Resep Cara Masak Ikan Bandeng Bumbu Tomat yang Enak, Mudah dan Sederhana

Hidangan ikan bandeng masak bumbu masak tomat adalah sajian yang segar dan enak.

Namun selain kedua rasa yang menggoda tadi, hidangan ini juga cukup mudah untuk dibuat dirumah. Anda hanya perlu menyiapkan panci bertekanan, sebab hidangan ini akan dibuat dengan dipresto terlebih dahulu. Mari kita simak resep berikut ini untuk mengetahui bagaimana membuat ikan bandeng bumbu tomat berikut ini.

ikan bandeng bumbu tomat

Nama Resep

Resep Cara Masak Ikan Bandeng Bumbu Tomat yang Enak, Mudah dan Sederhana

4.8 156

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Bandeng Bumbu Tomat yang Enak, Mudah dan Sederhana

Bahan Utama Ikan Bandeng:

  • 1 Kg bandeng
  • 2 sdm air jeruk lemon
  • 1 sdt air asam jawa
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk

Bahan dan Bumbu Ikan Bandeng:

  • 1 sendok teh sendawa
  • 2 sdm saos tomat
  • Garam secukupnya
  • 500 gr tomat merah
  • 100 gr bawang merah
  • 100 gr gula pasir
  • 300 cc air
  • 5 siung bawang putih
  • 100 cc minyak goreng

Cara Masak Ikan Bandeng Bumbu Tomat yang Enak, Mudah dan Sederhana

Cara Membersihkan Ikan Bandeng Segar Sebelum Diolah:

  1. Awali langkah pertama dengan membersihkan ikan bandeng yang sudah dipersiapkan. Membersihkan ikan yang pertama bisa dilakukan dengan membersihkan jeroan pada perut ikan. Caranya, belah perut ikan dengan pisau dan kelaurkan jeroan ikan dengan dikeruk menggunakan tangan. Pastikan jika anda membersihkan bagian jeroan ikan hingga bersih. Selain itu, lakukan hal ini dengan perlahan agar anda tidak memecahkan empedu ikan dibagian dalam, yang mana hal ini akan membuat daging ikan terasa pahit jika empedu ikan pecah dibagian dalam.
  2. Selesai membersihkan bagian jeroan ikan, lanjutkan untuk membersihkan bagian sisik pada tubuh ikan. Caranya, kerik sisik ikan dengan menggunakan pisau hingga bersih.
  3. Bagian terakhir pada tubuh ikan yang harus dibersihkan adalah bagian insang dikepala ikan. Untuk membersihkan ini, anda bisa membuka bagian kepala ikan dan jangkau lapisan ikan dengan menggunakan tangan hingga bersih merata.
  4. Jika ikan sudah dibersihkan kesemua bagiannya, sekarang silahkan kerat-kerat bagian tubuh ikan dengan pisau agar bumbu bisa meresap kedalam ikan.
  5. Lalu lumuri ikan dengan bahan utama ika secara merata. Terakhir, remas-remas ikan dengan sendawa dan biarkan ikan semalaman.
  6. Nah, esok harinya ambil ikan dan cuci kembali ikan dengan dibilas menggunakan air bersih.

Cara Membuat Ikan Bandeng Bumbu Tomat:

  1. Setelah ikan dibilas dengan air, sekarang silahkan iris bawang merah, bawang putih dengan irisan halus. Lalu parut tomat dengan dicampur menggunakan air dan disaring.
  2. Setelah itu, panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumsi bawang merah bersama dengan bawang putih hingga layu dan tercium bau harum yang lezat.
  3. Kemudian tuangkan garam, gula, air tomat bersama dengan saos tomat. Didihkan sebentar dan angkat tumisan bumbu ini.
  4. Siapkan panci bertekanan atau presto dan alasi bagian bawahnya dengan menggunakan daun pisang.
  5. Kemudian letakan ikan bandeng yang telah disendawa semalaman dibagian atasnya, lalu tuangkan tumisan air tomat dibagian atasnya.
  6. Tutup panci dengan menggunakan tutupnya hingga rapi dan terdengar bunyi “klik” dan masak ikan selama kurang lebih 25 menit.

Setelah matang, angkat ikan dan diamkan terlebih dahulu hingga dingin sebelum anda membuka tutup pancinya. Kini hidangan ini siap untuk disantap dan dinikmati.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons