack
Masakan Amerika
Keyword Aneka resep Kue, kue crepes sederhana, resep crepes sederhana, resep kue crepes
Waktu Memasak 30 minutes
Porsi 3 buah

Bahan-bahan

Cara Membuat Crepes

  • 60 gram tepung beras
  • 15 gram tepung terigu
  • 30 gram maizena
  • 50 gram gula pasir
  • 1 sendok makan susu bubuk
  • 1 butir telur
  • 60 ml air
  • 1/4 sendok teh garam
  • Topping sesuai selera

Langkah-langkah

  1. Siapkan sebuah wadah, campurkan semua bahan dan aduk dengan menggunakan whisk hingga memiliki tekstur yang halus. Jika perlu anda juga bisa menyaring adonan yang telah tercampur rata.

  2. Panaskan teflon anti lengket dengan api kecil hingga terasa hangat.

  3. Tuang adonan ke dalam teflon dengan menggunakan sendok sayur dengan ketebalan seperti kulit kue risol.

  4. Tambahlan topping ke atas adonan dan lipat saat adonan cukup kering, sajikan saat hangat.

Bagaimana? Mudah bukan membuatnya? Resep kue crepes di atas memang sangat mudah untuk dicoba dan waktu yang dibutuhkan pun sangat cepat. Jadi, ketika anda kebingungan untuk membuat cemilan apa hari ini dan anda memiliki stok tepung di rumah, saatnya anda mencoba membuat crepes sederhana yang pastinya akan sangat disukai oleh anak-anak.

Selain sebagai cemilan, kue crepes juga sangat cocok untuk dijadikan sajian pencuci mulut apalagi jika anda menggunakan buah-buahan sebagai bahan pelengkapnya. Untuk crepes berisi buah-buahan, di Prancis sendiri, crepes tersebut biasanya dilengkapi juga dengan sirup gula cair sehingga terasa lebih manis. Tentunya dengan isian buah-buahan alami, anda dakan mendapatkan beragam manfaat dari kandungan vitaminnya.

Baca Juga  Resep Serabi Solo

Agar crepes anda tidak lengket saat dimasak, selalu gunakan teflon dengan permukaan anti lengket dengan kondisi yang baik. Ketika adonan lengket, crepes anda tidak akan terbentuk dengan sempurna. Pastikan juga untuk selalu memanggang crepes dengan api kecil agar adonan tidak gosong.

(Baca juga: Resep Pie Lemon Cokelat)

Tinggalkan komentar

Rating Resep