Resep Cara Membuat Nasi Liwet Tradisional Komplit yang Gurih

Anda pasti kenal dengan olahan nasi yang satu ini, nasi liwet bercitarasa gurih dan cara memasak yang masih tradisional.

Nasi liwet tidak jauh berbeda dengan nasi uduk pada umumnya. Nasi liwet sangat populer di kota Solo. Mengingat nasi liwet ini berasal dari Solo, sebagai menu sarapan atau makan malam.Kini, anda tidak perlu jauh ke Solo untuk mencoba nasi liwet, anda dapat membuatnya sendiri di rumah.

Membuat nasi liwet tidaklah sulit, bahkan dengan bahan dan rempah yang sangat mudah ditemukan di semua daerah Indonesia. Nasi liwet yang gurih berasal dari santan kelapa yang digunakan nasi liwet. Sama halnya dengan nasi uduk, nasi liwet ditambah dengan bahan pelengkap.

Bahan pelengkap nasi liwet terdiri dari suwiran ayam, labu siam, sambal dan lalapan lainnya.Nasi liwet yang terkenal selain nasi liwet Solo adalah nasi liwet Sunda . Meskipun pada umumnya tidak jauh berbeda, hanya saja menggunakan bahan pelengkap khas daerah masing-masing.

Bahkan kini membuat nasi liwet dapat menggunakan kastrol dan adapula dengan menggunakan rice cooker. Untuk memudahkan anda dalam proses memasaknya banyak yang memilih menggunakan rice cooker, hanya saja lebih beraroma dan memiliki ciri khas menggunakan kastrol. Yuk, coba resepnya di bawah ini.

nasi liwet praktis

Nama Resep

Resep Cara Membuat Nasi Liwet Tradisional Komplit yang Gurih

4.9 149

>

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

7 Porsi

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat nasi liwet tradisional komplit yang gurih

Bahan Utama Nasi Liwet

  • 1 liter beras
  • Air secukupnya

Bahan Bumbu Nasi Liwet

  • 7 siung bawang putih
  • 2 batang serei
  • 6 lembar daun salam
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • Mentega secukupnya

Bahan Pelengkap Nasi Liwet

  • Sambal
  • Ikan Asin
  • Lalapan
  • Kerupuk
  • Tahu
  • Tempe

Cara Membuat Nasi Liwet

  1. Langkah pertama yang anda lakukan adalah mencuci beras terlebih dahulu hingga bersih, kemudian sisihkan
  2. Selanjutnya iris bawang putih lalu memarkan batang serei bagian putihnya, sisihkan
  3. Ambil kastrol/panci lalu masukan beras yang sudah di cuci selanjutnya masukan air . Untuk pemberian air sendiri berbeda-beda disesuaikan dengan jenis air. Biasanya pemberian air sama dengan dua ruas jari.
  4. Lalu masukan bawang putih yang sudah diiris dan batang serai yang sudah di memarkan. Jangan lupa tambahkan daun salam kemudian berikan garam dan gula.
  5. Untuk membuat nasi liwet gurih , anda dapat menambahkan mentega secukupnya, aduk hingga rata
  6. Lalu, kukus diatas api kecil hingga air meresap
  7. Setelah air meresap semua, anda dapat mengaduk nasi hingga tercampur rata.Kemudian nanak nasi kembali hingga masak. Kurang lebih 30 menit.
  8. Nasi liwet, siap dihidangkan dengan bahan pelengkap. Untuk bahan pelengkapnya dapat menggunakan tambahan sambal, ikan asin, lalapan, tahu, tempe atau lauk pauk lainnya.
    1. Nasi liwet yang sangat populer adalah nasi liwet Solo dan nasi liwet Sunda, anda dapat menggunakan tambahan lauk sesuai dengan daerah masing-masing. Tambahan nasi liwet yang sangat umum bisa saja diganti dengan menu pilihan keluarga anda. Menyantap nasi liwet memang sangat enak apabila bersama-sama, inilah mengapa nasi liwet dijadikan sebagai menu andalah ketika moment bersama dengan keluarga.

      Setelah anda mencoba nasi liwet tradisional yang sederhana ini, anda dapat berbagi dengan teman dan keluarga anda melalui akun sosial media di facebook d,twitter dan lainnya. Selamat mencoba.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons