Resep Bubur Sumsum Saus Gula Merah yang Lembut dan Gurih Untuk Takjil Buka Puasa

Resep Bubur Sumsum Saus Gula Merah  – Bubur sumsum atau disebut juga dengan bubur lemu, bubur tepung beras atau bubur saring adalah hidangan yang memiliki rasa gurih dan biasanya banyak disajikan ketika bulan puasa. Untuk mendapatkan hidangan yang satu ini, anda bisa membelinya atau membuatnya sendiri di rumah. Bubur sumsum ini rasanya enak dan gurih dengan tambahan saus gula merah yang manis, cocok disajikan untuk menu buka puasa.

Bubur sumsum itu sendiri terbuat dari tepung beras, kemudian dimasak dengan santan lalu dinikmati dengan tambahan saus gula sehingga rasanya semakin lezat. Hidangan ini disebut dengan bubur sumsum karena memiliki bentuk dan warna seperti tulang sumsum.

Biasanya bubur sumsum disajikan berwarna putih. Namun, selain itu anda juga bisa membuat kreasi bubur sumsum dengan menambahkan air daun pandan sehingga warnanya menjadi hijau dan lebih menarik.

Nah, untuk anda yang ingin menyajikannya untuk buka puasa, anda bisa membuatnya sendiri di rumah karena cara membuatnya mudah, serta bahan-bahan yang dibutuhkannya pun sederhana dan mudah didapatkan. Yuk simak resep dan cara membuat bubur sumsum saus gula merah yang gurih dan lembut untuk takjil buka puasa di bawah ini.

Resep Bubur Sumsum Saus Gula Merah yang Lembut dan Gurih Untuk Takjil Buka Puasa

Sajian Appetizer
Masakan Indonesian
Keyword menu buka puasa, resep buka puasa, resep takjil
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 30 menit
Porsi 3
Kalori 174 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 100 gram tepung beras
  • 1 sendok teh garam
  • 800 ml santan yang diambil dari ½ butir kelapa segar
  • 2 lembar daun pandan

Bahan Untuk Membuat Saus

  • 200 ml air
  • 150 gram gula merah
  • 1 ruas jahe yang sudah dibakar dan digeprek
  • 1 lembar daun pandan, simpulkan

Langkah-langkah

Cara Membuat Bubur Sumsum

  1. Pertama-tama, silakan siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan bubur sumsum.

  2. Lalu masukan tepung beras dan sebagian santan ke dalam wadah. Aduk merata. Sisihkan.

  3. Setelah itu, untuk sisa santan silakan direbus. Lalu masukan garam dan daun pandan. Aduk-aduk hingga merata dan masak sampai santan mendidih.

  4. Kemudian, silakan tuangkan larutan tepung beras yang sudah anda buat tadi dengan perlahan-lahan, sambil terus diaduk-aduk merata. Silakan masak bahan-bahan sambil terus diaduk hingga meletup-letup.

  5. Masak sampai bubur sumsum matang. Jika sudah matang, anda bisa angkat dan buang daun pandannya.

Cara Membuat Saus Gula Merah

  1. Jika bubur sumsum sudah matang, sekarang anda bisa membuat saus  gula merah. Silakan sediakan panci kecil untuk membuat saus. Masukan semua bahan saus ke dalam panci.

  2. Kemudian masak semua bahan-bahan dengan menggunakan api kecil sampai gulanya larut dan mengental.

  3. Jika sudah seperti itu, silakan angkat dan diamkan beberapa saat hingga sausnya dingin. Lalu saring.

Cara Menyajikan Bubur Sumsum Saus Gula

  1. Ambil bubur sumsum secukupnya dan masukan ke dalam mangkuk.

  2. Lalu anda bisa menyiramnya dengan saus gula yang sudah anda buat.

Baca juga : Resep Bubur Candil

Bubur sumsum saus gula merah untuk buka puasa sudah selesai dibuat. Ada beberapa tips yang harus anda perhatikan saat membuat bubur sumsum di antaranya yaitu, gunakan santan yang masih segar dan murni dari buah kelapa agar bubur rasanya lebih gurih dan lezat. Selain itu, ketika memasak bubur anda harus sambil mengaduknya terus sampai bubur meletup-letup dan matang tanak atau aromanya tidak bau dan rasanya tidak seperti tepung mentah.

Itulah resep dan cara membuat bubur sumsum saus gula merah yang gurih dan lezat untuk menu buka puasa. Selamat mencoba di rumah.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons