Resep Ceker Ayam Pedas yang Empuk dan Gurih

Walaupun tidak banyak dagingnya, namun sajian dari ceker ayam nyatanya banyak disukai. Ceker ayam bisa diolah menjadi berbagai sajian yang nikmat, misalkan dibuat sop ceker ayam, diolah dengan bumbu kecap, dibuat ceker ayam pedas dan lain sebagainya.

Nah, berbicara tentang ceker ayam pedas, saat ini sajian yang satu ini banyak digemari. Ceker ayam empuk, yang dikombinasikan dengan bumbu super pedas terasa sangat nikmat. Tidak perlu membelinya, anda bisa membuat sajian ini sendiri di rumah dengan mudah. Resepnya sederhana dan cara membuatnya mudah diikuti. Yuk simak resep ceker ayam pedas lembut dan nikmat di bawah ini.

Resep Ceker Ayam Pedas
5 from 1 vote
Print

Resep Ceker Ayam Pedas yang Empuk dan Gurih

Sajian Main Course
Masakan Indonesian
Keyword aneka resep masakan, Ceker Ayam Pedas, Sajian Ceker
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 25 menit
Porsi 6
Kalori 215.1 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 500 gram ceker ayam
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai ambil bagian putihnya
  • 400 ml kaldu
  • 1 cm lengkuas
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Tumbuk Kasar

  • 3 buah cabai merah keriting
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 5 buah cabai rawit merah

Langkah-langkah

Cara Membersihkan Ceker

  1. Pertama-tama, silakan ambil ceker yang sudah anda sediakan. Bersihkan ceker hingga benar-benar bersih.

  2. Potong bagian kuku yang masih terdapat pada ceker. Agar lebih mudah, anda dapat memotong kuku pada ceker di bagian sendinya.

  3. Selain kuku, anda juga harus membuang lapisan kuning yang masih menempel pada ceker. Jika anda sulit membuang bagian kuning tersebut, agar lebih mudah anda bisa terlebih dahulu merebus ceker menggunakan air yang mendidih. Jangan terlalu lama cukup 5 menit saja. Setelah direbus, lapisan kuning pada ceker akan menjadi mudah untuk dihilangkan.

  4. Saat membersihkan ceker ayam, anda juga harus membersihkan bagian telapak cekernya, karena biasanya masih ada kerak berwarna kecoklatan. Buang bagian ini dengan menggunakan pisau. Jika sudah, anda bisa mencuci ceker hingga benar-benar bersih.

Cara Menyiapkan Bahan-Bahan

  1. Setelah ceker dibersihkan, silakan siapkan bahan-bahan lainnya yang diperlukan. Anda bisa mememarkan serai dan lengkuas. Sisihkan.

  2. Kemudian tumbuk kasar bumbu-bumbu seperti yang sudah anda siapkan.

Cara Membuat Ceker Ayam Pedas

  1. Silakan ambil wajan. Lalu tuangkan minyak goreng untuk menggoreng ceker. Panaskan.

  2. Apabila minyak goreng sudah panas, silakan masukan ceker yang sudah anda bersihkan. Goreng ceker sebentar saja asal berkulit. Jika sudah seperti itu, angkat dan tiriskan.

  3. Kemudian panaskan lagi minyak goreng yang akan digunakan untuk menumis bumbu. Tunggu hingga panas. Lalu masukan bumbu yang sudah anda tumbuk kasar beserta bumbu yang lainnya seperti serai, daun salam dan lengkuas. Tumis bumbu hingga matang dan mengeluarkan aroma harum.

  4. Setelah seperti itu, silakan masukan ceker yang sudah anda goreng. Aduk-aduk hingga merata.

  5. Selanjutnya masukan bumbu-bumbu yang lainnya seperti garam, kecap manis, gula pasir dan merica bubuk. Aduk-aduk hingga merata dan bumbu larut.

  6. Lalu tuangkan kaldu. Aduk merata dan masak hingga matang dan hidangan sedikit berkuah.

  7. Apabila sudah seperti itu, silakan angkat sajian ceker ayam pedas dan sajikan pada tempat saji yang telah anda sediakan.

Sajian ceker ayam pedas sudah selesai dibuat. Rasanya yang pedas dan gurih akan membuat siapa saja yang menyantapnya ketagihan. Jika anda suka pedas, anda bisa menambahkan cabai sesuai selera.

Itulah resep ceker ayam pedas yang dapat anda ikuti di rumah dengan mudah. Selamat mencoba.

Loading...

One Response

  1. rasa lapar 17 April 2020

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons