Resep Cara Membuat Salad Buah Segar dan Creamy

Sajian enak dan nikmatnya salad buah  yang segar di rumah anda. Hidangan segar ini mudah untuk dibuat dan bahan-bahan yang digunakan pun cenderung mudah ditemukan. Berbagi sajian salad buah paling nikmat bersama dengan keluarga dinikmati beramai-ramai.

Bila anda penasaran dengan resep kali ini maka tak perlu khawatir di bawah ini adalah resep yang akan dapat anda simak.

salad buah kekinian
5 from 1 vote
Print

Resep Salad Buah Segar Creamy

Sajikan hidangan dessert yang enak dan sedap dari olahan buah-buahan yang sehat dan nikmat. Hidangan salad buah sederhana kali ini akan tentu bisa anda nikmati di rumah. Sajian saus mayonnaise yang enak dengan campuran perasan lemon dijamin akan membuat rasanya berbeda dari sajian saus salah buah yang anda nikmati selama ini.

Penasaran seperti apa saja resep dari sajian salad buah sederhana yang enak? Mari simak informasinya di bawah ini hanya untuk anda.

Sajian Appetizer
Masakan American
Keyword aneka salahd buah, resep salad buah, salad buah
Waktu Persiapan 20 minutes
Waktu Memasak 10 minutes
Total Waktu 26 minutes
Porsi 4 Orang
Kalori 50 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • Buah segar sesuai selera
  • Jelly

Bahan Saus Salad:

  • 1 cup yogurt plain
  • 1 sdm air jeruk nipis/lemon
  • 1 sachet susu kental manis putih
  • 3 sdm mayonnaise
  • 1 sdt parutan kulit lemon
  • 50 gram keju cheddar parut

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Salad Buah Sederhana yang Segar dan Creamy:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan mudah dan sederhana. Silahkan buah-buahan yang sudah anda beli. Beberapa pilihan buah-buahan biasanya terdiri dari jeruk, apel, kiwi, stroberi, melon, anggur dan lain sebagainya. Siapkan dengan merata dan pisahkan dalam wadah terpisah.

  2. Sebelum dibuat salad, silahkan cuci bersih buah-buahan yang harus dicuci dengan merata dan kupas beberapa bahan yang harus dikupas seperti buah melon dan lain sebagainya. Lalu bersihkan dengan merata masukkan kembali dalam wadah dan tiriskan air cuciannya dengan merata.

  3. Potong-potong buah menjadi bentuk yang lebih kecil yang mudah disantap. Gunakan pisau untuk memotong sajian buah ini pastikan tatakan dan pisau yang digunakan adalah peralatan yang bersih agar rasa dari buah kali ini tidak berubah dan tetap terasa nikmat.

  4. Kemudian setelah itu, anda akan senantiasa melanjutkan langkah kali ini dengan cara mencampurkan buah potong dalam satu wadah yang sama lalu sisihkan sementara sebelum nantinya kita akan buat saus salad buah untuk sajian kali ini.

Cara Membuat Salad Buah Sederhana yang Segar dan Creamy:

  1. Untuk membuat sajian kali ini siapkan sebuah mangkuk saus dengan ukuran yang sedang. Lalu setelah itu, masukkan ke dalamnya yogurt satu cup dan ikuti dengan menuangkan 3 sendok makan mayonnaise lalu kemudian aduk dengan merata sampai tercampur.

  2. Bila sudah selesai kemudian anda akan dapat menuangkan susu kental manis dan aduk kembali dengan merata. Berikan perasan air jeruk nipis untuk memberikan rasa yang lebih segar pada saus salad kali ini. Lalu aduk kembali dengan merata.

  3. Bila sudah selesai kemudian anda akan dapat memberikan parutan kulit lemon untuk memberikan aroma yang lebih lezat dan segar. Campurkan semua saus menjadi satu bagian dengan merata. Gunakan sendok untuk mencampurkan sajian ini.

  4. Setelah tercampur dengan merata kemudian anda akan dapat menuangkan saus mayonnaise ke dalam campuran buah-buahan dan aduk dengan merata sampai tercampur. Sebagai sentuhan terakhir anda akan dapat menuangkan parutan keju di bagian atasnya dan sajikan.

Catatan Resep

Tips Membuat Salad Buah

Walaupun salad buah sudah banyak dijual di pasaran, namun salad yang nikmat juga bisa anda buat sendiri di rumah dengan menggunakan buah-buahan yang ada. Anda bisa mengkreasikan aneka buah-buahan kesukaan anda. Simak tips membuat salad buah di bawah ini.

  • Untuk buah yang digunakan sebagai bahan salad, anda bisa menggunakan buah musiman. Karena buah dibiarkan tumbuh alami. Jika buah tumbuh alami maka rasanya akan lebih segar, lebih manis dan tentunya lebih sehat.  Misalkan, jika sedang musim buah mangga, anda bisa menggunakan buah mangga. Begitupun untuk jenis buah-buahan lainnya.
  • Gunakan buah-buahan dengan tingkat kematangan yang sama agar rasanya lebih nikmat.
  • Anda bisa mengkombinasikan buah dengan rasa serta tekstur yang sama. Jika kombinasi warnanya beragam maka akan lebih menarik dan menggugah selera. Anda bisa menggunakan buah dengan aneka warna berbeda. Selain warnanya, perpaduan teksturnya juga bisa anda kombinasikan.
  • Buang biji buah yang mengganggu meskipun berukuran kecil seperti jeruk, anggur atau semangka.
  • Salah satu kunci supaya salad buah menjadi lebih menarik yaitu dengan memotong buah dengan ukuran serta bentuk yang sama. Selain tampilannya yang menarik, buah dengan ukuran yang sama akan lebih mudah disantap.
  • Agar salad kesegarannya lebih lama, anda bisa menggunakan perasan jeruk lemon yang akan membuat perubahan warna pada buah menjadi lambat. Tidak hanya menjaga kesegaran salad, air lemon juga berfungsi supaya cita rasa buah keluar sehingga salad cita rasanya akan lebih nikmat.
  • Daun mint biasanya lebih sering digunakan untuk hiasan makanan. Namun, tambahan mint juga akan dapat menambah sensasi segar pada makanan. Oleh karena itu, anda bisa menambahkan beberapa helai daun mint.
  • Rasa buah-buahan yang kurang matang biasanya kurang enak. Anda dapat menaburkan sedikit gula pasir untuk mengurangi rasa buah yang kematangannya kurang. Kemudian aduk sampai gula larut. Tambahan gula akan membuat tekstur buah menjadi lebih lunak. Juga rasanya akan semakin enak dan legit.
  • Tambahkan plain yoghurt agar rasa salad buah lebih creamy.
  • Masukkan terlebih dahulu ke dalam lemari es sebelum sajian salad buah kali ini dinikmati. Ketika dinikmati pada saat dingin sajian ini akan terasa lebih lezat dan enak. Baru nantinya anda akan dapat mencicipi hidangan ini setelah rasanya menjadi lebih dingin dan enak.

Baca Juga  Resep dan Cara Membuat Ikan Nila Bakar Bumbu Kuning Pedas yang Enak dan Sederhana

3 pemikiran pada “Resep Cara Membuat Salad Buah Segar dan Creamy”

Tinggalkan komentar

Rating Resep