Resep Bumbu Sajian Sedap Empal Gepuk Daging Sapi Manis Lezat nan Gurih

Sajian sedap yang ada di tanah air sebagai hidangan kuliner nusantara memang memiliki ragam yang begitu banyak.

Hal ini wajar jika kita mengingat Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai pulau yang memiliki penduduk dengan suku bangsa yang berbeda-beda, jadi wajar jika ragam kuliner baru banyak dilahirkan. Selain itu, saat ini sudah banyak inovasi terbaru yang lahir di dunia kuliner Indonesia yang mana dari sini juga ragam dan macam kuliner Indonesia mengalami perluasan dan memperkaya daftar hidangannya. Hal ini tentunya menjadi kabar baik untuk anda para penikmat kuliner dengan semakin banyaknya ragam kuliner di tanah air, hal ini tentu saja akan membuat petualangan mencicipi dan menikmati makanan tidak akan ada habisnya.

Nah, salah satu hidangan kuliner nusantara yang begitu direkomendasikan bagi anda para penikmat kuliner adalah empal daging. Hidangan empal atau yang akrab disebut dengan gepuk dibeberapa daerah adalah kuliner masakan Indonesia yang diolah dari bahan utama daging sapi dengan cara direbus terlebih dahulu dan dibumbui dengan rempah yang begitu kaya kemudian dimasak hingga empuk dan dilumuri kembali dengan bumbu-bumu yang lezat sehingga menciptakan hidangan istemewa dengan rasa yang luar biasa.

Hidangan empal ini tentunya cocok disantap kapanpun dan dimanapun. Apalagi jika ditemani dengan nasi hangat, sambal segar dan bahan pelengkap lain seperti taburan bawang goreng dan kerupuk. Tentu akan menghasilkan sajian lezat yang tak tertandingi kelezatanya dengan masakan lain. Ada banyak jenis varian hidangan empal ini, dari mulai bahan pembuatan yakni empal daging sapi, empal daging ayam hingga ke cara pembuatan seperti presto atau goreng.

Hidangan ini memang banyak dijual di restoran, rumah makan dan bahkan di pedagang kaki lima. Hanya saja, jika anda membelinya tentunya anda harus mengeluarkan lebih banyak biaya dan daging yang anda dapatkan jumlahnya terbatas dengan biaya yang anda keluarkan. Jika suda begini, memasak sendiri tentunya akan menjadi solusi yang lebih ekonomis. Selain itu anda akan dapat menghidangkannya untuk keluarga dan dengan demikian kemampuan anda untuk mengolah masakan akan dapat bertambah. Nah, agar tak lagi penasaran berikut ini resep membuat empal atau gempuk daging sapi yang lezat.

empal daging

Nama Resep

Resep Bumbu Sajian Sedap Empal Gepuk Daging Sapi Manis Lezat nan Gurih

Review

 

4.7 review 56

 

Waktu Memasak

Persiapan : 45 menit
Memasak : 40 menit
Total : 85 Menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sajian Sedap Empal Gepuk Daging Sapi Manis Lezat nan Gurih

Bahan Utama yang Diperlukan:

  • 1/2 kg Daging sapi segar
  • 3 helai Daun salam
  • 1/2 sdt Asam jawa
  • 700 ml Santan kelapa
  • 50 ml Air
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:

  • 10 biji bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sdt ketumbar
  • 2 cm lengkuas
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdt Gula merah
  • serai

Cara Membuat Sajian Sedap Empal Gepuk Daging Sapi Manis Lezat nan Gurih

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama terlebih dahulu anda harus mencuci bersih daging kemudian masukkan dalam panci yang sudah berisi air dan rebus hingga menjadi empuk.
  2. Setelah direbus, angkat dan potong kecil daging sapi. Kemudian pukul-pukul dengan ulekan atau alat hingga daging menjadi pipih.
  3. Setelah dipukul-pukul, didihkan santan dan masukan bumbu yang dihaluskan, dan masukkan air asam jawa beserta daun sama dan aduk-aduk pastikan agar santan tidak menjadi pecah.
  4. Kemudian masukkan daging yang sudah dipotong dan dipukul kedalam santan dan masak hingga santan kering dan mengental.
  5. Goreng daging sapi yang sudah dibumbui dengan santan sebelum disajikan.

Cara Menyajikan:

  1. Setelah matang digoreng, angkat daging dan tiriskan agar minyak surut dalam daging.
  2. Ambil piring saji dan hidangkan diatasnya.

Anda juga bisa menambahkan bawang goreng dan sajikan ditengah keluarga anda.

Bagikan resep ini dan berikan komentar anda.

Loading...

Resep Daging Trending

resep semur daging Resep Daging Sapi Special
Resep Soto Daging Resep Soto Daging Sapi Bening Enak dan Spesial
 Resep Rendang Daging  Aneka Resep Rendang Sapi Mudah dan Lezat
 Resep Semur Daging Resep Semur Daging Sapi Pedas nan Spesial
 Resep Bola-Bola Daging Resep Bola-Bola Daging Cincang Mudah dan Praktis