Resep Burger Tempe Untuk Vegetarian yang Tak Kalah Enak dari Daging

Resep Burger Tempe Untuk Vegetarian yang Tak Kalah Enak dari Daging
4 from 1 vote
Print

Resep Burger Tempe Untuk Vegetarian yang Tak Kalah Enak dari Daging

Siapa bilang seorang vegan tidak bisa menikmati burger seenak olahan burger dari daging? Nyatanya, dengan sedikit trik pada sajian burger, hidangan burger tempe akan dapat dinikmati. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword burger tempe, tempe goreng
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 7 menit
Total Waktu 22 menit
Porsi 8 Buah
Kalori 198 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 400 gram tempe
  • 1 buah bawang bombay cincang halus
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
  • 4 buah roti burger
  • 120 gram jamur champignon, iris halus
  • 2 siung bawang putih, parut
  • 1 sendok makan cuka
  • 2 buah tomat iris halus
  • 1/2 sendok teh jintan bubuk
  • 8 lembar daun kari
  • 50 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok makan minyak
  • 250 ml minyak untuk menggoreng
  • 100 gram letus
  • 1 buah avocado iris halus

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Burger Tempe Untuk Vegetarian yang Tak Kalah Enak dari Daging:

  1. Untuk membuat sajian burger tempe kali ini pastikan bila anda sudah mencuci semua bahan yang akan kita gunakan untuk membuat hidangan kali ini. Pastikan letus, tomat dan bahan campuran lainnya yang perlu dibersihkan maka silahkan bersihkan terlebih dahulu dengan merata. 

  2. Untuk jamur anda perlu mengiris halus sajian ini untuk menambah tekstur yang lebih lezat seperti serat daging. Maka dari itu, silahkan iris halus sajian ini dengan merata menggunakan pisau. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.

  3.  Untuk bawang bombay, silahkan iris pula bahan ini dengan halus untuk campuran bumbu membuat patty tempe pada sajian burger kali ini. 

  4. Siapkan pula roti burger dan belah menjadi dua bagian. Anda bisa menyiapkan sebuah pisau dan sebuah tatakan lalu belah dengan merata dan sisihkan sementara sebelum diberikan campuran. 

Cara Membuat Burger Tempe Untuk Vegetarian yang Tak Kalah Enak dari Daging:

  1. Untuk membuat sajian kali ini, silahkan siapkan sebuah kukusan dan panaskan dengan merata. Setelah itu, kemudian masukkan tempe kedalamnya dan kukus sajian ini selama kurang lebih 15 menit hingga tempe menjadi lebih matang dan lebih lunak dengan merata. 

  2. Bila sudah matang angkat sajian ini dan sisihkan sementara untuk kemudian diamkan sampai dingin pada suhu ruangan.

  3. Siapkan sebuah wajan dan masukkan sedikit minyak goreng kedalamnya. Lalu panaskan sajian ini dengan api sedang pada kompor. Baru kemudian anda akan dapat menuangkan bawang putih kedalamnya bersama dengan jamur dan aduk-aduk dengan merata semua sajian ini. 

  4. Tuangkan cuka bersama dengan ketumbar dan jintan kedalam tumisan tersebut. Lalu masak sajian ini dengan merata selama kurang lebih 2 menit. Baru setelah itu, angkat sajian ini dan sisihkan sementara.

  5. Hancurkan tempe yang sudah dingin dengan merata. Lalu masukkan tumisan kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata semua sajian ini. Lalu masukkan tepung terigu kemudian tuangkan 1 sendok makan minyak goreng kedalamnya. Aduk dengan merata.

  6. Ambil sedikit bagian dan bentuk bulat seperti patty burger juga pipihkan dengan merata. Lakukan hal yang sama pada sisa adonan burger tempe yang masih ada.

  7. Panaskan pan datar diatas api yang sedang. Lalu masukkan sedikit minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai panas. Tuangkan burger tempe kedalamnya dan panggang hingga matang dan merata selama kurang lebih 6 menit. 

  8. Setelah itu, ambil sebuah roti burger dan isikan ditengahnya. Lalu berikan letus bersama dengan tomat, avocado dan 2 lembar daun kari. Lalu berikan saus bersama dengan mayonaise dan tutup. 

Catatan Resep

Kemudian sajikan hidangan ini untuk dinikmati ketika masih hangat dan enak.

Loading...

One Response

  1. Aris 17 April 2019

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons