Resep Carang Gendis Isi Keju

Resep Carang Gendis Isi Keju– Untuk anda yang sedang ingin mengeksplorasi cita rasa jajanan tradisional nusantara, carang gendis dapat menjadi salah satu sajian yang dapat anda coba buat di rumah. Beberapa dari anda mungkin baru mendengar nama jajanan tradisional yang satu ini karena memang keberadaanya yang cukup sulit ditemukan saat ini.

Lalu apa itu carang gendis?  Carang gendis merupakan kudapan yang berasal dari Yogyakarta dan sering disajikan sebagai cemilan. Nama carang gendis sendiri diambil dari kata carang yang berarti sarang dan gendis yang berarti gula. Maka dari itu, sajian tradisional yang satu ini memiliki cita rasa yang manis. Untuk memperkaya cita rasanya, carang gendis juga biasanya dilengkapi dengan topping.

Menurut sejarah, kue carang gendis pertama kali dibuat saat zaman Majapahit atau sebelum Indonesia merdeka. Jadi, bisa dikatakan bahwa kue carang gendis merupakan kue tradisional yang memiliki nilai sejarah tinggi.

Bahan baku yang digunakan untuk membuat carang gendis diantaranya adalah tepung ketan, garam, dan air. proses pembuatan carang gendis juga sangat sederhana dan peralatannya yang digunakan pun sangat mudah ditemukan.

Di bawah ini, kami bagikan resep carang gendis yang dapat anda coba dengan sangat mudah di rumah. Pada resep kali ini, kita akan menggunakan keju quick melt atau keju mozarella sebagai isiannya untuk memberi cita rasa yang lebih modern.

Yuk langsung saja kita simak resep carang gendis isi keju di bawah ini!

Resep Carang Gendis

Kue carang gendis termasuk salah satu pilihan cemilan tradisional yang sedang hits saat ini. Proses pembuatan carang gendis ternyata sangat mudah dan praktis sehingga anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Pada resep kali ini, kita akan membuat kue carang gendis dengan isian keju untuk menambahkan cita rasa yang lebih modern.Yuk kita simak resep carang gendis di bawah ini!

Sajian Dessert, Snack
Masakan Indonesian
Keyword Aneka resep Kue, carang gendis keju, resep carang gendis
Waktu Memasak 45 minutes
Porsi 10 buah

Bahan-bahan

  • 100 gram tepung ketan putih
  • 1/4 sendok teh pasta pandan
  • 65 ml air hangat
  • 1/4 sendok teh garam
  • keju mozarella atau keju quick melt secukupnya

Langkah-langkah

  1. Dalam sebuah mangkuk kecil, larutkan pasta pandan dengan menggunakan air hangat hingga merata.

  2. Potong keju quick melt dengan potongan memanjang, sisihkan.

  3. Dalam wadah terpisah, campurkan tepung ketan putih dan garam lalu aduk hingga merata, Tuangkan pasta pandan yang sudah dilarutkan tadi sedikit demi sedikit sambil diuleni sehingga anda memperoleh adonan dengan tekstur yang basah dan beremah.

  4. Saring adonan carang gendis dengan menggunakan saringan minyak atau saringan kelapa.

  5. Panaskan teflon dengan api kecil lalu ambil adonan sebanyak satu sendok sayur dan tuangkan ke atas teflon. Pastikan adonan tidak terlalu tipis agar mudah digulung ketika matang.

  6. Tutup teflon dan biarkan sekitar satu hingga dua menit. Taruh keju yang sudah dipotong diatas adonan lalu setelah cukup keras, gulung adonan secara perlahan. Ulangi langkah ini hingga semua adonan habis.

Bagaimana? Mudah bukan membuat kue carang gendis di rumah? Tentunya, anda dapat menyajikan carang gendis sebagai sajian cemilan sehari-hari atau hidangan jamuan pada saat acara tertentu. Bahkan, anda juga dapat menjadikan carang gendis sebagai peluang bisnis kuliner kekinian yang pastinya akan digemari banyak orang.

Baca Juga  Resep Donat Ubi Ungu

(Baca juga: Resep Pai Buah)

Selamat mencoba membuat kue carang gendis di rumah!

Tinggalkan komentar

Rating Resep